Cara Menabung Deposito BRI, Apa saja Keuntungannya?

Posted on
Cara menabung deposito
Cara menabung deposito bri dan keuntunganya

Ingin menabung yang menguntungkan ? Pilih saja tabungan depsito. Apa itu deposito? Deposito adalah tabungan berjangka, atau jenis tabungan yang memiliki jangka waktu simpan tertentu di bank dengan suku bunga tetap. Selama jangka simpan tabungan, uang yang telah didepositkan tidak boleh diambil, namun sebagai gantinya nasabah akan mendapatkan suku bunga tetap yang tinggi. Boleh juga kan? Apalagi keuntungan deposito lebih banyak dari tabungan biasa lho. Bagi yang berminat, berikut kami sajikan info lengkap tentang cara menabung deposito di Bank beserta keuntungan yang nasabah dapatkan.

Sebagai kategori tabungan berjangka, deposito memiliki jangka waktu untuk tidak mengakses uang. Tidak seperti tabungan biasa yang bisa mengakses uang kapan saja. Jangka waktu simpan deposito yang ditawarkan oleh berbagai bank cukup variatif, dari mulai 1, 3, 6, 8, 12, atau 24 bulan. Kalian bisa memilih jangka waktu sesuai kemampuan finansial kalian. Tidak harus memaksakan jangka waktu yang lama untuk bunga yang tinggi, sebab, selain uang tidak bisa diakses, bunga deposito yang kita dapatkan juga baru bisa dinikmati pada jangka waktu simpan deposito berakhir.

Tabungan deposito ini bisa menerima tabungan deposito Valutas Asing, atau lebih dikenal dengan Deposito valas. Tidak hanya menerima rupaih, melainkan bisa juga menerima simpanan USD atau valutas asing lainnya seperti GBP, HKD, EUR, SGD dan JPY sesuai dengan ketentuan bank. Cara menabung deposito dalam bentuk valas ini bisa digunakan untuk menghindari fluktuasi nilai rupiah dalam negri terhadap nilai tukar mata uang lain.

Cara Menabung Deposito BRI , mana yang terbaik?

Pertimbangan memilih tabungan deposito terbaik memang membutuhkan beberapa indikator, salah satu bunga yang ditawarkan. Sebab, dari bunga tertinggi yang ditawarkan nasabah akan mendapatkan keuntungan. Indikator lain, bisa kita libatkan mengenai kredibelitas dan layanan dari Bank tersebut. Disini kami belum bisa menyarankan mana bank terbaik untuk deposito. Sebagai gantinya, kami akan memberikan contoh atau ulasan dari Deposito Bank BRI.

BRI selaku Bank Nasional tentunya sangat terikat dengan keputusan pemerintah. Artinya bunga yang ditawarkan tidak berada posisi tertnggi dan tidak terendah. Bisa dikatakan standar. Jangka waktu yang ditawarkan 1, 3, 6, 8, 12, 18, 24 dan 36 bulan, bebas biaya administrasi bulanan serta bunga yang kompetitif. Besaran suku bunga deposito BRI, bisa kalian lihat pada tabel berikut:

Jangka WaktuSuku Bunga (%)
014,25
036,00
065,75
125,00
244,75
366,25

Syarat menabung deposito di BRI:

  1. WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan NPWP
  2. WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS
  3. Badan Usaha :
    1. Copy Akte Pendirian/ Anggaran Dasar
    2. IjinUsaha (SIUP,SITU,TDP)
    3. NPWP
    4. Dok Identitas Pengurus
    5. Surat Kuasa Asli
  4. Minimal setoran awal Rp. 10.000.000

Kalian bisa membuka rekening tabungan deposito di kantor cabang BRI terdekat sesuai domisili dengan membawa persyaratannya. BRI menyediakan deposito dalam bentuk rupiah dan valas. Selain itu, BRI memberikan fasilitas perpanjangan otomatis, pencairan deposito maupun bunganya dengan cara tunai, langsung ke rekening maupun transfer rekening lainnya serta dapat melakukan penambahan saldo deposito (Add on).

