cara menabung yang benar dan efektif
cara menabung yang benar dan efektif

12 Cara Menabung Yang Benar dan Efektif (Terbukti!)

Posted on

Pernakah berfikir bagaimana cara menabung yang benar dan efektif untuk jangka panjang saat usia muda? Katakanlah umur umuran masih mahasiswa pelajar atau baru memiliki penghasilan. Penulis sendiri tentu pernah, dan saat ini sedang memikirkan tips tips nabung agar cepat terkumpul banyak. Bahkan kadang apakah harus dimasukan ke resolusi tahun ini agar mendapatkan tabungan sebesar 50 juta atau katakanlah 100 jutaan. Jika terkumpul nanti banyak manfaatnya tentu, seperti beli tanah, properti, modal usaha atau investasi kecil kecilan. Alih alih menabung adalah menghindari boros dan riba. Sebab kalau sudah urusan kepengen sesuaitu tapi belum punya duit pasti ujungnya kredit. Dan penulis sangat benci kredit konvensional. Bukan sok syariat. Dilihat dari segi logika saja memang memberatkan debitur.

Sebagian besar temanku, seusiaku, bilang begini “Kalau tidak kredit, uangnya habisnya ga jelas. Entah buat apa. Ga bakalan terkumpul. Ga mungkin bisa punya ini itu” Bahkan bukan temanku saja, temanmu juga demikian. Saya akui memang faktanya begitu dengan kredit. Kita kredit sekarang, hari ini juga bisa dapat barang tersebut. Sisanya dicicil angsuran tiap bulan. Coba kalau menabung? Berapa lama untuk mengumpulkan dana untuk membeli barang barang tersebut? AWOWOK. Entah kapan, sampai lucinta luna melahirkan mungkin. Tapi bagi sebagian kecil orang bilang begini, “Jika komitmen menabung sama seperti membayar angsuran tiap bulan, bahkan lebih. Hasilnya akan beda. Uang akan terkumpul” Kalau kalian tipe yang suka kredit apa suka menabung?

Cara Menabung Yang Benar dan Efektif

cara menabung yang benar dan efektif
cara menabung yang benar dan efektif

Sebelum Kalian menabung, ketahuilah bahwa menabung adalah kegiatan rutin yang wajib dan penuh komitmen seperti halnya membayar angsuran kredit, yang wajib kalau tidak kena denda. Suka tidak suka Anda harus suka menabung. Harus menabung, meski kecil. Seperti kata pepatah, walaupun kecil lama lama menjadi bukit. Ketika memang sudah komitmen menabung, ada beberapa hal yang perlu ketahui tentang cara menabung yang benar dan efektif:

Sumber Uang Untuk Menabung

Bagaimana cara menabung yang benar dan efektif kalau sumber uang untuk nabung tidak ada atau kurang lancar? Tentu nabungnya terhambat. Pertanyaannya, dari mana sumber uang untuk menabung, apakah dari gaji sendiri, gaji suami, hasil usaha, anak jatah dari orang tua? Kalau yang sudah punya sumber penghasilan tentu akan ,ebih mudah mengatur atau mengalokasikan untuk menabung, tapi bagi pelajar atau mahasiswa mungkin akan sedikit kesulitan kalau sakunya pas pasanya. Alternatifnya, bisa mendapatkan peng hasilan sendiri. Atau sering silahturahmi ke rumah sudara yang (dipandang punya), nanti dapat angpau, ahah.

Membuat Rancangan Anggaran Belanja RAB Bulanan dengan skala prioritas kebutuhan

RAB disini tidak detail yak, kita hanya membuat secara garis besar saja. Misal dibagi menjadi beberapa prioritas dari besarnya pendapatan anda perbulan, pertama zakat (2.5%), Biaya hidup bulanan (60%), Menabung (20%), dana cadangan (17,5%). Dengan Begitu, Anda bisa langsung dipotong 20% untuk menabung di awal bulan.  Ini adalah salah satu cara menabung yang benar dan efektif, karena ada perhitungannya.

Menabung di awal Gajian, beli sesuatu di akhir bulan

Ketika Anda sudah membuat RAB secara garis besar sesuai priroritas kalian, pas awal gajian anda langsung ambil atau bisa otomatis untuk menabung. Nah kalau mau beli apa apa, misal beli baju yang sifatnya tidak begitu urgen, belinya di akhir bulan. Belinya pakai dana cadangan, syukur bisa lebih dari biaya hidup bulanan. Sehingga dana cadangan utuh, dan bulan depannya bisa masuk anggaran tabungan.

