Pengertian Mutasi Rekening Beserta Contoh dan Cara Melihatnya

Posted on

Bagi Anda yang sudah mengenal dunia perbankan dan melakukan transaksi di lembaga keuangan tersebut, pasti Anda juga sudah mengenal beberapa istilah yang ada disana, termasuk mutasi rekening. Nah, sebenarnya apa itu mutasi rekening? Bagaimana contoh dan bagaimana pula cara melihat atau cek tersebut dengan mudah? Berikut pembahasannya.

Mutasi rekening memang seringkali diperlukan untuk mengetahui jumlah debit dan kredit yang masuk. Anda bisa melakukan hal ini dengan mudah melalui ATM atau datang langsung ke kantor bank terdekat. Setelah itu, Anda bisa mengajukan langsung maksud dan tujuan Anda melakukan mutasi tersebut.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan mutasi rekening tersebut?

Mutasi rekening adalah semua catatan riwayat transaksi yang dilakukan nasabah di dalam tabungan yang ia miliki. Baik itu transaksi kredit maupun debit. Sehingga, Anda bisa mengetahui ada berapa jumlah uang yang masuk dan ada berapa uang yang keluar dari buku tabungan rekening Anda.

Berkat kemajuan teknologi yang begitu pesat, kini Anda bisa menikmati kemudahan fitur bank ini hanya melalui ATM. Dengan kata lain, ATM juga sekarang sudah bisa mengakses fitur mutasi rekening dan bisa dilakukan sendiri oleh Anda. Tentu saja hal ini sangat luar biasa dan membuat para nasabah menjadi lebih menghemat waktunya.

Dari penjelasan tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa mutasi rekening memiliki tujuan atau manfaat bagi para nasabah. Tujuan dan manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Tujuan dan Manfaat

Tujuan atau manfaat mutasi rekening adalah sebagai laporan atas seluruh aktivitas yang dilakukan oleh rekening tabungan. Mutasi ini dilakukan selama kurun waktu tertentu. Dan aktifitas yang dilakukan tersebut berupa dana keluar dan masuk.

Kemudian, juga sering disebut sebagai alat yang membantu kelancaran suatu bisnis, terutama bisnis online. Anda sudah pasti mengenal bisnis online, bukan? Dalam transaksi bisnis online, konsumen harus mengirimkan data transfer atas barang yang akan dia beli.

Lalu, penjual bisa melihat hasil transfer tersebut dengan melakukan mutasi rekening. Disana maka akan terlihat dengan jelas bahwasannya apabila ada catatan uang masuk, berarti konsumen tersebut telah melakukan transaksi dengan benar.

Dilihat dari manfaatnya tersebut sebagai perantara antara pebisnis online dan konsumen, maka dapat dilihat bahwa mutasi rekening sangat memberikan manfaat yang besar.

Sebagai Kontrol semua traksaski

Kemudian, tujuan dan manfaat mutasi rekening yang lainnya adalah sebagai kontrol atas semua transaksi yang telah dilakukan dan dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Apalagi bagi Anda yang lebih sering melakukan transaksi melalui internet, seperti internrt banking dan mobile bank .

Dengan adanya hal itu, tentu saja akan membuat segala transaksi menjadi aman dan terjamin. Anda akan dijauhkan dari orang-orang yang memiliki niat buruk seperti pihak yang lain yang menyalahgunakan rekening tanpa sepengetahuan Anda.

Itulah beberapa manfaat dan tujuannya. Masih banyak lagi sebenarnya tujuan dan manfaat yang bisa Anda rasakan. Selain itu, Anda juga sudah mengetahui apa itu mutasi rekening.

Contoh Mutasi Rekening yang Wajib Anda Ketahui

Setelah Anda mengetahui pengertian secara singkat dan jelas, kini Anda harus mengetahui contoh dari mutasi rekening tersebut. Contoh ini dimaksudkan agar Anda bisa mengetahui lebih dalan lagi.

Contohnya bisa Anda lihat di gambar yang telah disediakan diatas. Mutasi berbentuk kertas yang berisi informasi seputar transaksi pengeluaran serta pemasukkan yang telah Anda lakukan. Dengan mutasi ini, Anda bisa melihat aktivitas transaksi yang dilakukan. Sehingga membuat Anda mengerti bahwa Anda sudah melakukan transaksi sepeeri itu.

Contoh mutasi rekening sangat berguna apabila ada kekeliruan dalam melakukan transaksi. Anda bisa memperlihatkan mutasi tersebut sebagai bentuk bukti untuk meluruskan permasalahan yang sedang terjadi.

Cara Melihat Mutasi Rekening Dengan Mudah dan Aman

Nah, di pembahasan kali ini Anda akan mengetahui bagaimana cara melihat mutasi rekening yang mudah dan juga aman. Hebatnya, Anda tidak perlu lagi datang ke bank hanya sekedar melakukan mutasi. Sekarang Anda bisa melakukannya melalui ATM, SMS Banking, Mobile Apk, dan kemudahan lainnya.

