Perbedaan Kartu Kredit dan Debit atau ATM
Perbedaan Kartu Kredit dan Debit atau ATM

Perbedaan Kartu Kredit dan Debit atau ATM Secara Detail

Posted on

Apa saja Perbedaan Kartu Kredit dan Debit atau ATM? Di jaman yang canggih ini, pasti seluruh orang di dunia sudah mengenal kartu yang bisa digunakan untuk bertransaksi, yaitu kartu debit dan kartu kredit. Kedua kartu tersebut merupakan dua kartu berbeda yang memiliki tujuan berbeda pula. Namun, kartu debit dan kartu kredit masih dikeluarkan di tempat yang sama.

Jadi, apa itu kartu kredit dan kartu debit atau atm? Apa manfaat dari kedua kartu tersebut dan apakah perbedaan kartu kredit dan debit atau ATM tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Kartu Kredit dan Debit atau ATM
Perbedaan Kartu Kredit dan Debit atau ATM

Pengertian Kartu Kredit dan Kartu Debit atau ATM

Ketika kamu akan membuat rekening tabungan di sebuah bank, maka pihak Customer Service pasti akan menawarkan kartu debit atau ATM yang bisa kamu gunakan untuk penarikan dan transfer melalui ATM di seluruh Indonesia. Selain itu, ketika kamu berbelanja di supermarket atau pusat perbelanjaan seperti mall, maka kamu bisa menggunakan kartu debit tersebut untuk membayar tagihan barang yang kamu beli.

Begitu juga dengan kartu kredit, kamu bisa menggunakan kartu tersebut sebagai alat transaksi ketika akan berbelanja atau membeli suatu barang. Namun, untuk mendapatkan kartu kredit tidak semua orang bisa mendapatkannya. Dengan kata lain, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memiliki kartu kredit. Bukan hanya itu saja, kartu kredit memiliki sejumlah bunga yang cukup besar dan harus bisa dilunasi beserta hutang-hutang yang dimiliki di dalam kartu.

Persamaan Keduanya

Nah, jika begitu, sebelum mengetahui perbedaan kartu kredit dan debit atau ATM, ada baiknya kamu simak dengan teliti pembahasan mengenai pengertian kedua kartu tersebut.

Kartu kredit merupakan sebuah kartu yang telah dikeluarkan oleh bank untuk pengganti uang tunai. Dengan menggunakan kartu kredit, maka nasabah bisa membeli barang atau jasa dengan mudah dan melakukan pembayaran secara kredit melalui kartu tersebut. Dalam hal ini, nasabah sedang meminjam uang dari bank dan harus dibayarkan kembali dengan cara dicicil setiap bulannya.

Agar bisa memiliki kartu kredit, maka pihak nasabah harus datang ke bank dan membawa sejumlah persyaratan yang telah ditentukan. Proses pengajuan kartu kredit memiliki waktu yang cukup lama dikarenakan banyaknya pemeriksaan data dan beberapa hal lainnya. Umumnya, pihak bank akan segera menyelesaikan proses pengajuan kartu kredit selama 14 hari sampai akhirnya disetujui oleh pihak bank yang menerbitkan.

How about Debit Card?

Sementara itu, pengertian dari kartu debit merupakan sebuah kartu pembayaran elektronik yang dikeluarkan oleh pihak bank. Biasanya, kartu debit digunakan untuk pengganti pembayaran uang secara tunai atau untuk melakukan transaksi melalui ATM. Itulah sebabnya masyarakat lebih mengenal sebutan kartu debit dengan kartu ATM.

Saldo yang ada di dalam kartu debit merupakan saldo yang kamu miliki di dalam rekening tabungan. Sehingga, ketika kamu melakukan pembayaran melalui kartu debit, maka secara otomatis saldo tabungan akan berkurang. Namun, kamu tidak perlu membayarnya kembali seperti halnya kartu kredit. Karena ketika kamu bertransaksi dengan kartu debit, kamu tidak sedang melakukan kredit tapi kamu membayarnya langsung dengan uangmu melalui kartu ATM atau debit.

Melalui pengertian tersebut, tentunya kamu sudah mampu melihat dengan jelas perbedaan kartu kredit dan debit atau ATM. Kedua kartu tersebut memiliki perbedaan yang cukup jelas, bukan?

Manfaat Menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit atau ATM

Setelah mengetahui pengertian dari kartu kredit dan kartu debit, kini saatnya kamu mengetahui manfaat dari kedua kartu tersebut. Tentu saja manfaatnya pasti berbeda dan disini juga kamu bisa melihat perbedaan kartu kredit dan debit atau ATM dilihat dari segi manfaatnya.

Manfaat Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki sejumlah manfaat yang bisa kamu rasakan ketika sudah memilikinya. Beberapa manfaat dari kartu kredit tersebut adalah sebagai berikut:

Sangat Praktis dan Nyaman

Ketika kamu memiliki kartu kredit, maka waktu dan tenagamu akan lebih hemat karena tidak perlu membawa uang tunai atau pergi ke ATM. Kamu bisa berbelanja tanpa takut uangnya kurang, lho.