Mengalokasi Dana Untuk Menabung Sesuai Kemampuan

Kerap kali saking ingin menabung, anda pengen duitnya utuh. Jadi dibiarkan begitu saja dan menghiraukan kebutuhan ini itu. Nah… fatalnya, keinginan itu tidak berlangsung lama hanya beberapa bulan saja alias tidak konsisten. Akhirnya gagal menabung. Lebih baik mengalokasikan dana tabungan per bulan sesuai kemampuan, misal kaya poin sebelumnya sebesar 20%. Asalkan rutin tiap bulan, bisa terkumpul banyak. Ga usah buru buru yah. Namanya nabung. Kalau cepet cepet mah ngutang bank, cepet cair tuh.

Menabung di rekening bank yang aman dan  gratis potongan bulanan

Baiknya kalau mau menabung dalam jangka panjang dan banyak, bukalah rekening tabungan di bank. Pilihlah jenis tabungan yang tidak ada biaya administrasi bulanan, sehingga deposit tidak terpotong bulanan. Bahkan bertambah karena ada bunga tabungan. Jenis tabungan yang bagus untuk menabung dan tanpa ada potongan adalah tabunganku. Disetiap bank menyediakan jenis tabunganku ini, karena memang di adakan untuk yang suka menabung. Buka rekening jenis adalah salah satu cara menabung yang benar dan efektif. Selain ga ada potongam, Pembukaan setor awal adalah 20 ribu dan selanjutnya minimal 10 ribu. Selengkapnya mengenai tabunganku: buka rekening tabunganku BRI

Mengalokasi dana tabungan untuk hasil lebih banyak Dengan Deposito

Jika ingin tabungan Anda lebih gede bunganya, Anda bisa membuka rekening deposito atau tabungan berjangka.  Tabungan berjangka atau deposito adalah tabungan yang memiliki jangka waktu tetentu dan jumlah tertentu, dan dalam jangka tersebut dana tidak boleh diambil. Bunga deposito lebih tinggi, biasanya lebih dari 5%. Jika memang merasa siap dana tabungan ga di pake dalam jangka waktu beberapa bulan, anda bisa memasukannya ke rekening deposito Anda. Anda bisa memilih jangka 3, 6 9 dan 12 bulan. Baca selengkapnya : Cara menabung Deposito

Mengalokasinya ke Investasi passif

Uang sudah terkumpul lumayan banyak, sampai puluhan juta. Mau buat apa? Ketika belum mau belu apa apa, anda bisa menginvestasikannya. Namun ke jenis investasi pasif seperti beli tanah, emas. Dengan beli tanah, uang terhindar di pakai ke konsumtif dan kalau dijual dalam beberapa tahun bisa berkali lipat harganya. Sehingga kalau dijual tabungan anda berlimbha. Begitu juga dengan emas, sebab harga emas juga cendeurng naik.

TIPS dan cara Menabung yang benar dan Efektif

Diluar hal tersebut, ada beberapa tindakan yang mendukung bagaimana cara menabung yang benar dan efektif. Tindakan tindakan ini sederhana, namun jika dibiarkan berpengaruh pad ahasil tabunganmu di masa depan, seperti tindakan berikut ini.

  1. Membeli barang barang bekas  dan beli saat diskon- Belilah barang bekas yang bermerk masih layak daripada beli baru dengan kualitas belum teruji. Kemudian beli apapn ketika ada diskon, seperti beli di minimarket ketika ada diskon.
  2. Hindari penggunaakn kartu kredit – Kartu kredit sama dengan hutang. Jadi hindari hal tersebut. Lagi pula bunganya juga tinggi ya.
  3. Gunakan uang pas saat belanja – Saat belanja pastikan anda merencanakannya dan harga pas, sebab kalau sering mecah duit gede, misal 1oo ribuan. Kadang seenaknya jidat kalau uang receh dibiarkan begitu aja.
  4. Menyimpang uang receh – Simpan uang receh sisa belanja dirumah, dan gunakan kembali saat belanja, karena sering kali ada lebih 200, 300 dst.
  5. Jangan terlalu sering nongkrong di cafe, angkriangan atau semacammnya sama temen temen. Boros. AJAKlah ke rumah dan makan ngopi dirumah lebih hemat.

Sekiranya begitu tentang bagaimana cara menabung yang benar dan efektif menurut penulis, tentu ini berdasarkan pengalaman penulis. Pengalaman kita berbeda, bisa jadi ini bukan selera anda. Namun jika ingin mencoba sangat direkomendasikan, karena cukup efektif dalam menabung. Hasilnnya pun bisa maksimal bisa beli motor cash, rumah cash dan  ga kredit. Sekian, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.