Kredit usaha rakyat bni
Syarat dan cara mengajukan Kredit usaha rakyat bni

Tabel Angsuran KUR BNI 500 Juta Bunga 7% 2019

Posted on
Kredit usaha rakyat bni
Syarat tabel angsuran kur bni sumber – sindonews.com

Butuh modal untuk usaha Tanpa Jaminan? Tenang kawan, pemerintah sejak 2007 telah memiliki progam Kredit Usaha Rakyat, KUR yang khusus untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, UMKM. Progam ini sangat bermanfaat pelaku usaha kecil dalam mengembangkan potensinya, mengingat modal adalah salah satu faktor yang mempengaruhi sebuah usaha. Jika selama ini mungkin kalian hanya mengenal pinjaman bank dengan jaminan rumah, bpkb dll yang kadang memberatkan dan bunganya mahal. KUR tidak memerlukan jaminan aset berharga, melainkan objek yang dijadikan jaminan adalah usaha itu sendiri. Jika berminat, pemerintah sudah bekerja sama dengan sebagian besar Bank di Indonesia untuk menyalurkan dana, simak selengkapnya mengenai jenis, syarat dan tabel angsuran KUR BNI

Syarat dan cara mengajukan Kredit Usaha Rakyat, KUR BNI tidaklah berbeda dengan  mengajukan KUR dari Bank lainnya, sebab KUR ini merupakan progam pemerintah. Jadi segala ketentuannya di atur oleh pemerintah Indnesia. BNI sebagai bank pemerintah sudah menyalurkan dana KUR dari pertama kali progam dibuka pada 2007. Pada tahun 2018, Pemerintah akan menaikkan plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI dari Rp 106,6 triliun menjadi Rp 120 triliun. Artinya pelaku UMKM semakin mendapatkan peluang modal usaha. Begitu juga Bank BNI sebagai penyalur dana harus lebih Dengan begitu para lebih masif mempromosikan KUR kepada pelaku UMKM.

Tentang KUR BNI, Jenis, Plafond dan Bunga Kredit

Walaupun KUR adalah progam kredit pemerintah, setiap penyaluran kur ditentukan oleh pihak Bank. Fasilitas dana KUR BNI diberikan pada pelaku UMKM sampai dengan Rp 500 juta dengan jangka waktu pelunasan hingga 3 tahun untuk usaha, untuk Kredit Investasi maksimal 5 tahun. Bunga yang diterapkan adalah 7% per tahun. Namun kemungkinan akan turun lagi pada tahun ini, karena sudah ada rencana pada tahun sebelumnya. Plafond 500 juta tidak berarti menerima sejumlah itu, melainkan ada beberapa jenis KUR BNI yang perlu kalian ketahui, yakni :

Jenis KUR BNI

KUR Mikro BNI

  1. Plafon makismal yang diberkat maksimal sampai dengan Rp. 25.000.000,-
  2. Tenor KUR BNI 3 tahun (kredit modal kerja), 4 tahun (kredit investasi)
  3. Syarat administrasi: KTP, Kartu Keluarga, Surat ijin usaha
  4. Tidak memperlukan Jaminan
  5. Suku bunga KUR BNI 7% eff p.a

KUR Ritel BNI

  1. Dana Pinjaman Maksimal antara > Rp. 25.000.000,- s/d Rp. 500.000.000,-
  2. Khusus untuk usaha kecil menengah
  3. Jangka waktu pinjaman: 4 tahun untuk modal kerja), 5 tahun untuk kredit investasi
  4. Persyaratan administrasi: KTP, NPWP (jika meminjam dana KUR lebih daru Rp. 50 juta), Kartu Keluarga, Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan/Kecamatan setempat.
  5. Jaminan KUR disesuaikan dengan ketentuan BNI (Bisa jadi sertifkat rumah, tanah amuppn BPKB Motor dan mobil)
  6. Suku bunga 7% eff p.a per tahun

