Pinjaman FIF Tanpa Jaminan, Ini Syarat Dan Cara Mendapatkannya

Posted on
pinjaman fif tanpa jaminan
syarat dan cara pinjaman fif tanpa jaminan / bisnis.com

Selama ini mungkin kita mengenal FIF Grup sebagai perusahaan mulfinance yang bergerak dibidang pembiayaan untuk pembelian sepeda motor merk Honda. Namun melalui anak perusahaannya, sekarang FIF mulai bergerak ke pembiayaan mikro. FIF menyediakan berbagai pinjaman, dari mulai pinjaman konsumtif sampai pada pinjaman FIF tanpa jaminan. Astra Multi Finance (AMF) atau yang lebih akrab dikenal dengan FIF Spektra yang merupakan perusahaan di bawah payung Astra International tersebut yang menjalankannya. FIF Spektra memasang target untuk pembiayaan mikro kepada usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia.

Keberadaan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terus berkembang menjadi target pemasarannya. Sebab selama ini, keadaan pelaku UMKM di Indonesia masih banyak terkendala dengan modal. Akibatnya UMKM tidak berkembang semestinya. Oleh karena itu, FIF membuka  jalan dengan menyediakan pinjaman modal usaha untuk mereka yang ingin mengembangkan usahanya. FIF juga telah diberi izin oleh pemerintah untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat yang memang ditargetkan untuk memberikan pinjaman modal usaha tanpa jaminan kepada pelaku UMKM di Indonesia.

Jenis Pinjaman FIF tanpa Jaminan untuk Modal usaha

FIF spektra menyediakan berbagai pinjaman, diantaranya adalah pinjaman konsumtif dan  pinjaman modal usaha/kerja. Pinjaman konsumtif untuk pembelian hp, kamera dan biaya pengobatan dll, sedangkan pinjaman modal usaha/kerja untuk ditarget kepada pelaku usaha kecil. Syarat dan ketentuan pinjaman tersebut berbeda beda, sebab penggunaannya pun berbeda. Dimana pada pinjaman usaha harus melampirkan legalitas usaha seperti surat izin dan laporan keuangan.

Syarat dan ketentuan pinjaman Mikro FIF Spektra

  • Kartu identitas : KTP, Kartu Keluarga
  • Jaminan (jika mengajukan pinjaman lebih banyak)
  • Legalita usaha (Pengusaha)
  • Uang Muka atau DP (jika untuk pembelian barang).

Cara mengajukan pinjaman fif tanpa jaminan cukup dengan membawa persyaratan diatas. Pengajuannya bisa di kantor kantor fif spektra terdekat. Pinjaman fif tanpa jaminan ini terbatas dan tenornya juga tidak lama. Jika ingin lebih banyak anda bisa mengajukan pinjaman fif dengan jaminan bpkb motor, sertifikat rumah, tanah atau lainnya. Untuk pinjaman uang untuk pembelian barang anda cukup menambahkan uang muka sesuai ketentuan pihak FIF Spektra. Biasanya si besarnya sama dengan satu kali angsuran per bulan.

Bagi pelaku usaha kecil bisa mengajukan pinjaman uang fif dengan jaminan agar uang yang dipinjaman lebih besar. Atau altternatifnya, kalian bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat KUR di FIF. Sebab FIF juga telah diberi izin menyalurkan dana KUR oleh pemerintah. Untuk mendapatkannya hampir sama dengan mengajukan Kredit Usaha KUR di perbankan. Dana maksimal yang diperoleh maksimal 25 juta dengan bunga 9% per tahun.

Baca : Cara Mengajukan KUR BNI

Syarat KUR FIF

  • Warga negara Indonesia
  • Memiliki usaha minimal aktif selama 6 bulan
  • Tidak sedang menerima pinjaman modal usaha atau yang sejenis di bank lain. Tapi untuk pinjaman konsumtif diperbolehkan
  • Syarat administrasi : KTP, KK, Izin usaha, laporan keuangan
Kekurangan dan kelebihan pinjaman FIF tanpa jaminan

Mengajukan pinjaman fif tanpa jaminan memang menjadi suatu kelebihan bagi peminjam tidak yang memiliki barang untuk ijadikan jaminan. Namun seperti yang telah disebutkan bahwa dana pinjaman terbatas sedangkan bunga tinggi. Berbeda dengan pinjaman dengan jaminan, bisa menekan bunga peinjaman yang tinggi. Alternatif terbaiknya jika ingin mengajukan pinjaman fifi untuk modal usaha, Anda bisa mengajukan KUR di FIF. Bunga rendah, dana mencapai 25 juta. Secara teknis juga lebih cepat, karena fif spektra tidak seramai bank yang harus antri.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.

5 comments

  1. Ikut tanya pak.
    Saya ingin menggadaikan sertifikat rumah atas nama saya sendri yang berada di komplek perumahan.
    Cuma saya bingung, semua bank mencantumkan persyaratan harus di lengkapi SKU (Surat Keterangan Usaha)
    Sedangkan usaha warnet tanpa SKU
    Yng ingin saya tanya apakah bisa saya menganggunin Sertifikat saya untuk tambahan modal atau tetap harus dengan SKU.
    Trimakasih

  2. Silakan buat dulu surat keterangan usaha dulu pak. Soalnya bapak latar belakangnya adalah wiraswasta. SKU bisa dibuat melalui desa atau kecamatan setempat

  3. Siang pak,saya mau menanyakan mengenai pinjaman tampa surat izin usaha,jaminan saya surat rumah,apakah bisa d proses pak?

  4. mau tanya untuk pengajuan pinjaman 3jutaan tapi tanpa jaminan gmna caranya .. ??
    saya tnggal di caruban madiun . . syarat2nya apa saja .. ?

  5. Saya ingin pinjaman buat biaya anak sekolah ,tidak besar hanya 2,5juta saja.apa bisa,saya butuh mendesak sekali… Tidak ada jaminan apapun .saya dulu juga nasabah fif spektra untuk kredit barang dan elektronik.pembayaran tidak pernah mcet selalu lancar.adapun itupun sehari dikarena kondisi tidak memungkinkan, apa bisa saya ajukan,saya domisili di cikampek jawabarat.makasih sebelum nya

Leave a Reply