Syarat Pendaftaran Beasiswa ASTRA S1 SMA SMP dan SD TA 2021/2022

Posted on

Tidak banyak orang yang beruntung untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke bangku perkuliahan. Banyak ragam faktor yang menjadi landasan. Salah satunya adalah faktor ekonomi. Tetapi jika Anda merupakan salah satu orang yang berprestasi di bidang akademik, maka kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan sangat memungkinkan. Yaitu dengan mengikuti beasiswa seperti program beasiswa astra.

Beasiswa Astra merupakan salah satu program beasiswa yang ditawarkan dari sekian banyak program yang sejenis. Kelebihannya tidak hanya bagi mereka yang sedang melanjutkan tingkat S1, tetapi bagi para pelajar SMA/SMK akhir dapat mencicipi beasiswa Astra untuk program D3. Untuk mengetahui lebih jelas, yuk disimak penjelasan di bawah berikut.

beasiswa astra

Profil Singkat Astra Group

Astra Internasional atau lebih dikenal dengan PT. Astra International Tbk, merupakan perusahaan investasi yang bergerak dibidan otomotif, jasa keuangan, alat berat, agribisnis, teknologi, informasi dan infrastruktur. Didirikan pada tahun 1957 oleh William Soerjadjaja dan dua orang lainnya yaitu Tjia Kian Tie dan Liem Peng Hong. Astra berpusat di kota Jakarta.

Awal mula ketika tahun 1957 memiliki nama PT. Astra International Incoporated, kemudian pada tahun 1990, persero mengubahnya menjadi PT. Astra International Tbk.

Program Beasiswa Astra untuk Pelajar dan Mahasiswa

Selain bergerak di bidang bisnis, PT. Astra pun melebarkan sayapnya untuk membantu kemajuan di bidang SDM. Dengan adanya beasiswa Astra, diharapkan agar dapat menciptakan SDM yang berkualitas, berdaya saing tinggi, inovatif serta mewujudkan untuk dapat berguna di masyarakat luas.

 Sama halnya dengan program-program beasiswa pada umunya, Astra juga mematok beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon penerima.

Beasiswa Untuk Pelajar dan Syaratnya

Jenjang SMA/SMK merupakan salah satu titik penentuan ke mana masa depan yang akan Anda jalani. Apakah akan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya atau kah memulai dengan mencari pekerjaan yang cocok.

Bagi Anda yang ingin meneruskan untuk belajar, Astra membuka kesempatan selebar-lebarnya pagi para pelajar yang sedang menempuh kelas akhir untuk mengikuti program beasiswa D3.

Namun, Sebelum mengetahui syarat apa saja, berikut adalah dua program beasiswa andalan dari PT. Astra International bag. Yaitu;

  1. Beasiswa Prestasi; diberikan kepada calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi PMB dengan hasil yang terbaik dari masing-masing studi.
  2. Program Beasiswa Peduli; diberikan kepada calon mahasiswa yang

Program di atas sama-sama memfasilitasi Anda selama tiga tahun dengan memberikan uang saku.

Dan ada beberapa program pilihan yang hanya dikhususkan bagi Anda yang mengikuti beasiswa di Astra. Yaitu;

  • Pembuatan peralatan dan perkakas produksi
  • Teknik produksi dan proses manufaktur
  • Manajemen informatika
  • Mesin otomotif
  • Mekatronika
  • Teknologi kontraksi bangunan gedung

Meskipun dengan program-program yang sudah disediakan di atas, Anda tidak perlu merasa khawatir. Karena, sekitar 60% lulusan Polman Astra akan diserap atau diajak bergabung di grup Astra. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari lagi pekerjaan ketika selesai kuliah atau untuk sekedar pekerjaan sambilan.

Adapun beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi sebagaimana seharusnya. Seperti;

  • Merupakan warga negara Indonesia
  • Maksimal usia 19 tahun lulusan SMA/SMK
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Nilai Matematika, fisika dan bahasa Inggris minimal 75 atau B di semester I-IV
  • Tidak sedang menerima program beasiswa lain
  • Fotokopi Akte dan Kartu Keluarga
  • Fotokopi Slip Gaji orang tua atau surat keterangan penghasilan
  • Surat keterangan tidak mampu dari pihak berwenang setempat
  • Foto
  • Dokumen rekening listrik bukan terakhir (dibawa ketika sesi wawancara)

Setelah itu, Anda akan melalui setidaknya empat tahap tes sebagai penyaringan para penerima beasiswa yang layak. Yaitu tahap admistrasi, tes tertulis, wawancara dan terkahir tes kesehatan.

