Rincian Biaya Administrasi KUR Mandiri BRI BNI dan BPTN

Posted on

Katanya pengajuan KUR tidak dikenakan biaya administrasi KUR, benarkah demikian? Dilansir dari website resmi bri.co.id, KUR bebas biaya administrasi dan provisi untuk jenis KUR mikro, sementara jenis KUR kecil terdapat biaya administrasi, itupun masih tergolong murah. Beberapa website mandiri, BNI dan BTN pun menyebutkan demikian, tidak dikenakan biaya.Hal ini karena KUR adalah progam pemerintah, Bank hanya sebagai penyalurnya.

KUR, atau kependekan dari Kredit Usaha Rakyat adalah progam pembiayaan dari pemerintah untuk pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil & Menengah) yang disalurkan oleh bank. Dana pembiayaan tersebut diharapkan bisa digunakan untuk pengembangan UMKM yang dalam jangka panjang menstimulasi perkembangan ekonomi secara umum. Di tambah, Bunga KUR yang realtif murah hanya 6% per tahun. Sementara untuk jenis Mikro, pelaku usaha tidak perlu jaminan untuk mengajukannya. Objek jaminannya adalah usahanya.

biaya administrasi KUR MANDIRI BRI

Biaya Administrasi KUR berbagai Bank

Di lapangan, aturan tidak mesti sesuai dengan yang dilaksanakannya. Meski bebas Biaya administrasi dan provisi, kadang dilapangan pemohon KUR banyak yang dimintai biaya administrasi. Hal tersebut memang diluar kendali pemerintah, bank sebagai penyalur pun kadang tidak menyadari hal hal seperti itu. Namun pada intinya, biaya administrasi kur masih tergolong rendah.

Bank PenyalurBiaya administrasi
BRIBebas biaya
Mandiribebas biaya
BNI10.000 – 150.000
BTPN10.000 – 100.000

Selain bank penyalur diatas masih banyak bank swasta nasional yang menyalurkannya seperti BCA, atau melalui bank bank daerah seperti Bank jateng, bank jatim dan BJB.

Selain biaya administrasi KUR, ada biaya provisi yang juga dibebaskan. Lalu ada biaya apa lagi kedepannya sampai proses pencairan bahkan pelunasan?

Biaya Asuransi

Biaya asuransi adalah pilihan bagi nasabah. Jika diambil akan menambah beban angsuran perbulan. Jika tidak, Anda tidak mendapatkan cover asuransi jika suatu saat terjadi musibah sehingga anda tidak bisa melunasinya. Dengan cover asuransi, nantinya jika terjadi apa apa, asuransi yang akan melunasinya. Besar biaya asuransi sangat tergantung dengan jumlah plafon yang diambil dan perusahaan asuransi yang diambil. Jika di BRI kemungkinan besar adalah BRI life.

Biaya Denda Keterlambatan

Untuk kedisiplinan kreditur agar tetap mengangsur, Bank penyalur akan mengendakan denda sekian persen bagi kreditur yang terlambat membayar.Biaya denda keterlambatan membayar angsuran setiap bank berbeda, misal BNI mengenakan denda 5% dari sisa tertunggak, Mandiri dan BRI 3% dan BTPN sebesar 4%. Untuk menghindari beban denda ini, diharapkan kreditur membayar tepat waktu.

Biaya Administrasi KUR Pelunasan dipercepat

Jika anda pengen melunasi pinjaman kur lebih awal, Anda akan dikenakan biaya pelunasan dipercepat. Umumnya bank penyalur KUR akan mengenakan biaya sebesar 5% dari sisa pokok pinjaman. Kejadian ini memang jarang terjadi, justru yang top pinjaman mungkin banyak. Mungkin hanya beberapa yang sukses dengan modal KUR yang bisa melunasinya lebih awal.

Biaya materai

Jangan fokus sama biaya administrasi KUR saja. Materai dibutuhkan  untuk persetujuan-persetujuan  kredit. Umumnya membutuhkan beberapa materai sampai pada pencairan. Jadi tinggal dikalikan saja dengan harga materai. Untuk saati ini matrerai yang berlaku adalah materai 10.000. Materai 6000 dan 3000 tidak berlaku lagi sejak tahun 2021, namun keduanya bisa digunakan dalam  bersamaan agar bisa setara 10.000.

Baca : Syarat pengajuran KUR BRI agar dipermudah

Apakah ada biaya lagi? Seperti yang diatas disebutkan. Biasanya biaya yang paling besar dalam pengajuan adalah biaya proses atau provisi. Biaya provisi adalah  biaya balas jasa ke bank karena disetujuinya pinjaman, bisa juga disebut biaya persetujuan. Namun dalam KUR, biaya provisi dibebaskan. Jadi aman.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.