Tabel KTA BRI GUNA Untuk Karyawan Tetap, PNS dan Pensiunan

By | April 15, 2019
KTA BRI dengan jaminan SK Kerja

KTA BRI dengan jaminan SK Kerja

Kemudahan mendapatkan pinjaman di Bank menjadikan masyarakat semakin mudah mendapatkan akses permodalan untuk segala kebutuhan hidup. Kemudahan perbankan dalam mefasilitasi pinjaman nasabahnya meliputi biaya administrasi yang ringan, bunga rendah sampai persyaratan yang dipermudah, seperti halnya pada produk pinjaman tanpa agunan. Pinjaman yang bisa diajukan tanpa meninggalkan aset berharga ini mulai diminati sebagai solusi cepat mendapatkan pinjaman. Ada banyak perbankan nasional maupun swasta yang menawarkan berbagai pinjaman, salah satunya yang mudah diakses masyarakat Bank BRI. Selain bagus untuk menabung, BRI juga menawarkan Kredit Tanpa Agunan, KTA BRI.

Pinjaman tanpa jaminan BRI bisa kalian dapatkan lewat produk yang namanya, BRIGuna. BRIGuna merupakan pinjaman BRI yang ditujukan kepada calon debitur (peminjam) dengan berdasar pada sumber pembayaran (repayment) yang diambil dari penghasilan tetap (fixed income), atau gaji per bulan. Artinya calon debitur hanya perlu bukti SK Karyawan, SK PNS maupun SK Pensiun untuk dapat menikmati pinjaman ini, sebab tidak ada batasan minimal penghasilan per bulan. BRIGuna Dapat digunakan untuk kebutuhan produktif (Modal usaha dan Investasi) dan konsumtif seperti  pembelian motor atau mobil, perbaikan rumah, biaya rumah sakit, renovasi rumah dan biaya pendidikan anak.

Kelebihan KTA BRIGuna

Disamping proses pengajuan KTA BRI yang cepat dan mudah, BRI menerapkan biaya administrasi dan bunga relatif rendah. Suku Bunga BRI sebesar 10,5 % per tahun. Besar  limit kredit tidak terbatas, BRI membebaskkan besarnya kredit sesuai dengan kemampuan debitur. Maksud lain adalah sesuai dengan kemampun debitur berdasar penghasilan perbulan dalam jangka waktu tertentu yang diberikan.

Debitur mendapatkan paket perlindungan Asuransi Jiwa tanpa Medical Check Up mencapai Rp 500 juta. Adanya perlindungan asuransi jiwa bagi debitur, apabila di tengah jalan saat pembayaran kredit debitur meninggal dunia, pinjaman akan di cover oleh asuransi sehingga tidak akan memberatkan keluarga yang ditinggal nantinya dengan cicilan tersebut. Debitur juga tidak perlu melunasi pinjaman, apabila ada mutasi kerja ke daerah lain.

Jenis KTA BRI (BRIGuna)

BRIGuna Karya

Pinjaman BRI tanpa jaminan yang ditujukan kepada karyawan negri atau PNS. Jangka waktu yang diberikan sampai 15 tahun (180 bulan) atau batas usia debitur saat selesai pelunasan pinjaman maksimal 75 tahun.  Syarat dan ketentuan :

  • Identitas diri : KTP, NPWP, Kartu Keluarga asli dan salinan
  • Asli SK Pengangkatan Pertama dan SK Terakhir
  • Slip Gaji atau surat keterangan penghasilan dari atasan
  • Fotocopy Buku Tabungan BRI
  • Pas Photo Suami/ Istri (bagi yang sudah menikah)
  • Surat Rekomendasi dari atasan debitur
  • Form Permohonan Pengajuan Pinjaman.

BRIGuna Purna

KTA BRI yang ditujukan untuk pensiunan. Limit yang didapatkan sesuai kemampuan debitur dengan pertimbangan besar uang pensiunan. Namun perubahan peraturan mengenai dana pensiuan menjadi pesangon juga akan berpengaruh pada produk pinjaman ini. Sejauh ini BRIgun amasih bisa digunakan semestinya. Syarat dan ketentuan :

  1. Identitas diri : KTP, NPWP, Kartu Keluarga
  2. Asli SK Pensiun
  3. Daftar Pembayaran Pensiun (Dapem)
  4. Kartu Registrasi Induk Pensiun (KARIP)
  5. Buku Pensiun
  6. Fotocopy Buku Tabungan BRI
  7. Pas Photo Suami/ Istri
  8. Form Permohonan Pengajuan Pinjaman.

BRIGuna Umum

Pinjaman bri satu ini ditujukan kepada karyawan tetap diluar karyawan negri dan BUMN. Fasilitasnya sampai pada syarat dan ketentuan masih sama dengan BRIGuna karya,Hanya segmen pasarnya yang beda. Syarat dan ketentuan :

  1. Identitas diri : KTP, NPWP, Kartu Keluarga
  2. Asli SK Pengangkatan Pertama dan SK Terakhir
  3. Slip gaji
  4. Fotocopy Buku Tabungan BRI
  5. Pas Photo Suami/ Istri (bagi yang sudah menikah),
  6. Surat rekomendasi dari atasan
  7. Form Permohonan Pengajuan Pinjaman.

Resiko dan Kerugian

Apapun bentuknya pinjaman pasti memiliki resiko. Selain resiko umum pengembalian dana lebih besar karena adanya bunga,  adanya potongan dana yang cair karena biaya provisi dan administrasi. Ada juga yang namanya denda baik denda terlambat maupun dipercepat. Terlambat wajar diberi denda, namun dipercepat kok didenda juga? Mengenai besaran denda kami belum mengetahui secara pasti. Bisa kalian tanyakan ke pihak Bank BRI langsung, karena informasi ini sangat privat diantara nasabah dan pihak Bank.

Kerugian lain yang menanti kedepannya apabila tidak bisa melunasi KTA ini adalah kehilangan SK Kerja Kalian. Coba kalian pikir, jika suatu saat SK Kerja ditahan, namun kalian membutuhkan untuk keperluan kerja seperti mutasi kerja, naik jabatan atau kejadian lainnya. Tentu ini kerugian jika kalian menggadaikan SK Kerja kalian tanpa mempertimbangkan lebih dulu, sebab tidak semua perbankan mau meminjamkan sementara untuk keperluan tersebut.

Bilamana sudah melengkapi persyaratan, dan memahami resikonya, kalian bisa mengajukan KTA BRI di kantor cabang terdekat sesuai dengan alamat KTP atau domisili. Proses pengajuan memerlukan beberapa hari sampai persetujuan. Informasi lebih lanjut kalian bisa menghubungi call center BRI di nomor 14017. Bagi kalian pedagang, petani, peternak bisa mengajukan KUR BRI.

2 thoughts on “Tabel KTA BRI GUNA Untuk Karyawan Tetap, PNS dan Pensiunan

  1. rizka

    mas mau nanya, untuk bri purna, apakah karip di tahan sebagai jaminan?

Leave a Reply