KUR TKI Bank BNI

  1. Plafon KUR TKI Maksimum : sampai dengan Rp. 25.000.000,-
  2. Calon peminjam adalah Calon TKI/TKI
  3. Tenor kredit disesuaikan dengan masa kontrak kerja, tapi maksimal 3 tahun
  4. Syarat administrasi, KTP, Kartu Keluarga, Surat ijin usaha
  5. Tidak diwajibkan melampirkan jaminan
  6. Tujuan negara penempatan : Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan, , Jepang (Diluar itu tidak disetujui)
  7. Suku bunga 7% per tahun

Ketentuan KUR BNI

  1. Calon debitur Tidak dalam menerima kredit usaha sejenis dari perbankan lain dan atau tidak sedang menerima Kredit Program dari Pemerintah. Tapi boleh jika kredit konsumtif seperti KPR dan kartu kredit)
  2. Memiliki riwayat kredit lancar berdasarkan hasil BI Checking
  3. Memiliki usaha aktif minimal 6 (enam) bulan dan lancar
  4. Debitur memiliki usia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  5. Tidak terdaftar dalam Blacklist Bank Indonesia
Tabel Angsuran KUR BNI
tabel angsuran kur bni
tabel angsuran kur bni

Diatas adalah gambaran tabel angsuran kur bni dengan plafon 500 juta dengan jangka 1, 2,3, 4 dan 5 tahun.

Penyaluran KUR BNI

Penyaluran KUR bank BNI memilikidua jenis, yakni Linkage Executing dan KUR linkage channeling. Kedua memiliki keuntungan dan kekurangan masing masing. Penerapan penyaluran KUR Linkage Executing  dana KUR yang diberikan oleh BNI dulu kepada Lembaga Keuangan (misal : Bank Perkreditan Rakyat & Koperasi Simpan Pinjam) untuk diteruspinjamkan kepada calon debitur atau pengguna akhir. Artinya ada pihak lagi dalam penyaluran dana. Namun kelebihanya, dana kur murni dari pihan Bank BNI. Hanya bisa diajukan lewat offline, atau kantor cabang langsung.

Ketentuan umum KUR Linkage Executing :

  1. Palfon KUR BNI disesuaikan dengan kebutuhan lembaga keuangan yang menjadi pihak ke 3.
  2. Usaha telah beroperasi minimal 3 tahun dengan 2 tahun terakhir laba positif.
  3. Ketentuan NPL gross disesuaikan dengan pihak BNI.
  4. Kredibilitas lembaga pihak dinilai baik oleh BNI.
  5. Ada Jaminan tambahan untuk lembaga linkage yang disesuaikan dengan ketentuan BNI.

KUR Linkage Channeling disalurkan oleh Lembaga Keuangan (Bank Perkreditan Rakyat & Koperasi Simpan Pinjam). Lembaga keuangan tersebut berfungsi sebagai agen dari pengguna terakhir yang mengajukan KUR. Kekurangannya proses pengajuan menjadi lebih panjang dan lama.

Ketentuan umum KUR Linkage Channeling.

  1. Jumlah Dana KUR yang diberikan sesuai kemampuan dan SDM lembaga linkage.
  2. Kredibilitas lembaga keuangan dinilai baik.
  3. Adanya Fee kepada lembaga linkage diaplikasikan sebagai agen penyalur. Bisa jadi ada biaya administrasi pada proses pengajuannya.
 Proses Cepat dan Mudah

Jangan lama lama kalau sudah pahan syarat dan cara mengajukan, serta tabel angsuran KUR BNI. Pinjaman ini bisa membantu anda dalam mengembangkan usaha kalian menjadi lebih besar. Dengan bunga rendah dan proses mudah kemungkinan tidak terlalu memberat kalian sebagai pelaku UMKM. Jika berminat dengan mengajukan kur bank Bni kalian bisa mengajukan langsung di kantor cabangBNI terdekat atau mengajukan KUR secara online (Appy KUR). Bagi yang masih bingung tentang KUR, kalian bisa menghubungi BNI Call 1500046 / 68888 untuk keterangan lebih lanjut.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.

Leave a Reply