7 Tips Memilih Safe Deposit Box Bank Yang Paling Aman

Posted on

Ketika kamu melakukan deposit di sebuah lembaga keuangan tertentu,  kamu akan disuruh untuk memilih box tempat penyimpanan deposit tersebut. Sebenarnya, apa itu safe deposit box bank? Apa saja tips memilih safe deposit box bank yang paling aman untuk para nasabah? Kamu bisa mengetahui jawabannya hanya di bawah ini.

Safe deposit box atau SDB merupakan tempat paling aman untuk menyimpan segala surat-surat dan barang berharga secara aman. Bagi kamu yang merasa memiliki hal tersebut, ada baiknya menggunakan kotak simpanan. Bisa yang terbuat dari bahan baja ini agar barang atau surat berhargamu tetap aman dan terhindar dari segala macam kejahatan.

Untuk lebih jelasnya terkait SDB atau safe deposit Box. Kamu bisa mengetahui beberapa penjelasan terkait pengertian dan tips memilih deposit box bank yang paling aman, berikut ini.

Pengertian Safe Deposit Box Bank Yang Paling Aman

safe deposit box bank
safe deposit box bank yang paling aman

Safe deposit box bank adalah sebuah jasa di bidang penyewaan yang digunakan sebagai kotak penyimpanan harta atau surat berharga. Kotak tersebut dirancang khusus, yaitu terbuat dari bahan baja. Bahan ini bisa bertahan dari api dan menjaga keamanan barang yang ada di dalamnya, sehingga penggunanya menjadi aman dan tenang.

Penyimpanan kotak barang atau surat berharga di simpan oleh bank sendiri di sebuah ruangan yang tidak dimasuki oleh orang sembarangan. Banyak orang yang menyimpan barang berharga mereka di bank, lantaran merasa tidak aman jika harus menyimpannya sendiri di rumah.

Pada umumnya, penyimpanan kotak tersebut akan memerlukan biaya asuransi yang murah dan tidak memberatkan para penggunanya. Layanan asuransi ini diberikan agar kotak yang kamu miliki tetap di awasi oleh pihak bank. Dijaga keamanannya dari beragam pihak yang tidak bertanggungjawab.

Tips Memilih Safe Deposit Box Bank Paling Aman

Cek Terlebih Dahulu Tingkat Keamanan Bank

Sebelum kamu menentukan bank yang akan dijadikan sebagai tempat penyimpanan surat dan barang berharga. Sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu tingkat keamanan dari bank yang menyediakan SDB.

Beberapa poin penting yang harus kamu ketahui terkait hal ini adalah :

  • Harus ada kamera CCTV yang terpasang pada ruangan Safe Deposit Box
  • Memiliki anggota keamanna khusus untuk ruangan SDB
  • Adanya penjagaan ketat untuk seseorang yang akan masuk ke ruangan SDB. Hal ini bisa dibuktikan dengan memberikan kartu identitas, kunci SDB dan nomor SDB.
  • Memiliki teknologi canggih untuk keperluan SDB
  • Memilih kantor bank terdekat agar bisa di cek secara berskala
  • Pahami Hak dan Tanggungjawab sebagai Nasabah serta Bank

Sebelum mulai menyimpan uang di bank, kamu harus mematuhi setiap perjanjian yang sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak. Sehingga, kamu dapat mengetahui hak dan tanggungjawab sebagai nasabah serta bank itu sendiri.

Dalam hal ini, pastikan bahwa pihak bank bertanggungjawab atas segala hal yang terjadi terkait barang berharga yang disimpan. Jika bank diketahui tidak memiliki tanggungjawab, maka jangan langsung menyimpan disana. Lebih baik kamu cari bank lain yang bisa bertanggungjawab dan memastikan bahwa kotak SDB kamu aman dari segala macam kejahatan.

