bunga-pegadaian-emas-per-bulan-
bunga-pegadaian-emas-per-bulan-

Menghitung Bunga Pegadaian Emas Per bulan 2019, murah?

Posted on

Gadai emas pegadaian tapi masih ragu berapa bunga pegadaian emas per bulan? Wajar, jika baru pertama kali menggadaikan emas sebab bunga disetiap lembaga keuangan berbeda beda, apalagi PT Pegadaian merupakan lembaga keuangan non bank. Sedang PT Pegadaian dengan rumah gadai saja berbeda mengenai tarif sewa modal ata bunga per bulan. Tulisan ini mungkin akan memberitahu soal hal tersebut, beserta contoh cara perhitungan bunga gadai emas. Simak ya.

bunga pegadaian emas
bunga gadai emas

Pertama, perlu kalain ketahui, setiap layanan pegadaian menerapkan aturan yang berbeda, termasuk tarif sewa modalnya. Khusus kredit emas atau gadai emas di pegadaian ada layanan khusus yang mengurusinya, yakni KRASIDA. Krasida kependekan dari Kredit Gadai Sistem Angsuran. Layanan ini menurut laman resmi pegadaian adalah kredit angsuran bulanan yang diberikan UMKM untuk pengembangan usaha dengan sistem gadai. KRASIDA hanya menerima agunan berupa perhiasan emas dan kendaraan bermotor sebagai jaminan gadai untuk mendapatkan modal pinjaman.

Keuntungan KRASIDA Pegadaian

  • Beberapa keuntungan menggunakan layanan krasida pegadaian,
  • Plafon kredit bisa mencapai 95% dari nilai taksiran agunan berupa emas.
  • Kalain bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp.1,000,000,- hingga Rp.250,000,000,- dengan jangka waktu 6, 12, 24, 36 bulan.
  • Sewa Modal atau bunga relatif lebih murah dengan angsuran tetap per bulan denga krasida. Inilah salah satu keunggulan yang akan kita bahas bersama mengenai berapa bunga pegadaian emas perbulan.

Aturan Tarif sewa modal atau bunga pegadaian emas

Aturan tarif sewa modal atau bunga pegadaian emas per bulan ditentukan dari lama pinjaman, seperti point aturan dibawah ini :

  • Tarif sewa modal dengan jangka waktu peminjaman 6-12 bulan, yaitu sebesar 1.25% x UP (uang pinjaman).
  • Untuk jangka waktu pinjaman 13-24 bulan sebesar 1.30% x UP.
  • Untuk jangka pinjaman waktu 25-36 bulan sebesar 1.40% x UP.

Jadi besaran bunga pegadaian emas per bulan itu tetap, namun bisa jadi berbeda dengan nasabah lain karena mungkin beda jangka waktu pinjamannya. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa memahami contoh perhitungan bunga

Contoh dan cara menghitung bunga pegadaian emas

Andi gadai emas di pegadaian senilai 25 gram selama 12 bulan. Emas tersebut ditaksir menjadi 25 juta. Berapa bunga pegadaian emas?

Pembahasan = krasida merupakan layanan gadai dengan sistem angsuran, artinya bisa diangsur. Namun kalian juga dibebaskan untuk melunasi kredit kapanpun selama jangka waktu pinjaman. Besarannya hanya 1,25% x uang pinjaman sebesar 25 juta. Jadi sebesar 312.500. Ini jika sekali bayar, namun jika diangsuran maka sisanya tingga dikali 1,25 % saja. Sampai disni paham kan?

Jika belum paham tanya kepada petugas pegadaian untuk menjelaskan secara detail mengenai bunga pegadaian emas per bulannya berapa berdasarkan nilai plafon yang kalian ambil. Karena bisa jadi aturan pegadaian update dan berupah.