Rekomendasi Bank Paling Bagus Untuk Menabung

bank paling bagus untuk menabung
Pertimbangan bank paling bagus untuk menabung (source : Pixabay.ccom)

Menabung untuk tujuan yang menguntungkan saat ini ya di Bank. Walau sebagian masyarakat masih ada yang menabung secara konvensional di celengan dengan alasan bebas biaya administrasi bulanan. Padahal Kegiatan menabung dilakukan dalam celengan di rumah itu kurang aman saat ini dan memiliki resiko tinggi, seperti perampokan, maling, tuyul atau musibah lainnya. Berbeda dengan di bank, uang kalian aman, tercapat rapi dan bisa bertambah, sebab bank memberikan suku bunga. Yang Jadi masalahnya, hampir semua bank menawarkan pelayanan terbaik, jadi mana bank paling bagus untuk menabung?

Sejak kecil para orang tua, guru dan tetua masyarakat mengajarkan kita untuk rajin menabung. Mereka selalu menyampaikan bahwa menabung memiliki banyak manfaatnya di masa depan. Salah satu yang menjadi template, adalah menabung pangkal kaya. Padahal definisi dari menabung menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, KBBI adalah menyimpang uang (di celengan, pos, bank, dan sebagainya) atau dalam pemahaman yang saya cerna, menabung berupa kegiatan menyimpan uang ditempat yang aman dan rapi.

Kegiatan menabung di bank memang pada umumnya memberikan keuntungan bagi nasabahnya sebab bank menawarkan suku bunga tabungan per bulan. Dengan penerapan suku bunga ini, uang yang kalian simpan di bank akan bertambah sekian persen sesuai besaran bunga di bank tersebut. Disamping itu, Bank juga menerapkan potongan administasi bulanan. Biaya administrasi yang dimaksud adalah biaya pencatatan, fasilitas serta transaski yang diberikan oleh bank kepada setiap nasabahnya. Hal ini tentu bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih tabungan bank.

Selain ada suku bunga dan biaya administrasi, masih ada pertimbangan lain dalam memilih bank paling bagus untuk menabung. Tidak cukup satu dua kriteria, bisa kalian pahami pada poin point dibawah ini :

1. Suku Bunga Tabungan yang tinggi

Seperti sudah saya ulik sebelumnya pada awal paragraf, bahwa dengan suku bunga yang tinggi, slado tabungan kalian bisa bertambah banyak. Bertambahnya saldo dari bunga berdasarkan kebijakan suku bunga bank dimana kalian menabung. Setiap bank memberikan tingkat suku bunga yang berbeda beda, bahkan pada suatu bank  ada yang menerapkan suku yang berbeda pada setiap jenis produk simpanannya. Suku bunga dikelompokan berdasarkan tingkat saldo yang kalian simpan. Semakin besar saldo tabungan, semakin besar pula bunga yang akan kalian dapatkan. Misal saya ambil contoh suku bunga tabungan BRI Simpedes dibawah ini :

Tingkat Saldo  Suku Bunga 
Rp 0 – < Rp 1 Juta 0,00 %
Rp 1 Juta – < Rp 100 Juta 0,50%
Rp 100 Juta – < Rp 1 Milyar 3,50%
>= Rp 10 milyar 5,75 %

 

2. Biaya administrasi per bulan

Biaya Administrasi adalah maintenance fee yaitu biaya yang dibebankan secara berkala kepada nasabah pada suatu bank, misalnya biaya administrasi rekening, iuran tahunan kartu kredit; nasabah mungkin tidak dikenai biaya tersebut jika dapat memelihara saldo minimum tertentu. Biaya administrasi atau biasa disebut potongan per bulan adalah salah satu kriteria memilih bank paling bagus untuk menabung. Sebab sekalipun anda memilih jenis tabungan dengan suku bunga yang tinggi, namun biaya adminitrasi perbulan tinggi itu sama saja bohong. Dalam hal ini, bank juga menentukan besaran potongan per bulan pada setiap jenis tabungan yang akan disesuaikan dengan fasilitasnya.

Setiap Bank menentukan besaran biaya administrasi tabungan per bulan berdasarkan fasilitas dan layanannya. Semakin banyak fasilitas maka semakin besar biaya adimistrasinya. Dalam hal ini, kalian bisa memilih dan mempertimbangan jenis tabungan dengan biaya administrasi paling murah, bahkan kalau bisa bebas atau tanpa potongan perbulan. Contoh yang menerapkan bebas administrasi adalah tabunganku dari BCA.


3. Fasilitas Perbankan

Fasilitas pada suatu bank meliputi kartu ATM, internet banking, sms bangking dan fasilitas lainnya. Semua itu bisa langsung kalian dapatkan setelah membuka rekening di suatu bank. Namun ada beberapa jenis tabungan yang biaya administrasi gratis tidak penuh menikmati fasilitas tersebut. Sekalipun keleluasan menikmati fasilitas perbankan tersebut tidak maksimal. Jadi perlu diperhatikan, terutama produk tabungan yang membebaskan administrasi bulanan namun sisi lain mengurangi fasilitas perbankan. Misal pengunaan kartu ATM terbatas limit pada nominal tertentu.

Menabung di bank juga harus mengikuti kebijakan dalam menggunakan fasilitas dan layanannya. Bank pada umumnya membuat peraturan mengenai batas batas layanan tertentu pada nasabahnya. Misalnya seperti batas transaski di ATM, setoran minimal, sisa saldo minimum dll. Dengan adanya batasan-batasan tersebut tentu kurang memuaskan dalam kegiatan nabung menabung.


4. Undian dan Hadiah

Undian dan hadiah adalah harapan lain selain dari saldo yang bertambah. Ada banyak bank yang menawarkan hadiah melalui undian atau kuis bagi para nasabahnya jika membuka rekening di banknya atau untuk meningkatkan transkasi dan saldo tabungan. Salah satu bank nasional yang rajin memberi hadiah setiap semester adalah BRI. BRI lewat adalah BRItama rutin memberikan hadiah mobil, motor, hp dan gadget lainnya dengan syarat dan ketentuan. Siapa si yang enggak mau dapat mobil gratis? saya juga mau.

Kriteria diatas adalah hanya sebatas yang saya ketahui, bukan suatu keharusan yang harus dipenuhi, masih banyak lagi kriteria bank yang bisa dipertimbangkan agar menguntungkan kalian sebagai nasabah. Sebab kegiatan menabung terlibat juga kepentingan atau tujuan yang dikehendaki seperti administrasi kuliah atau sekolah, bahkan untuk ibadah haji. Jadi cermatilah sekali lagi, karena rekomendasi bank  terbaik ya sesuai keperluan kalian sendiri. Sekian, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published.

error: Dibaca saja. Kalau mau save bookmark aja