Syarat Buka Rekening BNI Syariah IB Hasanah Akad Wadiah

Posted on

Salah satu alasan penulis Buka rekening BNI Syariah dengan akad wadiah adalah karena tidak ada potongan bulanan dan sesuai prinsip. Namun bukan pada penekanan mencari bebas administrasi bulanan, lebih ke prinsip. Walau ada dua rekening lain seperti BNI konvensional, BRI dan mandiri namun untuk keperluan transaksi, menerima gaji. Sedangkan pembukaan ATM BNI syariah ini lebih ke menabung dan mengatur kebutuhan sehari hari dan masa depan. Secara umum kita tahu bahwa menabung di bank ada biayanya dan bunganya, namun lebih besar biayanya. Jadi secara otomatis jika ingin serius menabung pilihlah tabungan tanpa administrasi. Ya seperti di BNI syariah ini.

Mengenal Produk Tabungan BNI syariah

Berdasarkan akad, Ada dua macam tabungan BNI syariah yaitu tabungan dengan akad wadiah dan ada tabungan dengan akad mudharabah. (Mengenai apa itu akad wadiah sama mudharabah, silakan baca : Jenis Akad akad pada Bank syariah). Perbedaan mendasar akan kedua, antara wadiah dan mudarabhah terletak pada penggunaan dana tabungan dan biayanya. BNI Syariah dengan akad Wadiah bebas potongan bulanan dan tidak ada bunga serta dananya utuh dalam tabungan. Untuk BNI Syariah akad Mudharabah terdapat biaya potongan bulanan,dan ada dana Bagi Hasil. Bukan Bunga. Dana hasil yang dimaksud adalah Hasil dari dana tabungan nasabah BNI syarih yang dikelola oleh pihak bank. Ketika dapat keuntungan, maka secara otomatis ditambahkan ke saldo tabungan masing masing nasabah.

Perbedaan Akad wadiah dan Mudharabah

Biaya biayaWadiahMudharabah
Biaya administrasi per bulanGratisRp 7.500,-
penutup RekeningRp 20.000,-Rp 10,000,-
Saldo MinimumRp 20.000,-Rp 100.000,-
Dibawah Saldo Minimum GratisRp 10.000,-
Pembuatan debitRp 15.000 Rp 15.000

Kalau jenis berdasarkan produk , antara lain :

Mengenai rincian produk bisa baca selengkapnya di : Jenis jenis tabungan BNI Syariah

Dari semua jenis tabungan, penulis memilih tabungan IB hasanah dengan akad wadiah. Kenapa? Karena IB hasanah adalah produk tabungan regulernya di BNI syariah. Kalau di BNI konvensionalnya ya seperti Taplus. Bukan BNI taplus muda, anak maupun Bisnis. Nah disini, saya sebagai penulis mau menceritakan pengalaman sedikit buka rekening BNI syariah IB hasanah dengan akad wadiah.

Syarat Buka rekening BNI Syariah

syarat buka rekening BNI Syariah
syarat buka rekening BNI Syariah

Tabungan BNI iB Hasanah merupakan tabungan reguler dari BNI syariah yang bisa dengan akad Mudharabah atau Wadiah. Tabungan ini hanya dalam bentuk rupiah saja. Bukan valas. BNI IB hasanah memberikan berbagai fasilitas dan kemudahan dalam transaksi. Fasilitas perbanakan yang bisa nasabah nikmati mulai dari mendapatkan buku tabungan (fisik), Kartu ATM Debit dengan chip GPN dan layanan E-banking ( ATM, SMS Internet, dan Mobile Banking)

syarat pembukaan rekening BNI syariah :

  • Kartu Identitas Asli ( E- KTP / Paspor).
  • Kartu NPWP (Jika ada)
  • Setoran awal minimal Rp. 100.000,-.

Pembukaan rekening BNI bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan metodhe online. Yang kedua di kantor cabang BNI Syariah terdekat. Di kantor cabang terdekat, Anda tinggal membawa semua persyaratan diatas. Kemudian ke antrian Customer service. Utarakan maksud ingin membuka rekening tabungan BNI Syariah dengan akad wadiah. CS akan memandu pendaftaran sampai selesai. Jika ingin daftar rekening online. Silakan ikut link pendaftaran : https://bro.bnisyariah.co.id/

Apa saja Keunggulan BNI IB hasanah?

  • Bebas biaya administrasi bulanan, bebas bunga dan utuh dengan akad wadiah
  • Jaringan transaksi luas menggunakan Kartu Debit Silver sebagai kartu ATM pada jaringan ATM (ATM BNI, ATM Bersama, ATM Link, ATM Prima & Cirrus)
  • Bisa jadi kartu belanja (Debit Card) di merchant berlogo MasterCard di seluruh dunia.
  • E banking ( SMS, internet dan mobile banking)
  • Sambil sedekah, karena setiap pembukaan rekening otomatis berinfaq Rp 500,- yang akan disalurkan pada progam BNI peduli.
  • Dapat dijadikan sebagai agunan pembiayaan, jika nasabah ingin mendapatkan pembiayaan tunai cepat dan mendadak.

Ada yang bisa menambahkan lagi? Itulah sekiranya informasi mengenai syarat buka rekening BNI Syariah IB hasanah dengan Akad wadiah. Nasabah bisa mempertimbangkan produk dengan beberapa fasilitas dan keunggulan yang memudahkan nasabah dalam bertransaki. Bagi yang menghindari riba, sangat cocok Untuk Anda. Ayo kapan lagi? Yuk buka rekening sekarang juga.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.