Cara Menutup Polis Asuransi Bumiputera

Posted on

Banyak nasabah yang bertanya bagaimana cara menutup polis asuransi Bumiputera? ada apa? penulis penasaran kenapa banyak yang mau berhenti dari asuransi, padahal asuransi adalah salah satu cara melindungi aset. Nasabah ingin berhenti tentu ada alasan yang kuat, semisal sudah tidak kuat bayar premi atau ada asuransi lain yang lebih cocok. Bisa juga ada ketidakcocokan atau ketidakpahaman lainnya yang membuat nasabah tidak nyaman.

Sebagian dari mereka, terutama yang belum paham betul apa itu asuransi merasa dibohongi oleh agen pemasar asuransi. Ketika pertama perkenalan asuransi, mereka menawarkan berbagai kelebihan asuransi. Maaf tanpa menyebutkan ketentuan ketentuan asuransi tertentu kepada calon nasabah. Nasabah yang tergiur tentu akan berharap lebih dengan mendaftar polis, kemudian rajin membayar premi. Setelah beberapa bulan atau tahun membayar premi, mereka bertanya saldonya kemana aja? Apakah anda seperti demikian?

cara menutup polis asuransi bumiputera
cara menutup polis asuransi bumiputera

Cara Menutup Polis Asuransi Bumiputera

Seyogyanya pemasar memperkenalkan bagaimana cara mendaftar, juga cara menutup polis asuransi bumiputera iya gak? Tidak memperkenalkan saja, bahkan memandu sampai si nasabah terbebas dari masalah asuransi. Sayang, tidak semuanya begitu. Bagi yang memang sudah ingin berhenti dari polis asuransi bumiputera, penulis sedikit menceritakan pengalaman menemani teman berhenti polis asuransi bumiputera.

Menutup asuransi harus membawa agen asuransi ke kantor cabang

Temanku ini mendaftar agen pemasar yang kebetulan kenal aku juga, jadi sama sama teman. Sebelumnya temanku yang nasabah sudah mengutarakan ingin berhenti polisnya ke temanku si agen. Tapi banyak alasan, harus ketemu harus ini itu. Akhirnya si temanku agak kesel, terus ke kantor. Di kantor cabang pun kesulitan informasi karena agen pemasar ga datang. Sampai disini sudah pahamkan, agak susah berhenti polis asuransi? Ya pada itntinya si agen ga mau kehilangan bonus setiap bulan dari premi yang dibayarkan. Begitu, karena hal tersebut adalah sumber pemasukan. Tetapi tidak semua agen begitu ya. Ada juga agen pemasar yang profesional, dimana ia membantu mendaftar juga membantu menutup polis asuransi.

 Jika dilakukan secara mandiri, Ajukan permintaan pemberhentian polis asuransi dengan mengirim surel (email)

Bukan perkara sulit kalau harus mengurus karena beda lokasi, sekarang sudah zaman modern. Semua layanan sebab digital atau online. Namun sebelumnya harus tahu email Bumiputera, tanyakan saja ke Agen, Kantor cabang atau lewat hallo bumiputera di 0804 100 1912. Kirim berkas berkasnya persyaratan pemberhentian polis asuransi bumiputera.

Melengkapi formulir

Setelah mendapatkan formulir, isilah formulir dengan alasan yang relevan, data diri dan polis asuransi.

melengkapi syarat

  • Fotokopi KTP (WNI)/Passport & KITAS (untuk WNA)
  • Polis asuransi (Semua berkas polis, termasuk kartu polis dan akadnya)
  • Fotokopi Buku tabungan berbeda dengan rekening pendebetan.

Silakan kirimkan ke email bumiputera atau kirimkan lewat pos ke kantos pusat bumiputera.

Menunggu Sisa Pencairan Dana

Proses penutupan memang mudah, namun sedikit lama jika menunggu sisa pencairan dana. Umumnya pihak Bumiputera atau perusahaan lain menunggu sampai 1-3 bulan. Sebab dana yang disimpan bukan dana tabungan melainkan digunakan untuk perputaran modal dalam bentuk investasi dan lain lain.

Itulah cara menutup asuransi bumiputera yang kini bangkrut. Para nasabah terbengkalai. Banyak klaim polis nasabah yang tidak cair. Untuk kedepannya, lebih baik ke BPJS saja untuk urusan kesehatan. Kalau pendidikan bisa ke TABUNGAN RENCANA ke BUMN seperti BRI, BNI dan Mandiri. Jangan sampai tertipu lagi asuransi yang mengatasnamakan investasi. Sebab porsi investasinya kecil. Sekian, semoga bermanfaat. ya.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.