Pinjam Uang 10 Juta Tanpa Jaminan Dari Kredit Ultra Mikro

Syarat dan cara mengajukan Kredit Ultra Mikro untuk bisa Pinjam uang 10 Juta Tanpa Jaminan
Syarat dan cara mengajukan Kredit Ultra Mikro untuk bisa Pinjam uang 10 Juta Tanpa Jaminan –rri.co.id

Anda butuh uang mendadak buat modal usaha? Tenang, Ada kabar baru dari Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Keuangan, tepatnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Pemerintah menyalurkan pembiayaan ultra mikro (UMi) yang khusus diperuntukkan kaum ibu ibu di Indonesia. Lewat  Kredit Ultra Mikro ini ibu ibu bisa pinjam uang 10 juta tanpa jaminan untuk modal usaha dengan bunga rendah. Syarat dan ketentuannya pun mudah, tidak serumit Kredit Usaha Rakyat, KUR yang merupakan Progam pembiayaan UMKM dari pemerintah sebelumnya. Bagi yang tertarik, bisa membaca syarat dan cara mengajukan Kredit Ultra Mikro yang telah panduanbank.com rangkum.

Alasan diluncurkannya Kredit Ultra Mikro oleh pemerintah Indonesia adalah selama ini KUR sebagai progam pembiayaan UMKM telah berjalan belum mampu menjangkau separuh yang ada. Padahal UMKM berperan menyumbang pendapatan negara cukup Besar. Berdasarkan data BPS, yang juga dilansir kompas.com, dari 61 juta UMKM di Indonesia, UMKM yang dapat mengakses KUR hanya sekitar 17 juta. Sebanyak 44 juta UMKM tidak bisa dilayani karena tidak punya jaminan atau agunan yang layak. Hal tersebut membuat pemerintah meluncurkan progam kredit untuk UMKM yang lebih mudah di akses, yaitu pembiayaan Umi, Kredit Ultra Mikro.

Apa Itu Kredit Ultra Mikro?

Pengertian Kredit Ultra Mikro, UMi adalah Kredit Pembiayaan UMKM dari pemerintah untuk membantu pelaku UMKM mengembangkan usahanya. Berbeda dengan sebelumnya, Lewat Ultra Mikro hanya memberikan pinjaman uang kepada ibu ibu. Kenapa hanya kalangan ibu? Karena umumnya ibu ibu lebih bisa dipercaya, lebih teliti dan disiplin dalam mengelola dana pinjaman. Ibu ibu bisa pinjam uang 10 juta tanpa jaminan. Objek jaminan sendiri berupa usaha yang dijalankan. Bunga kredit Ultra mikro sebesar 2-4 persen ke penyalur, sedangkan sampai ke peminjam sebesar 9-11%. Jangka waktu kredit maksimal 24 bulan atau dua tahun.

Calon peminjam dapat mengajukan ultra mikro di tiga lembaga yang ditunjuk sebagai tempat penyaluran UMi, yakni PT PNM dengan program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), Pegadaian serta PT Bahana Artha Ventura (BAV). Ketiga perusahaan merupakan lembaga non bank milih pemerintah. Ketiga lembaga tersebut akan mendapatkan dana sebesar Rp 1,5 triliun yang akan dibagi ke tiga perusahaan tersebut. Progam ini juga bentuk komitmen pemerintah yang ingin terus memberantas kemiskinan lewat bantuan modal ke pelaku usaha kecil yang selama ini belum merata.

Syarat dan Cara Mengajukan Kredit Ultra Mikro

Kalian bisa pinjam uang 10 juta lewat kredit ultra mikro, namun kalian juga harus memenuhi syarat dan ketentuan Ultra mikro berikut ini :

  1. Memiliki Usaha Kecil yang telah berjalan, minimal 6 bulan.
  2. Tidak sedang berhutang dalam bentuk apapun. Sebab bisa menambah beban si calon peminjam
  3. Belum pernah menerima Progam pembiayan pemerintah sebelumnya, Kredit Usaha Rakyat
  4. Maksimal aset yang dimiliki calon penerima manfaat UMi sebebsar Rp 300 juta setahun atau aset bersih senilai Rp 50 juta.
  5. Syarat administrasi : KTP dan Kartu Keluarga

Cara Pengajuan :

  1. Calon sudah memenuhi syarat dan ketentuan Kredit Ultra Mikro
  2. Mengisi formulir permohonan Umi ke salah satu lembaga penyalur (Bisa Pegadaian, Permodalan Nasional Madani dan Bahana Artha Ventura)
  3. Jika disetujui, Maka akan ada petugas yang mendatang anda di lokasi usaha. Selanjutnya akan ada pendampingan dan pelatihan dalam mengelola usaha agar bisa berkembang.
  4. Cara Pembayaran cicilan atau angsuran bisa langsung ke kantor cabang terdekat dimana anda melakukan pengajuan.
Ajukan UMI untuk bisa Pinjam Uang 10 juta Tanpa Jaminan

Walau pinjaman ultra mikro termasuk kecil, namun setidak dengan pinjam uang 10 juta, ibu ibu bisa mengembangkan usaha kecilan kecilan di rumah. Itung itung bisa mandiri mendapatkan penghasilan sampingan tanpa merepotkan suami. Di samping itu, pinjaman UMI ini adalah kredit pemerintah dengan bunga rendah, tidak seperti pinjaman bank dengan bunga tinggi dan dengan jaminan. Jika pun 10 juta masih kebesar, ibu ibu bisa pinjam sesuai kebutuhan. Bisa pinjam 500 ribu, 1 juta, 2 juta dan 5 juta dengan syarat KTP dan Kartu keluarga. Ayo ajukan, Jadilah ibu ibu jutawan dari usaha kecil.

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

error: Dibaca saja. Kalau mau save bookmark aja