Review Akulaku 2019, Apakah Penipu? (Pengalaman)

Posted on

Tidak sedikit orang yang mencari review Akulaku dari netizen atau consumen yang telah memiliki pengalaman mengajukan kredit barang. Saya sebelumnya juga demikian, sedikit mencari informasi tentang pengalaman orang yang belanja di akulaku. Sebab dulu, akulaku masih baru, masih awam di mata masyarakat. Jadi belum banyak yang mencobanya, mungkin sekarang sudah banyak mencoba cicilan online tanpa kartu kredit. Namun bagi pengguna baru tetap harus mempertimbangkan resiko kredit barang akulaku ya, agar tidak terjebak.

Hallo sahabat budiman dimanapun anda berada, mungkin bagi kalian yang masih ragu mengambil cicilan kartu, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui. Bukan sekedar melihat pengalaman orang nyicil barang di akulaku, kalian sudah mempertimbangkan untuk mengajukannya. Jangan dulu, pertimbangnnya bukan itu saja. Diterima atau ditolaknya sebuah pengajuan kredit bukan karena penipu atau bukan tidak tapi karena kredit skore anda atau bahasa lainnya adalah kemampuan finansial masing masing nasabah. Masalah kredibilitas tentu akulaku terpercaya, bukan penipu, karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan OJK Indonesia.

Banyak orang yang hanya melihat review akulaku dari orang ngambil kredit barang berhasil, lalu ikutan. Namun tidak mempertimbangkan resiko sehingga dibelakang banyak ngeluh ini itu. Katanya berat dicicilan atau dendanya. Jadi simak baik baik ya, resikonya dibawah ini.

Resiko-resiko ketika mengambil Kredit akulaku

Review Akulaku
pengalaman dan Review Akulaku

Review yang akan saya tonjolkan disini adalah mengenai bunga dan biaya biayanya. Pengalaman dari saya nyicil hp di akulaku untuk hp dibawah 1,2 juta, angsuran 240.000 dengan tenor 6 bulan. Jadi perhitungan bunganya 240.000 x 6 = 1.440.000. Kemudian 1.440.000-1.200.000 = 240.000. Jika dijadikan persentase bunga menjadi (240.000/ 1.440.000)x100% = 16.6 %. Jadi perbulan bunganya mencapai 16.6/6 = 2,7%.

Jika kita bandingkan dengan cicilan lain, misalnya dengan kredivo. Berapa bunganya? berdasarkan laman resminya, bunga kredivo perbulan sebesar 2.95%, jika per tahun sekitar 41,75%. Namun ini bukan patokan, karena bisa jadi kebijakan keduanya akulaku maupun kredivo berubah.

Saya saranin kalau mau mengajukan lebih dari 2 juta ke kredivo karena kredivo hanya menerapa cicicilan barang diatas 1,5 juta. Sedangkan untuk dibawah itu, anda bisa mencoba akulaku, karena minimal kredit akulaku hanya 200 ribu. Terserah anda.

Baca : cara mencairkan limit akulaku

Denda Keterlambatan

Pon review akulaku kedua, Selain bunga, ada biaya denda ketelamatan membayar angsuran. Besaran denda telat bayar cicilan per hari adalah 1% dari sisa angsuran. Untung akunya selalu tepat waktu, jadi tidak sampai kena denda tersebut. Bagi yang sedang dalam cicilan hati hati jangan sampai kena denda cicilan agar tidak membengkak di kemudian hari.

Pastikan Tinggal di wilayah operasional Akulaku

Sebelum mengajukan kredit akulaku, pastikan calon nasabah tinggal diwilayah operasional akulaku. Kalau tidak, kemungkinan besar akan ditolak. Walaupun layanannya online, akulaku memiliki daerah operasi di sebagian besar pulau jawa, bali, dan beberapa kota besar di Indonesia. Kemungkinan besar akan merambah keseluruah Indonesia, karena perkembangannya cukup pesat.

Legalitas Hukum

Review akulaku yang menurut saya paling membuat aman adalah legalitas hukumnya. Banyak sekali model kredit barang tanpa dp, tanpa kartu kredit namun legalitas belum jelas. Kalau akulau menurut sudah jelas, sebab akulaku di Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Tanda Daftar Sistem Elektronik No.00262/DJAI.PSE/04/2017 tertanggal 28 April 2017 atas nama PT. Akulaku Silvrr Indonesia dan juga tertera pada surat pendaftaran penanaman modal yang disahkan oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) dengan nomor surat 1293/1/IU/PMA/2018. Terkahir, memiliki izin usaha resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan Tanda Bukti Terdaftar No.KEP-436/NB.11/2018.

Review akulaku terkahir adalah kepuasan pelanggan

Dimana melihat review kepuasan pelanggan? Akulaku adalah platform aplikasi, anda bisa melihat riview dari angka kepuasan pelanggan. Saat ini kepuasan pelanggan atau pengguna akulaku 4.2 dari 5. Menurut saya cukup baik untuk ukuran aplikasi kredit barang.

Hal hal lain mungkin bisa anda cari sendiri untuk dipertimbangkan sebelum pinjam. Pada akhirnya ditolak atau diterima itu urusan masing masing nasabah. Tidak mewakili akulaku secara keseluruhan. Jadi hati hati melihat review akulaku yang negatif. Bisa jadi nasabah sendiri yang ada masalah.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.