setoran minimal deposito bank
setoran minimal deposito bank

Setoran Minimal Deposito BRI, Mandiri, BNI, BCA, dan Lain-lain

Posted on
Setoran Minimal Deposito Bank BRI, Mandiri, BNI, dan BCA
Ilustrasi setoran minimal deposito. Sumber: reuters.

Anda sedang penasaran dengan setoran minimal deposito di banyak bank? Batas minimal setoran deposito atau Tier adalah jumlah uang setoran awal pertama dalam membuka tabungan deposito. Dengan bahasa mudah, Tier adalah jumlah uang awal yang disetorkan ke dalam rekening deposito. Istilah yang sering dipakai untuk tier adalah uang pokok.

Kami telah merangkum beberapa data setoran minimal deposito bank untuk beberapa bank.

1.  Minimal Deposito Bank BRI

BRI membuka pilihan deposito berjangka dengan tenor (jangka waktu) beragam, yaitu  1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan. Batas minimal deposito untuk semua pilihan jangka waktu adalah sama yaitu Rp. 10.000.000. Deposito Bank BRI bisa dibuka di semua cabang atau unit bank BRI.

2. Minimal Deposito Bank BNI

Sama dengan bank BRI, Bank BNI mematok minimal setoran awal deposito di angka Rp 10.000.000. Namun, BNI tidak membuka jangka waktu 36 bulan, melainkan maksimal 24 bulan.

3. Minimal Deposito Bank BCA

Setoran awal minimum penempatan deposito untuk seluruh jangka waktu (1 ; 3 ; 6 ; 12 bulan) sama untuk deposito dalam bentuk rupiah, yakni Rp.8.000.000. Dengan kata lain, bank BCA memiliki batas minimal deposito yang lebih sedikit ketimbang bank milik BUMN.

Deposito valas : USD 1,000/SGD 2,000/HKD 8,000/AUD 2,000/JPY 150,000/GBP 1,000/EUR 1,000 dan CNY 7,000

* Update per 1 Feb 2012

4. Minimal Deposito Bank Mandiri

Bank Mandiri juga mematok setoran minimal deposito Rp10,000.000. Angka itu sama dengan bank BNI dan bank BRI, mungkin karena sama-sama bank BUMN.

Namun, uniknya, pembukaan rekening deposito BNI memiliki batas minimal setoran awal yang berbeda antara membuka di kantor cabang dengan membuka di fasilitas e-banking BNI.

Pembukaan melalui kantor cabang adalah 10 juta, sedangkan, pembukaan melalui e-Banking (Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call) hanya diberi batas minimal Rp. 1.000.000.- atau satu juta rupiah saja. Tentu, ini bisa dimanfaatkan untuk Anda yang ingin mencoba membuka deposito namun hanya memiliki uang yang sedikit saja.

5. Setoran Minimal Deposito Bank BTN

Selain BNI (via e-banking) pilihan batas minimal setoran awal deposito yang kecil bisa ditemukan di bank BTN. BTN membagi 2 kategori deposito berdasarkan jenis deposan, perorangan dan lembaga. Deposan perorangan diberi batas minimal setoran deposito yang kecil,  hanya 1 juta rupiah saja.

  • Perorangan Rp. 1.000.000,-
  • Lembaga    Rp  5.000.000,-

 

Simpulan Artikel Minimal Deposito Bank

Bank memiliki kebijakan yang berbeda dalam menentukan batas minimal setoran awal deposito. Namun, kebanyakan tidak lebih dari 10 juta rupiah. Ditambah, Anda bisa memilih bank dengan setoran minimal deposito yang kecil (hanya 1 juta Rupiah) di beberapa bank, semisal di Bank BNI (e-banking) atau di BTN (perorangan).

Peraturan tiap bank terkait batas minimal tier (setoran awal) biasanya tidak berubah dalam waktu dekat. Namun, lebih baik jika Anda segera menanyakan hal itu kepada bank terkait jika ingin segera mendaftar atau membuka tabungan deposito.

 

Artikel yang berhubungan dengan Deposito:

  1. Hitung-Hitungan Tuntas Bunga Deposito Bank
  2. Istilah-Istilah Deposito dan Pengertiannya
  3. Langkah-langkah Strategis Membuka deposito
  4. 20 Bank dengan Suku Bunga Deposito Tertinggi, Ini Tabelnya! (Update November 2017)
  5. Setoran Minimal Deposito BRI, Mandiri, BNI, BCA dan Lain-lain
Gravatar Image
Kekayaan dimulai dari keyakinan. Pasrahlah setelah berusaha.

Leave a Reply