tabungn rencana mandiri
tabungan rencana mandiri

Tabungan Rencana Mandiri, Apa saja Keuntungannya? (Pengalaman)

Posted on
tabungn rencana mandiri
tabungan rencana mandiri

Penasaran ya sama tabungan rencana mandiri ? Daripada nyari informasi di cs bank, lebih baik dengarkan pengalaman saya membuka produk tabungan tersebut untuk liburan ke luar negri tahun depan. Alasannya saya membuka tabungan mandiri ini adalah agar saya lebih disiplin menabung agar benar benar liburan ke luar negri terlaksana tepat waktu. Tidak molor seperti orang Indonesia umumnya kalau mau arisan. Kalau nabung biasa itu sulit terkumpulnya, soalnya kalau ada diskon toko online besar besaran, tiba tiba ga kerasa rekening suka berkurang sendiri (haha). Beda kalau tabungan rencana, kalau mau ditarik atau dicairkan harus setelah jatuh tempo. Kalau dicarikan sebelum jatuh tempo akan kena biaya pinalti dan bunga dihanguskan. Kan mikir jadinya.

Bagi kalian yang sedang ingin menabung tapi merasa enggak terkumpul kumpul duitunya. Tidak salahnya membuka tabungan rencana dari bank Mandiri. Saya rasa hampir semua orang kesulitan akan permasalahan tidak disiplin menabung, kecuali mereka yang sejak dari kecil suka menabung. Saya juga termasuk bukan orang yang rajin menabung, lebih tepatnya terpaksa menabung. Dengan tabungan rencana, rencana kalian terhadap penggunaan uang tabungan akan semakin cepat tecapai. Misal untuk biaya pendidikan, beli mobil, atau liburan seperti saya ini. Bayangkan jika mengumpulkan dalam tabungan biasa? Sudah kena biaya potongan bulanan, lupa buat belanja online dll. Ga bakal deh cepet kumpul itu duit.

Keuntungan Tabungan Rencana Mandiri

Ada banyak keuntungan jika kalian membuka tabungan rencana mandiri, salah satunya adalah bebas biaya administrasi. Kalau tabungan mandiri biasa kan ada potongan biayanya, iya kan? Sekalipun ada produk tabunganku yang tanpa administrasi, tapi kan bunga tabungannya lebih kecil. Beda banget dengan tabungan rencana, bisa 3 kali lipat bunganya. Bunga tabungan rencana bank Mandiri realtif tinggi, mulai dari 2,50% sampai 3,25% (tergantung saldo dan jangka waktunya). Alasan logis lainnya uang lebih cepat terkumpul adalah karena adanya fitur autodebet pada rekening mandiri. Jadi kalian tidak menabung manusia ke teller, melainkan dana tabungan diambil dari rekekning tabungan mandiri biasa. Yang males nabung, jadi enak nih, selama masih ada dana di rekeknig.

Keuntungan lain adalah poin reward dari mandiri fiesta. Nasabah Mandiri akan berkesempatan mendapatkan berbagai penawaran menarik, mulai dari voucher, diskon di restoran dan fasilitas traveling. Semakin banyak dana saldo Mandiri Tabungan, semakin besar pula rewardsnya. Enak sumpah, namun saati ini belum dapat. Mungkin belum beruntung. Selain itu sebagai nasabah akan memperoleh perlindungan asuransi jiwa gratis dari PT. AXA Mandiri Financial Services. Kalian akan mendapatkan perlindungan asuransi sampai USD 500,- per bulan untuk setiap nasabah. Lumayan besar lho, bayangkan kalau bayar asuransi sendiri bisa 300 per bulan. Ini gratis, enak kan?

Syarat dan ketentuan Tabungan Rencana Mandiri

  • Calon Penabung berusia minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun pada saat Mandiri Tabungan Rencana jatuh tempo.
  • Memiliki Mandiri Tabungan atau Giro. Jika belum bisa punya, bisa pembukaan bersamaan dengan tabungan rencana mandiri.
  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan Mandiri Tabungan Rencana untuk menentukan berapa jumlah setoran dan jangka waktu tabungan.
  • Syarat dokumen : KTP/KITAS,
  • Minimal setoran per bulan 100 ribu. Setoran bisa diubah baik ditambah atau dikurangi sewaktu waktu.
  • Jangka waktu mulai 1 tahun hingga 20 tahun
  • Tersedia dalam bentuk tabungan rupiah dan dollar/valuta asing

Jikaa syarat lengkap, silakan datang ke  kantor cabang bank Mandiri terdekat sesuai domisli KTP. Kalau ga sesuai domisili haris pake surat domisili ya. Jadi tambah ribet. Kecuali kalian yang lagi merantau gak papa deh ribet dikit. Pastikan dalam mengisi formulir pembukaan, kalian harus benar benar tepat menentukan berapa lama jangka waktu untuk menabung. Hal ini berhubungan dengan finansial kalian. Sebab kalau butuh duit mendadak, duit yang kita ambil dari tabungan rencana mandiri kena biaya pinalti dan biaya administrasi. Sayang kan? Kalau besaran setorannya sih ga usah besar besar, sebab bisa diubah kalau ekonomi kalian membaik.

Baca juga : Tabungan berjangka BRI

Beberapa resiko Tabungan Rencana Mandiri

Jangan fokus pada keuntungan tabungan rencana mandiri saja, sebab ada juga resiko yang mungkin kalian hadapi. Diantaranya seperti yang saya sebutkan pada alinea sebelumnya, jika uang diambil sebelum jatuh tempo kena denda. Besar denda pengambilan sebesar Rp 150.000,-  dan Biaya administrasi saat penarikannya Rp 5.000. Jadi total 155 ribu. Lumayan banyak kan untuk dendanya? Makanya hati hati ya. Jangan sampai lupa isi rekeningmu agar autodebet tetap jalan. Kalau sampai tiga kali tidak setor maka secara otomatis tabungan di tutup. Berbeda kalau kalian rajin sampai jatuh tempo, kalian akan mendapatkan bunga cukup tinggi dan dana secara otomatis akan masuk rekening tabungan tanpa potongan. Jadi ga usah tanya bagaimana cara mencairkan mandiri tabungan rencana.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.

Leave a Reply