Pinjaman Lunak Untuk Bayar Hutang di Baitul Mal

By | May 15, 2019
Pinjaman lunak untuk bayar hutang

Ilsutrasi – Pinjaman lunak untuk bayar hutang

Butuh uang mendesak untuk melunasi hutang? Dan mencari pinjaman lunak untuk bayar hutang sesegera mungkin? Mungkin akan sedikit sulit mencari bantuan dana hibah gratis dari lembaga keuangan atau orang dermawan yang membantu melunasi hutang menumpuk kalian. Namun tidaklah sulit dengan mencari pinjaman tanpa jaminan bunga rendah cepat cair untuk menutupi hutang tersebut. Ada banyak yang menawarkan pinjaman untuk mengatasi masalah. Walau katakanlah kebanyakan orang menyebut ‘gali lubang tutup lubang’ itu tidak masalah. Asalkan bisa menutup lubang yang besar dan membiarkan dulu lubang yang lebih kecil. Dengan begitu bisa meminimalisir resiko kredit macet atau penyelesaian yang berbelit belit. Bukankah begitu? Kalau menunggu bantuan, siapa yang mau membantu?

Kondisi terlilit utang bukanlah sesuatu yang siapapun orang inginkan. Ada banyak faktor mengapa bisa kondisi seseorang sampai hutang berjibun. Diantaranya karena usahanya kurang berkembang sedangkan sebagian besar modal didapatkan dari pinjaman. Karena usahanya tidak berkembang akhirnya tidak bisa melunasi hutangnya. Kasus lainnya juga karena seseorang yang terlalu memenuhi kebutuhan konsumtif namun tidak memikirkan jangka panjangnya. Begitu juga kasusnya memang orang yang meminjam uang karena memenuhi kebutuhan pokok hidupnya, seperti untuk makan dan pendidikan. Orang yang terlilit hutang disebut juga sebagai gharim, dan gharim wajib dizakati. Sebab statusnya sama dengan fakir miskin. Kalian yang pribadi dermawan mungkin bisa membantunya,minimal memberikan bantuan berupa pinjaman uang tanpa jaminan dan tanpa riba (bunga).

Tempat Penyedia Pinjaman Lunak Untuk bayar hutang

Memang ada sih pinjaman lunak untuk bayar hutang yang benar benar bisa membantu? Jawabannya bisa tidak bisa iya. Sebab semua tergantung kalian yang ingin melunasi hutang. Sebab apapun bentuk pinjamannya pasti ada syarat dan ketetentuan yang harus dipenuhi. Tidak mungkin penyedia pinjaman memberikan dana gratis untuk melunasi utang. Kecuali ada orang dermawan yang ikhlas membantu atau lembaga keuangan tersebut milik nenek kalian. Namun jangan khawatir, panduanbank.com telah merangkum beberapa penyedia pinjaman uang tanpa jaminan dari pinjaman online, KTA bank, rentenir dan lainnya yang bisa kalian ajukan. Silakan pilih saja sesuai kondisi kalian masing masing.

Kategori pinjaman uang untuk bayar hutang berdasarkan penyedia pinjaman :

Semua penyedia pinjaman uang diatas memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda beda. Carilah kiranya pinjaman dengan bunga rendah (kalau bisa tanpa bunga), cepat cair, tanpa syarat apapun kecuali identitas pribadi atau KTP Saja dan non bi checking. Kalau semisal yang mensyaratkan slip gaji atau gaji minimal dan kartu kredit akan lebih sulit mendapatkannya. Apalagi kondisi kalian yang sedang terlilit utang. Tidak punya aset untuk dijaminkan, tidak punya kartu kredit, tidak ada bukti slip gaji. Parahnya lagi jika  lembaga tersebut menerapkan Hasil BI Checking tentu mustahil untuk mendapatkan dana tunia untuk melunasi hutang hutang kalian yang telah menumpuk. Secara jelas kalian bisa membaca poin point yang kalian harus hindari saat mencari pinjaman uang untuk bayar hutang di bab selanjutnya.