Baca juga : cara menghitung bunga deposito bank

Melihat Tingkat ketebalan Box

Setiap kotak yang digunakan untuk penyimpanan surat berharga dengan barang berharga, seperti emas akan memiliki bahan yang berbeda. Biasanya untuk kotak yang khusus digunakan dalam penyimpanan emas, maka ketebalan box akan lebih tinggi dan dijamin tidak akan mudah rusak. Bukan hanya itu saja, box yang memiliki kualitas bahan terbaik ini akan memiliki kisaran harga tinggi, sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa menggunakannya.

Anti Air

Selain memiliki keunggulan anti api, kamu juga harus memilih kotak penyimpanan yang memiliki keunggulan anti air. Hal itu dilakukan untuk menjaga keamanan kotak itu sendiri. sehingga,apabila terjadi banjir atau kebakaran, kotak penyimpanan barang berharga akan tetap aman dan bisa terselamatkan dengan baik.

Memiliki Tanda Alarm Security

Bagi kamu yang ingin menyimpan safe deposit box bank yang paling aman di rumah, maka kotak tersebut harus sudah terpasang alarm security agar bisa mengetahui siapa saja yang hendak berbuat jahat kepada kotak tersebut. hal ini bisa menjadi sebuah keamanan utama agar kotak surat atau barang berharga bisa tersimpan aman dan hanya kamu saja yang bisa memegangnya.

Built In Box

Ketika memilih sebuah brankas atau kotak untuk menyimpan emas dan surat berharga, sebaiknya jangan asal menggunakan kotak dengan kualitas rendah, ya. Kamu harus memilih kotak terbaik yang memiliki keunggulan built-in box alias kotak dengan tingkat kerumitan tinggi.

Sebuah safe deposit box yang terbuat dari baja dan memiliki ketebalan tinggi akan memiliki tingkatan kesulitan tertentu saat akan dibuka oleh seseorang yang bukan pemiliknya. Pemasangan built ini box memang diperlukan, sehingga tidak ada seorang pun atau pencuri yang bisa membukanya.

Memiliki Sertifikasi Yang Resmi

Tips memilih safe deposit box bank yang paling aman terakhir adalah kamu harus mengetahui bahwa kotak penyimpanan barang berharga tersebut sudah memiliki sertifikasi resmi. Meskipun kamu akan menyimpannya di bank, tetapi memilih bank yang memiliki sertifikasi pada SDB-nya menjadi poin penting sebelum kamu benar-benar menyimpan atau menitipkan seluruh barang dan surat berharga.

Dengan adanya sertifikasi tersebut, maka dipastikan safe deposit box sudah teruji secara nyata dan membuat kotak DSB senantiasa terlindungi dengan aman. Maka, segala hal yang akan merusak, seperti api, air dan pencuri tidak akan mampu merusak apalagi mengambil isi dari kotak itu sendiri.

Tips memilih safe deposit box bank yang paling aman tersebut harus bisa kamu lakukan semuanya agar mampu mendapatkan kotak DSB yang terbaik dan terjamin kualitasnya. Meskipun harganya cukup tinggi, tetapi jika mampu menjaga barang berharga beserta surat berharga dari ancaman bahaya akan membuat kamu lebih aman, bukan?

Selain beberapa keamanan yang ada, pastikan kotak safe deposit box bank milikmu memiliki kunci keamanan khusus, seperti finger print. Sebab, jika hanya dilengkapin oleh kunci gembok manual, hal itu masih bisa di bobol oleh seseorang yang sudah ahli dalam hal penggunaan kunci.

Bank juga harus bisa memasang magnetic lock agar bisa terjadi sensor magnetik ketika seseorang membuka dan masuk ke dalam pintu. Sehingga, bagi seseorang yang belum dikenali identitasnya, akan sulit untuk masuk ke dalam dan menghindari terjadinya pencurian nantinya.

Demikian informasi mengenai pengertian dan tips memilih safe deposit box bank yang paling aman untuk kamu yang ingin mulai menitipkan barang atau surat berharga kepada bank terdekat di daerah kamu tersebut. Jika sudah yakin dan dipastikan keamanannya terjamin, kamu bisa menitipkannya dengan tenang dan mengeceknya secara rutin dan berkala ke tempat bank yang sudah kamu percayai.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.