Bisa Membantu Ketika Keadaan Darurat

Kartu kredit bisa digunakan ketika situasi darurat dan saat susah mendapatkan uang tunai. Dengan adanya kartu kredit, kamu bisa memanfaatkannya ketika di situasi darurat ini. Namun, harus selalu dipastikan bahwa limit kartu kreditmu cukup untuk melakukan transaksi, ya.

Dapat Mengetahui Jumlah Pengeluaran

Ketika kamu memiliki kartu kredit, maka akan diketahui jumlah catatan pengeluaran atau transaksi yang telah dilakukan setiap bulannya. Transaksi tersebut tentu saja menjadi catatan penting yang bisa kamu lakukan untuk melihat anggaran setiap bulannya. Jadi, kamu bisa melihat apakah bulan tersebut kamu sudah menjalani hidup hemat atau tidak.

Dapat Digunakan di Berbagai Negara

Ketika kamu akan pergi ke luar negeri, maka kartu kredit masih bisa digunakan dengan baik di berbagai tempat yang melayani kartu kredit. Sehingga, kamu tidak perlu membawa uang tunai dan cukup membawa kartu kredit saja untuk berbelanja atau melakukan transaksi tertentu.

Manfaat Menggunakan Kartu Debit

Selain kartu kredit, kartu debit juga memiliki sejumlah manfaat yang tak kalah baiknya dengan kartu kredit. Beberapa manfaat dari kartu debit adalah seperti berikut ini:

Sebagai Tabungan Bergerak

Kartu debit seringkali digunakan untuk istilah tabungan bergerak. Karena, ketika kamu membuat rekening di bank, maka secara otomatis kamu akan memiliki kartu debit atau kartu ATM ini. Kartu ini berfungsi sebagai penyimpan uangmu yang ada di rekening tabungan. Jadi, ketika kamu memiliki kartu ini maka kamu bisa melakukan transaksi tarik tunai atau transfer melalui ATM.

Hal tersebut akan membuatmu lebih nyaman dan praktis karena tidak harus pergi ke bank setiap akan melakukan transaksi. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu debit di berbagai merchant yang menyediakan layanan kartu debit. Dengan begitu, maka saldo tabunganmu akan berkurang secara otomatis tanpa harus kamu membayarnya dikemudian hari.

Tidak Memiliki Bunga dan Denda

Ketika kamu melakukan transaksi dengan menggunakan kartu debit, maka tidak akan ada saldo yang terpotong untuk membayar bunga. Saldo yang digunakan hanya untuk pembayaran barang atau jasa yang kamu beli tanpa biaya yang lainnya.

Perbedaan Kartu Kredit dan Debit atau ATM

Jika kamu sudah mengetahui pengertian dan manfaat dari kedua kartu tersebut, maka selanjutnya kamu harus mengetahui apa saja perbedaan kartu kredit dan debit atau ATM yang bisa kamu simak uraiannya berikut ini.

Dari bentuk fisiknya

Perbedaan kartu kredit dan debit atau ATM yang pertama kamu bisa melihatnya dari bentuk fisik kartu itu sendiri. Di bagian depannya, kartu kredit memiliki logo bank dan identitas nasabah berupa nama dan nomor kartu yang dicetak timbul. Sementara kartu debit hanya memiliki logo bank dan nomor kartu tanpa dicetak timbul.

Dari Cara Mendapatkannya

Untuk mendapatkan kartu kredit, kamu harus mengajukan pembuatan kartu kredit beserta membawa persyaratan yang sudah ditentukan. Biasanya, ketika kamu mengajukan pembuatan kartu kredit, maka ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih dari kartu tersebut, diantaranya ada kartu kredit gold, platinum, serta silver.

Sedangkan untuk mendapatkan kartu debit, kamu pasti mendapatkan kartu tersebut ketika membuat rekening tabungan. Dan untuk mendapatkannya pun tidak sesulit mendapatkan kartu kredit yang harus menggunakan beberapa persyaratan tertentu.

Dari Cara Bertransaksi

Perbedaan kartu kredit dan debit atau ATM bisa dilihat dari cara bertransaksinya. Ketika membuat, kartu kredit, kamu tidak perlu mengisi kartu tersebut dengan uang yang ditentukan. Kamu cukup membubuhkan nama dan tanda tangan saja. Jika sudah, maka kamu sudah bisa menggunakan kartu untuk berbelanja dan keperluan lainnya. Meskipun begitu, kamu harus mengetahui limit kartu kredit yang digunakan agar bisa digunakan sampai akhir bulan nantinya. Dan di akhir bulan tersebutlah kamu akan menerima catatan pembayaran kartu kredit beserta bunganya.

Sedangkan untuk kartu debit, kamu tidak akan mendapatkan bunga atau catatan tiap akhir bulannya. Karena uang yang kamu bayarkan ketika melakukan transaksi berasal dari tabungan kamu. Hanya saja kamu akan mendapatkan potongan uang administrasi setiap bulannya dengan nominal yang berbeda dari setiap bank.

Baca juga : Perbedaan Bank dan Koperasi

Inilah Pengertian, Manfaat dan Perbedaan Kartu Kredit dan Debit atau ATM

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian, manfaat dan perbedaan kartu kredit dan debit atau ATM yang bisa kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa memilih apakah akan tetap membuat kartu kredit atau menggunakan kartu debit saja. Semua keputusan ada padamu maka putuskanlah dengan keputusan yang bijak.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.