Beasiswa untuk Mahasiswa S1 dan Syaratnya

Selain bagi pelajar, bagi Anda yang ingin menempuh S1, Astra juga memberikan kesempatan untuk program sarjana.

Biaya yang akan Anda dapatkan ketika mengikuti program ini adalah uang saku sebesar Rp. 5.000.000/semester selama satu tahun. Selain itu ada keuntungan lainnya seperti kesempatan untuk mengikuti program pengembangan skill serta peluang bekerja di Astra Group.

Beberapa syarat yang perlu Anda persiapkan di antaranya;

  • Data diri seperti KTP,
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Mahasiswa aktif dan terdaftar di pulau Jawa
  • Dari fakultas ekonomi dan teknisi
  • IPK minimal 3,00 yang dibuktikan dengan transkrip nilai
  • Aktif di berbagai organisasi bagi internal atau eksternal
  • Beberapa persyaratan mendukung lainnya.

Sama seperti tahap pelajar, bagi beasiswa sarjana juga akan melalui beberapa tahap sebelum diterima. Yaitu seleksi administrasi, tes psikologi, FGD dan wawancara.

Kiat-Kiat dalam Mendapatkan Beasiswa

Tentunya, program beasiswa menjadi salah satu jalur prestasi yang sangat banyak diminati hampir semua kalangan. Terlebih dengan mengikuti beasiswa, setidaknya Anda tidak perlu repot-repot memikirkan biaya untuk kebutuhan studi. Seperti biaya semester, biaya SKS atau buku-buku. Karena dari pihak penyelenggara tentunya akan memprioritaskan hal-hal penting tersebut.

Selain itu, pastinya akan menjadi persaingan ketat melihat banyak sekali peminat program beasiswa ini. Hanya saja, jika Anda dapat menerapkan beberapa kiat-kiat di bawah ini, tidak menutup kemungkinan keberuntungan akan memihak kepada Anda. Apa saja?

  • Miliki niat yang kuat. Niat menjadi salah satu penopang ketika Anda merasa sudah akan menyerah. Jika niat Anda sudah sekuat baja, maka rintangan seperti apa akan Anda lalui sebisa mungkin. Hal ini tentu akan menjadi value bagi diri Anda sendiri, karena telah mencapai hal yang diluar Anda duga bisa lakukan.
  • Perbanyak Belajar. Belajar tidak akan membuat Anda semakin miskin. Ilmu akan membuat Anda berguna di mana saja. Begitu pula untuk mengikuti program beasiswa Astra, tidak ada salahnya Anda belajar dahulu seperti apa program yang akan Anda ikuti, jurusan apa yang akan Anda ambil dan lain hal yang akan dapat membantu Anda di masa mendatang.
  • Sebagai seorang calon penerima beasiswa atau akan mengikuti beasiswa, banyak-banyaklah bertanya kepada orang-orang yang lebih paham. Anda bisa meminta pendapat terhadap guru studi yang berkaitan. Atau terhadap para alumni yang sebelumnya sudah pernah mengikuti beasiswa yang sama.
  • Mengikuti kegiatan-kegiatan positif baik di kampus atau di lingkungan sekolah. Jika kampus atau sekolah Anda sedang melakukan kegiatan seperti lomba yang terbuat untuk umum, baiknya Anda mengikuti acara tersebut. Karena jika Anda mendapatkan posisi juara saja, ini dapat menguntungkan untuk penilaian Anda selanjutnya.
  • Daftar Les bagi Pelajar. Jika Anda bingung dalam berkegiatan kelompok seperti organisasi, Anda dapat mengikuti les yang dapat menambah nilai akademik Anda. Seperti Matematika atau bahasa.
  • Lengkapi persyaratan yang diperlukan. Jangan lupa juga sertakan berkas yang sekiranya dapat menjadi pertimbangan pihak kampus. Anda bisa meminta saran pada alumni terkait persyaratan lain.
  • Jadilah pribadi yang jujur, tidak melebih-lebihkan keadaan yang Anda alami dan tidak pula berbohong. Kejujuran menjadi salah satu faktor kepercayaan yang penting bagi penerima beasiswa.

Pendaftaran

Untuk pendaftaran, silakan buka https://beasiswa.koperasi-astra.com/

Setelah mengetahui apa saja persyaratan mengenai beasiswa Astra, tidak ada salahnya untuk segera mencoba. Dan wujudkan mimpi yang Anda kejar selama ini.

Semoga dapat membantu.

Sekian.