Menaksir Harga Gadai BPKB Motor
Menaksir Harga Gadai BPKB Motor Untuk Mendapatkan nilai pinjaman

Harga Gadai BPKB Motor Di Pegadaian 2019

Posted on
Menaksir Harga Gadai BPKB Motor
Menaksir Harga Gadai BPKB Motor Untuk Mendapatkan nilai pinjaman

Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) adalah salah satu jenis barang yang paling lazim digunakan untuk jaminan kredit. BPKB sebagai bukti penting dalam kepemilikan motor atau mobil, tetapi tidak terlalu penting dalam penggunaan sehari hari seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). BPKB hanya perlu disimpan ditempat yang aman dan digunakan saat waktu waktu tertentu seperti membayar pajak kendaran. Terlepas dari hal tersebut, BPKB memiliki nilai gadai yang lumayan. Tak heran jika BPKB menjadi barang yang paling laris untuk dijadikan agunan kredit. Namun ngomong ngomong berapa si harga gadai BPKB motor?

Kabar terbaru dari lembaga yang mengurusi alur regulasi keuangan Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK),  besaran harga pinjaman hasil gadai sudah ditentukan tahun ini. Nantinya, peraturan yang mengatur besaran uang pinjaman akan diberikan perusahaan pergadaian untuk diterapkan kepada nasabahnya. Besaran harga gadai yang ditentukan bergantung dengan jenis barang yang digadaikan, termasuk BPKB motor, surat berharga, barang elektronik dan emas.

Batas Minimal Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Dalam rancangan surat edaran tentang penyelenggaraan usaha perusahaan pergadaian, OJK memerintahkan regulator wajib mengatur batas minimal uang pinjaman yang bisa didapat nasabah perusahaan gadai. Sementara, jika barang jaminannya adalah kendaraan bermotor, maka uang pinjaman yang bisa diberikan paling rendah adalah sebesar 70%. Sedangkan uang pinjaman minimal dari menggadaikan barang elektronik adalah sebesar 60%.

Selain barang-barang di atas, maka nilai pinjaman yang bisa diberikan kepada nasabah adalah sebesar 50% dari nilai taksiran masing-masing barang. dan nila pinjaman paling besar adalah jaminan berupa emas dan batu permata, uang pinjaman yang diberikan minimal sebesar 75% dari nilai taksiran barang tersebut. Batas minimal pinjaman ini berlaku disemua lembaga keuangan baik bank mapun non bank.

Sumber Taksiran Nilai Gadai untuk Harga Gadai BPKB Motor

Setelah mengetahui patokan dasar harga gadai BPKB motor, selanjutnya adalah menaksir harga dari motor yang akan digadaikan. Dalam menentukan harga pinjaman dengan jaminan BPKB motor juga ada ketentuannya. Ketentuan tersebut adalah menyoal sumber harga sebagai nilai taksiran. Ada dua metode untuk menentukan sumber harga motor yakni OTR ( On The Road) dan Off The Road.

Harga motor On The Road adalah harga motor yang ditentukan dari harga unit motor itu sendiri ditambah dengan biaya mengurus surat surat kendaraan bermotor seperti STNK dan BPKB motor. Sedangkan Off The Road adalah harga unit motor itu sendiri tanpa ada tambahan biaya biaya pengurusan surat surat motor. Umumnya, harga yang dipakai untuk menentukan nilai taksiran atau harga gadai BPKB motor di Pegadaian adalah harga On The Road.

Kelebihan penggunaan nilai taksiran dengan harga On The Road dalam pegadaiaan adalah nilai pinjaman yang diperoleh nasabah bisa lebih tinggi. Tetapi nilai pinjaman ini juga tergantung dari kondisi real motor seperti tahun terbit dan keadaan fisik, kepemilikan serta pembayaran pajak motor. Tidak memungkinan nilai pinjaman tidak sesuai dengan perkiraan kalian.

Contoh Perhitungan nilai Taksiran

Nilai taksiran ini bersumber pada batas minimal sesuai regulasi OJK dan harga motor OTR. Batas minimal kendaraan bermotor adalah 70% dari nilai taksiran dan Harga OTR yang menyesuaikan jenis motor dan keadaan real motor. Selain itu, hal yang bisa berpengaruh dengan besarnya nilai pinjaman berupa status kepemilikan.

Rumus nilai pinjaman:

Nilai pencairan BPKB motor atas nama sendiri,
estimasi dari nilai OTR X 70% = Nilai pinjaman dana nasabah.

Nilai pencairan BPKB motor atas nama orang lain,
estimasi dari nilai OTR X 60% = Nilai pinjaman dana nasabah

Lalu bagaimana Gadai Motor dengan Pajak yang mati?

Mengenai permasalahan ini ada beberapa lembaga yang menolak dan ada yang menerimanya. Jika ditolak tentu kami tidak bisa memberi contoh taksiran yang ada, namun bagi lembaga yang menerima kami bisa menyebutkannya. Umumnya gadai motor pajak mati besaran nilai pinjaman apabila pajak motor mati, akan secara otomatis dipotong dari nilai pinjaman yang kalian dapat sesuai nilai pajak motor yang berlaku. Seperti dibawah ini:

Nilai pencairan BPKB motor atas nama sendiri,
estimasi dari nilai (OTR X 70%)-Pajak = Nilai pinjaman dana nasabah.

Contoh Perhitungan :

Daplun seorang kuli bangunan ingin menggadaikan BPKB motornya di Pegadaian. Motor Dalpun adalah Honda Beat tahun 2012. Setelah ditaksir ternyata oleh pegadaian ternyata harga motor sebesar 10 juta. Atas kepemilikan sendiri, berapa harga gadai BPKB motor Daplun?

Nilai Pinjaman = Harga Motor x 70% = 10 juta x 70%= 7 juta

Catatan :

  • Kebijakan setiap lembaga keuanganberbeda beda. Nilai ini berdasarkan batas minimal yang ditentukan OJK
  • Tidak semua motor bisa digadaikan. Umumnya ada batas minimal tahun terbit motor.
  • Kalian bisa gadai BPKB motor di pegadaian, Bank dan Multi finance (seperti Adira dan FIF)

Baca juga : Gadai BPKB motor di Pegadaian, Hanya 15 menit langsung cair

Itulah informasi  yang berkaitan dengan harga gadai motor sesuai dengan regulasi OJK. Informasi ini cukup penting sebelum kalian menggadaikan BPKB kalian. Terlebih kalian baru pertama kali. Agar kalian bisa mendapatkan nilai pinjaman lebih besar hingga bisa kalian baca artikel [ BPKB Motor untuk dapat 100 juta ]

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.

2 thoughts on “Harga Gadai BPKB Motor Di Pegadaian 2019

  1. Blom balik nama… Motor2016 dan PJK mati satu tahun
    Apa saya bisa gadai???
    Mohon bantuannya!!!!
    Terima kasih

Leave a Reply