Produk dan jasa layanan perbankan
Produk dan jasa layanan perbankan

13 Produk dan Jasa Perbankan Umum

Posted on

Bank merupakan sebuah lembaga keuangan yang bertugas untuk menghimpun dan menyalurkan dana dari para nasabahnya. Kegiatan ini tentu saja memberi manfaat untuk nasabah dan bank itu sendiri. Seiring berkembangnya kemajuan jaman, bank kini hadir dengan berbagai produk dan layanan perbankan terbaik mereka untuk para nasabahnya. Produk-produk tersebut merupakan jasa jasa perbankan yang harus Anda ketahui.

Produk dan jasa layanan perbankan
Produk dan jasa layanan perbankan

Macam-Macam Jasa Perbankan yang Harus Anda Ketahui Secara Lengkap

1. Jasa Transfer Uang

Jasa-jasa perbankan yang pertama adalah jasa transfer atau kirim uang. Anda bisa menikmati layanan transfer melalui bank baik dalam kota, luar kota maupun ke luar negeri. Sarana yang digunakan dalam jasa transfer ini tergantung kepada kemauan nasabah. Hal tersebut tentu saja mempengaruhi kecepatan pengiriman dan besar kecilnya biaya pengiriman yang harus Anda keluarkan.

2. kliring atau clearing

Produk perbankan yang kedua adalah kliring atau clearing. Kliring merupakan jasa pelayanan hutang piutang antar bank yang dilakukan dengan cara saling menyerahkan warkat yang akan di kliringkan di lembaga kliring. Proses ini biasanya hanya membutuhkan waktu satu hari saja. Besarnya biaya kliring ini tergantung pada kebijakan bank yang bersangkutan. Warkat yang dapat di kliringkan adalah warkat yang berasal dari dalam kota. Seperti, cek, bilyet giro, wesel bank, surat bukti penerimaan transfer, dan nota kredit.

3. Inkaso atau collection

Jasa jasa perbankan yang ketiga adalah inkaso atau collection. Inkaso merupakan penagihan warkat yang berasal dari luar kota atau luar negeri. Proses penagihan ini memakan waktu satu minggu hingga satu bulan. Hal ini tergantung dari jarak lokasi penagihan. Inkaso memiliki beberapa manfaat seperti, nasabah pengirim tidak perlu lagi untuk menagih sendiri pihak yang ditagih. Anda cukup menyerahkan surat penagihan kepada bank. Anda juga dapat menghemat tenaga dan biaya serta keamanannya pun terjamin.

4. Safe deposit box

Produk perbankan yang keempat adalah safe deposit box. Jasa ini diberikan kepada nasabah berupa kotak untuk menyimpan dokumen atau benda berharga dalam jangka waktu tertentu. Nasabah juga dapat menyimpan sendiri kunci kotak pengaman tersebut.

5. Kartu Kredit

Bank card atau lebih dikenal dengan sebutan kartu kredit. Kartu ini dapat digunakan untuk mengambil uang serta membayar sejumlah barang yang dibeli di supermarket. Jika Anda menggunakan jasa layanan ini, Anda harus membayar iuran tahunan yang jumlahnya sesuai dengan perjanjian pihak bank.

Baca : Tugas dan fungsi bank syariah

6. Devisa

Jasa-jasa perbankan yang keenam adalah bank note atau devisa. Bank note ini merupakan uang kartal asing yang dikeluarkan dan diterbitkan oleh bank di luar negeri. Dalam hal jual beli bank note, maka bank mengacu pada kurs. Ada dua macam kurs yang terdapat dalam transaksi jual beli bank note, yaitu kurs beli atau buying rate dan kurs jual atau selling rate.

7. cek wisata

Jasa-jasa layanan perbankan yang ketujuh adalah traveller cheque atau cek wisata. Cek wisata ini biasanya dapat Anda gunakan ketika akan bepergian ke suatu tempat. Cek wisata juga biasanya diterbitkan dengan nominal tertentu. Manfaat yang didapat dari cek wisata adalah bisa memberikan kemudahan dalam berbelanja, dapat mengurangi resiko kehilangan uang serta memberikan rasa percaya diri.

8. letter of credit

Selanjutnya, layanan perbankan yang kedelapan adalah letter of credit atau L/C. Jasa bank ini diberikan kepada nasabah untuk memperlancar arus barang dalam kegiatan ekspor-impor. Ada banyak jenis L/C yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

9. Bank garansi

Jasa-jasa perbankan yang kesembilan adalah bank garansi. Jaminan bank atau bank garansi ini diberikan kepada nasabah untuk membiayai suatu usaha. Dengan menggunakan jaminan ini, Anda bisa mendapatkan fasilitas untuk melaksanakan kegiatan usahanya. Besarnya jaminan yang dikeluarkan telah ditentukan terlebih dahulu dengan mengetahui kredibilitas dan prospek dari usaha nasabah.

Baca : Perkembangan Bank di Indonesia

10. Jasa-jasa perbankan yang kesepuluh terdapat pada produk simpanan bank. Jasa pelayanan simpanan ini diantaranya:

– Simpanan giro atau demand deposit. Jasa layanan bank ini dapat melakukan penarikan dengan menggunakan bilyet giro atau cek. Rekening giro biasa digunakan karena memiliki dana murah. Bunga yang diberikanpun relatif rendah dibandingkan dengan simpanan lainnya.

– Simpanan tabungan atau saving deposit. Produk ini merupakan simpanan bank yang penarikannya sesuai dengan syarat dan ketentuan bank tersebut.

– Simpanan deposito atau time deposit. simpanan yang memiliki jangka waktu tertentu. Anda dapat menarik simpanan Anda sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Deposito memiliki beragam jenis, seperti deposito berjangka, sertifikat deposito, deposit on call, dan masih banyak lagi.

11. Lending

Jasa-jasa perbankan yang kesebelas adalah jasa penyaluran dana atau lending. Penyaluran dana ini dilakukan oleh bank dengan memberikan pinjaman kepada masyarakat yang dikenal dengan istilah kredit. Jenis-jenis kredit yang disediakan oleh bank diantaranya, kredit investasi, kredit konsumtif, kredit profesi, kredit modal kerja, kredit perdagangan, dan kredit produktif.

12. menerima setoran-setoran dari nasabah

Selanjutnya, jasa layanan perbankan yang keduabelas adalah bank menerima setoran-setoran dari nasabah. Keuntungan dari jasa ini adalah lebih praktis dan aman. Dalam hal ini, bank bisa membantu Anda dalam rangka menampung setoran darimana saja. Seperti, pembayaran pajak, telepon, air, listrik, serta uang kuliah. Selain itu, bank juga melayani pembayaran yang diinginkan nasabah seperti membayar gaji, pembayaran deviden, pembayaran kupon, serta pembayaran bonus atau hadiah.

13. Pasar Modal

Produk layanan perbankan yang terakhir adalah bank ikut berperan dalam kegiatan pasar modal. Kegiatan tersebut diantaranya, penjamin emisi atau underwriter, penjamin atau guarantor, wali amanat atau trustee, perantara perdagangan efek, pedagang efek atau dealer, serta perusahaan pengelola dana atau invesment company.

Itulah 13 jasa-jasa perbankan yang harus Anda ketahui. Masih banyak sebenarnya jasa perbankan tersebut yang setiap tahunnya selalu berusaha memberikan yang terbaik serta kenyamanan bertransaksi bagi para nasabahnya. Semoga artikel ini bermanfaat.