Penasaran seperti apa caranya? Berikut ini merupakan cara yang mudah Anda lakukan.

Melalui Cetak Buku Tabungan

Cara melihat mutasi rekening yang pertama ini merupakan cara yang selalu dilakukan seperti biasanya oleh kebanyakan orang. Jika Anda melakukan cara ini, maka Anda harus datang ke kantor bank terdekat pada jam kerjanya. Jangan lupa untuk membawa surat-surat pendukung lainnya, seperti KTP, Buku Tabungan serta ATM-nya sendiri.

Setelah Anda sampai ke kantor bank terdekat, maka Anda bisa langsung mendatangi Teller dan mengatakan maksud dan tujuan Anda, yaitu ingin mencetaknya untuk keperluan kredit atau apa. Maka, Teller akan melakukannya dengan cepat dan semua transaksi yang telah Anda lakukan akan terlihat, bukan hanya transaksi terakhir saja. Mudah sekali, bukan?

Melalui Mesin ATM

cek mutasi rekening bri

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk melihat mutasi rekening terakhir adalah dengan melalui mesin ATM. Hanya saja, jika Anda melakukan mutasi rekening melalui mesin ATM, maka yang akan terlihat hanya 5 transaksi terakhir saja. Dengan kata lain, tidak semua transaksi dari awal akan termutasi.

Jika Anda ingin melakukan mutasi rekening melalui ATM, maka beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah memasukkan terlebih dahulu kartu ATM ke mesin ATM. Lalu, pilih bahasa Indonesia dan klik lanjutkan. Setelah itu, akan ada tampilan untuk memasukkan Pin Anda, silakan masukan dengan cara menutupinya memakai tangan agar tidak ada orang yang melihat.

Jika sudah, silakan Anda klik transaksi lainnya dan pilih info rekening lalu klik mutasi rekening. Tunggu beberapa detik saja dan struk yang berisi transaksi terakhir akan otomatis keluar dari mesin ATM. Cara ini cukup mudah dan Anda tidak perlu capek-capek harus pergi ke kantor Bank yang bersangkutan.

Melalui SMS Banking

Cara melihat mutasi rekening yang selanjutnya lebih simple dan mudaj sekali untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa harus pergi ke ATM dan kantor banknya sendiri. Namun, sebelum melakukan cara ini, Anda harus mendaftarkan nomor telepon Anda terlebih dahulu melalui ATM atau kantor bank sendiri. Jika sudah terdaftar, maka Anda bisa melakukan cek mutasi tersebut hanya melalui SMS Banking.

Untuk melakukan pengecekkan mutasi rekeningnya, maka Anda bisa melakukannya dengan cara ketik Mutasi (spasi) PIN lalu kirim ke 3300. Tunggu beberapa saat untuk menunggu jawaban yang berisi informasi seputar transaksi yang telah Anda lakukan. Namun, jika Anda menggunakan cara ini, maka Anda harus siap keluar biaya sebesar Rp.660 untuk biaya pengiriman SMSnya.

Melalui Mobile Aplikasi

Dari beberapa cara melihat mutasi rekening, maka cara ini merupakan salah satu cara efektif dan termudah yang bisa Anda lakukan. Yaitu, Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Play Store, dan mendaftarkan nomor telepon Anda.

Jika sudah, maka Anda bisa langsung melakukan mutasi rekening dengan cara membuka aplikasi mobilenya terlebih dahulu, lalu pilih info dan pilih info mutasi. Setelah itu, masukkan PIN Anda dan klik send. Maka, informasi seputar transaksi Anda akan otomatis terkirim ke nomor yang telah Anda daftarkan. Tentu saja, cara ini akan membuat pulsa Anda terpotong karena telah memasukkan nomor yang Anda daftarkan.  

Melalui Internet Banking

Dan cara terakhir adalah melalui internet banking. Anda bisa melakukan cara ini dengan mengunjungi browser terlebig dahulu. Lalu, masuklah ke situs internet banking dan masukkan user ID juga password yang Anda miliki. Selanjutnya, masukkan angka validasi dan klik login.

Jika sudah melakukan login, maka Anda klik menu yang berada di pojok kiri atas atau garis tiga. Silakan pilih rekening dan pilih mutasi rekening. Selanjutnya, akan ada kolom rekening dan masukkan kolom rekening yang ingin Anda lihat. Jika sudah, silakan pilih periode mutasi yang ingin Anda lihat lalu klik tampilkan.

Simpulan

Bagaimana, mudah sekali bukan? Kini, Anda sudah mengetahui apa itu mutasi rekening, contoh dan cara melihat atau ceknya lewat ATM, SMS Banking, Internet Banking dan aplikasi mobile . Jadi, dapat disimpulkan bahwa mutasi rekening merupakan laporan transaksi yang akan ditampilkan lengkap dengam pengeluaran dan masukkan yang telah Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.