Hal hal yang perlu diperhatikan Sebelum memilih Pinjaman

  1. Menghindari Bunga Tinggi
    Seperti kalimat di alinea pertama, seseorang yang terlilit utang harus menutup lubang yang besar dan menggantinya yang lebih kecil. Artinya bahwa mencari pinjaman dengan bunga lebih rendah dari pinjaman sebelumnya agar resiko tidak terlalu besar. Namun jika kalian muslim baiknya memilih pinjaman uang syariah untuk menghindari bunga pinjaman. Sebab termasuk dalam riba dan dilarang oleh Islam. Hal tersebut juga sebagai langkah menghindari bunga tinggi, sebab pinjaman syariah tidak menerapkan suku bunga.
  2. Memilih Pinjaman tanpa kartu kredit
    Ada banyak pinjaman yang mewajibkan kepemilikan kartu kredit. Kartu kredit digunakan sebagai bahan pertimbangan persetujuan pinjaman, terutama dalam hal limit pinjaman. Sebab dengan melihat limit kartu kredit, pihak penyedia bank dengan mudah memnentukan kemampuan calon peminjam. Bagi kalian yang sedang mencari pinjaman lunak untuk bayar hutang tentu lebih sulit dengan syarat kartu kredit.
  3. Memilih pinjaman non bi checking
    Butuh uang mendesak untuk bayar hutang dengan cara mengajukan pinjaman uang non bi checking adalah pilihan tepat. Sebab dengan tanpa hasil bi checking status dna riwayat kredit kalian tidak terlihat atau tidak perhitungkan oleh penyedia pinjaman. Jika tempat pinjaman menerapkan BI Checking maka status dan riwayat kredit sebelumnya ketahuan, apalagisitusi saat ini kalian sedang terlilit utang, kredit macet dll. Bisa berabeh deh..
  4. Mengindari syarat dokumen yang memberatkan
    Perhatikan syarat dan dokumen yang harus dipenuhi dalam memilih pinjama uang untuk bayar hutang. Sebab bisa jadi syarat dokumennya tidak bisa kalian penuhi saat itu. Bebebapa syarat dokumen yang kadang memberatkan adalah slip gaji sebagai bukti bahwa kalian memenuhi kriteria minimal gaji perbulan. Kemudian legalitas usaha yang belum tentu usaha kecil punya izin usaha sesuai persyaratan.

Lain kali pokoknya, pilih pinjaman uang yang sesuai kebutuhan!

Faktor penyebab terlilit hutang selain memang kondisi tidak mampu adalah tidak tepat memilih pinjaman. Sebab pinjaman untuk modal usaha dan pemenuhan kebutuhan konsumtif berbeda kriterianya. Kalian harus bisa membedakan mana pinjaman yang tepat untuk tujuannya tersebut, Sebab lembaga keuanngan pun sudah mengkategorikan calon nasabahnya. Jika memang mencari untuk modal usaha , kalian bisa mengajukan Kredit usaha rakyat, KUR bunga 7% per tahun, pembiayaan kredit Ultra Mikro, UMI atau lainnnya. Sedangkan pemenuhan konsumtif bisa memilih KTA bunga rendah di bank. Jangan sampai baru sadar ketika hutang menumpuk baru mencari pinjaman lunak untuk bayar hutang. Sulit nantinya.

Minta Bantuan Lembaga Baitul Mall

Pilihan terakhir, jika masih belum mendapatkan solusi adalah meminta bantu ke baitul mall, baznaz atau komunitas tanpa riba yang memang membantu orang orang yang terlilit utang. Namun pelunasan hutang akan syarat dengan penggunaan hutang sebelumnya. Jika memang hutang tersebut untuk bertahan hidup seperti untuk makan, dan kebutuhan sehari hari. Maka layak dibantu. Namun jika karena hanya gengsi dll kemungkinan sangat kecil untuk dibantu. Carilah lembaga atau komunitas tersebut, inshallah akan dibantu. Tidak harus mencari pinjaman lunak untuk bayar hutang. Sekian semoga bermanfaat.

One thought on “Pinjaman Lunak Untuk Bayar Hutang di Baitul Mal

  1. suhadi hadi

    SAYA SUHADI SAYA SANGAT SANGAT MEMBUTUHKAN PINJAMAN INI

Leave a Reply