Jenis Jenis Deposito BRI

Ada beberapa jenis deposito BRI yang bisa anda buka. yakni :

  • Deposito rupiah : Simpanan berjangka dalam mata uang Rupiah dengan pilihan jangka wakttu 1,3,6,12,24,36 bulan.
  • Deposito Valas : simpanan berjangka dalam mata uang asing antara lain USD, EUR, SGD, JPY, AUD, GBP, HKD, SAR dan CNY.
  • Deposito internet banking : simpanan berjangka dengan perpanjangan otomatis dengan jangka pilihan 1 dan 3 bulan.

Baja juga : Istilah – istilah deposito dan pengertiannya

Ragu? Baca dulu Keuntungan Deposito

Seperti kami sebutkan sebelumnya, bahwa ada keuntungan deposito lebih dari tabungan biasa. Sebab, ada jangka waktu untuk menikmati keuntungannya, seperti halnya investasi, namun deposito lebih sederhana. Berikut beberapa keuntungannya :

Suku Bunga Deposito  lebih besar

Suku bunga deposito umumnya lebih besar daripada bunga tabungan biasa. Mungkin kalian pertimbangkan dengan melihat tabel bunga deposito BRI diatas. Umumnya perbankan memberikan Bunga deposito berkisar antara 3 persen hingga 7 persen. Dengan suku bunga yang besar dan tetap per tahun, nasabah mendapatkan keuntungan hanya dari bunga yang diberikan. Jika penasaran dengan bunga yang kalian dapatkan, kalian juga bisa menghitung bunga deposito dari awal. Silakan Baca : Hitungan tuntas bunga deposito

Bebas administrasi bulanan

Tidak seperti tabungan biasa yang dikenakan biaya administrasi bulanan. Tabungan deposito tidak dikenakan biaya bulanan sepersen pun. Biaya baru dikeluarkan ketika jangka waktu berakhir, yakni pajak bunga deposito sendiri. Kondisi yang demikian tentunya akan menguntungkan karena dana yang Anda taruh akan tetap utuh, sehingga keuntungannya juga jadi lebih besar.

Aman dan terjamin

Cara menabung deposito adalah cara menabung yang aman dan menguntungkan. Aman disini karena dana yang kalian didepositkan tidak terpotong biaya administrasi dan di simpan ditempat yang aman dari resiko kehilanga. Menguntungkan karena mendapatkan bunga yang tinggi, sehingga uang kalian terjamin sampai akhir jangka waktu.

Bisa digunakan sebagai Agunan kredit

Saat genting, deposito bisa digadaikan sebagai adunan pinjaman untuk mendapatkan uang tunai dengan cepat. Seperti kita tahu sendiri bahwa uang dalam bentuk deposito tidak dapat ditarik sampai jangka waktu berakhir. Jadi kiranya butuh, gadaikan saja.

Terlindung Dari Fluktuasi Nilai Tukar Rupiah

Keuntungan tambahan jika memilih tabungan deposito dalam bentuk valas adalah tidak terpengaruhi dengan fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Jadi kalian bisa memilih simpanan dalam bentuk mata uang asing yang kiranya stabil dalam jangka waktu yang lama. Sebab jika rupiah melemah uang. deposito dalam bentuk rupiah juga ikut lemah. Berbeda dengan deposito dollar yang lebih stabil, sehingga lebih aman terhadap menurunnya nilai deposito kalian.

Automatic Rell Over atau Perpanjangan Jangka Waktu Otomatis

Beberapa bank, termasuk Bank BRI memberikan fasilitas bagi nasabah deposito berupa automatic roll-over. Fasilitas ini memungkina dana deposito kalian akan secara otomatis diperpanjang ketika lewat dari masa jatuh tempo. Jadi, kalian tidak perlu repot-repot untuk memasukkan dana tersebut ke deposito lagi.

Pertimbangkan Lagi, ayo buka tabungan deposito

Paparan diatas mengenai info cara menabung deposito BRI dan keuntungannya mungkin menarik bagi kalian yang ingin investasi dengan cara sederhana. Terlebih kalian masih muda, belum punya rumah atau mobil, kalian bisa menyimpannya untuk dalam bentuk deposito agar aman saat sudah beli. Sebab, kalau kredit tentu bukan bunga tabungan yang kita dapat, melainkan bunga kredit yang membebani kita. Walau bisa dikatakan masih kecil dibanding alihkan dalam sektor bisnis misalnya, namun resiko kehilangan nilai dalam deposito itu tidak ada.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.

Leave a Reply