pinjaman agunan sertifikat rumah di Bank Mandiri syariah
proses pinjaman dengan agunan sertifikat rumah di Bank Mandiri syariah

Pinjaman Dengan Agunan Sertifikat Rumah Di Bank Mandiri Syariah

Posted on
pinjaman agunan sertifikat rumah di Bank Mandiri syariah
proses pinjaman dengan agunan sertifikat rumah di Bank Mandiri syariah

Mencari pinjaman agunan seritifat rumah dengan bunga rendah adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan yang mungkin mendesak. Namun kerap kali kita terjebak dengan penawaran pinjaman langsung cair dan proses cepat disituasi yang kadang sulit berpikir jernih. Akhirnya terpaksa memilih gadai sertifikat rumah ditempat yang kurang rekomended. Padahal resiko memilih pinjaman tanpa mempertimbangkan tingkat suku bunga adalah kesalahan fatal. Sebab penerapan suku bunga pinjaman yang tinggi akan membebani angsuran pinjaman per bulan. Untuk menghindari hal hal demikian, kami punya rekomedasi untuk mengajukan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah di Bank Mandiri Syariah saja. Lho kenapa?

Bank Syariah Mandiri atau disingkat BSM merupakan Bank Mandiri yang khusus melayani produk dan layanan berdasarkan syariah.  Bank Syariah Mandiri (BSM) merupakan satu satunya bank syariah yang telah memiliki jaringan paling kuat di Indonesia. BSM hadir  di hampir setiap kabupaten atau kota di Indonesia sehingga memudahkan kalian dalam menjangkau produk dan layananya. Dengan pelayanannya sistem berdasarkan sistem syariah, minimal kalian terhindar dari yang namanya riba. Riba dalam hukum islam sendiri adalah dosa. Apapun bentuknya. Sistem pelayanan di Bank Syariah Manidiri tanpa bunga, yakni hanya menggunakan sistem bagi hasil sehingga cicilan angsuran pembayaran relatif lebih rendah dibandingkan jenis pinjaman non syariah.

Namun dalam perjalannnya, bank syariah mandiri tetap menerapkan bunga pinjaman hanya saja relatif lebih kecil dibanding bank konvesnional. Ditambah dengan adanya agunan berupa seritifat rumah, kemungkinankan suku bunga semakin rendah, proses pun lebih cepat dibanding Kredit tanpa agunan (KTA) Mandiri syariah. Kalian bisa mengajukan pinjaman dengan agunan jaminan sertifikat rumah di Bank Mandiri Syariah untuk berbagai keperluan. Bisa untuk modal usaha dan pembiayaan konsumtif. BSM menyediakan pembiayaan mikro sampai puluhan juta hingga pinjaman makro sampai dengan ratusa juta.

Syarat Mengajukan Pinjaman Dengan Agunan  Sertifikat Rumah di Bank Mandiri Syariah

Selain melampirkan agunan berupa agunan sertifikat rumah, kalian juga harus melengkapi persyaratan dokumen. Antara lain :

  1. Melengkapi identitas diri dan keluarga ( KTP, KTP Istri dan KK dan Surat Nikah)
  2. Surat keterangan Gaji bisa berupa slip gaji, surat keterangan gaji dari atasan maupun lampiran keuangan usaha bagi pengusaha.
  3. Legalitas Agunanberupa PBB, IMB, SHM, dan SHGB.
  4. NPWP

Khusus agunan. Usahakan agunan berupa rumah yang layak huni, bukan rumah tua atau rumah kosong. Agunan tidak pada daerah rawan bencana seperti banjir dan gempa. Kemudian rumah berada pada lokasi yang strategus, adanya akses jalan dan bukan rumah tusuk sate. Dan yang paling penting agunan sertifikat atas nama sendiri. Jika atas nama orang lain, beda lagi prosedurnya. Silakan baca : Pinjaman jaminan sertifikat rumah atas nama orang lain

Proses Pengajuan

Pengajuan pinjaman bank mandiri syariah bisa dilakukan langsung di setiap kantor cabang di Indonesia dengan catatan sesuai domisili kalian. Bawa segenap persyaratan dokumen yang dibutuhkan dan isilah formiulir pengajuannya. Proses pengajuan tidak lebih dari 2 minggu sejak verifikasi berkas. Kenapa lama? Karena pihak BSM butuh survei agunan ke lokasi untuk memastikan agunan memenuhi persyaratan.

Ketika survei, agunan ditaksir nilainya sebagai patokan besarnya dana yang cair dari bank. Jika sudah ditaksir, atau ada nilai takshir. Besar nilai pinjaman didasaran 80% dari nilai taksir agunan. Misal nilai taksir 300 juta, maka nilai pinjaman sebesar 240 juta. Kemudian dipotong biaya biaya proses pengajuan seperti administasi, provisi dan lainnya.

Cara Pengembalian

Umumnya peminjam akan otomatis menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri. Nasabah akan mendapatkan rekening sebagai penyaluran dana. Sebab penyaluran lewat rekening dinilai lebih aman daripada langsung tunai. Cara penngembalian atau pembayaran cicilan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah di Bank Mandiri syariah adalah sesuai tabel ansguran yang diberikan pihak Bank. Kalian bisa membayar lewat teller, transfer, maupun sistempembayarna otomatis atau auto debet.

Gunakan Sesuai Kebutuhan dan bayar angsuran dengan lancar

Walau nilai besaran pinjaman bank syariah mandiri dengan agunan sertifikat rumah memberikan sesuai nilai taksiran dan bunga rendah, tapi baiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kalian. Sebab belum tentu kredit lancar. Kalau tidak lancar,  kalian bisa dikenakan biaya tambahan berupa saksi telat bayar yang bisa membengkak. Jadi usahakan bayar angsuran perbulan lancar ya.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.

3 thoughts on “Pinjaman Dengan Agunan Sertifikat Rumah Di Bank Mandiri Syariah

  1. Assalamualaikum warrah matullahiwabarrakatuh,
    Bisa minta kirimkan tabel angsuran dan besaran pinjaman 1 th s/d 7 tahun.

Leave a Reply