Cara Menabung Emas di BSI Mobile

Posted on

Bagaimana cara menabung emas di BSI? Perlu kalian ketahui, bagi nasabah yang ingin menabung emas di Bank Syariah Indonesia, Susah ada fitur e mas di aplikasi BSI mobile. BSI mobile adalah platform resmi dari BSI berbasis aplikasi untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Lewat BSI mobile, nasabah bisa buka rekening online, transfer, nabung, investasi sampai fitur yang terbaru adalah tabungan emas.

Setiap nasabah tabungan BSI bisa mendapatkan layanan BSI mobile, tetapi harus melakukan pendaftaran atau aktivasi terlebih dulu sebelum menikmati layanannya. Aktivasi bisa dilakukan unit cabang kantor terdekat, bisa juga lewat ATM. Bagi yang bukan nasabah tabungan BSI, tentu harus buka rekening BSI. Sebab syarat daftar bsi mobile adalah memiliki salah satu tabungan dari BSI.

Cara Menabung Emas BSI

Setelah memiliki ID dan pin aplikasi BSI mobile, Anda bisa langsung menabung emas sedikit demi sedikit menyesuaikan budget. Nasabah bisa mulai menabung mulai dari 0,05 gram. Jika dirupiahkan hanya setara dengan 50 ribu saja. Pembelian emas dipotong dari saldo tabungan langsung, jika saldo tabungan kosong bisa menabung terlebih dahulu ya.

cara menabung emas di BSI

Cara menabung emas di BSI Mobile

  1. Buka aplikasi BSI mobile, masuk menggunakan ID dan pin anda
  2. Pilih menu Emas, kemudian pilih beli
  3. Masukan  nominal uang yang ingin beli, nanti akan langsung bisa diketahui berapa gram emas yang  dibeli.
  4. Klik beli,
  5. Masukan password transaksi, klik ok

Begitulah cara menabung emas di BSI mobile, jika ingin menabung lagi, lakukan secara berulang menyesuaikan saldo atau budget yang ada di saldo tabungan nasabah.

Cara Menjual Emas di BSI mobile

Jika merasa emas sudah terkumpul, tetapi Anda butuh uang untuk memenuhi kebutuhan. Nasabah  bisa menjual emas langung di aplikasi BSI Mobile. Caranya sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi BSI mobile
  2. Klik menu Emas, kemudian klik jual
  3. Masukan nominal emas atua uang yang ingin dijual
  4. Klik jual, masukan pin transaksi
  5. Selesai

Cara Mencetak Emas Fisik

Jika sudah ada target untuk dicetak, Anda bisa mencetak emas yang anda tabung menjadi emas fisik. Minimal cetak emas fisik adalah 1gram. Pilihan cetak emas bisa 1, 5, 10, 50, 100 dst. Caranya sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi BSI mobile, klik menu emas
  2. Klik cetak fisik emas.
  3. Masukan  nominal emas yang akan dicetak. Nominal harus bulat atau genap, Misal 100 gr, bukan 112 ya.
  4. Klik cetak
  5. Pilih outlet pegadaian /Unit cabang BSI dimana anda mau mengambil emas fisik tersebut. Usahakan outlet yang dekat dari rumah.
  6. Klik selesai

Pihak pegadaian/ unit cabang Bank akan menghubungi Anda lewat notifikasi aplikasi BSI mobile ketika sudah siap diambil. Umumnya lama pencetakan dari permohonan membutuhkan waktu 7-14 hari kerja. Percetakan emas fisik juga dikenakan biaya administrasi, mengenai besar per cetak tergantung dari berapa gram emas yang akan dicetak.

Bisakah tanpa menabung emas di BSI tanpa BSI mobile?

Bisa, tetapi akan sangat ribet, karena harus bolak balik ke kantor BSI atau ke ATM untuk menabung emas.

Apa beda tabungan Emas dan Cicil gadai?

Tabungan emas BSI adalah bentuk tabungan yang bisa dikumpulkan sedikit demi sedikit lewat BSI Mobile. Sementara Cicil Gadai BSI adalah Kredit kepemilikan emas, dimana Anda membayar angsuran tiap bulan untuk memiliki emas. Kemudian emas dijaminkan sampai angsuran lunas. Jelas beda yah..

Itulah gambaran cara menabung emas di BSI mobile sedikit demi sedikit agar bisa mendapatkan fisik emas. Kita sebagai nasabah tidak perlu repot bolak balik ke bank, dan bisa dikumpulkan denganĀ  minimal 50 ribu saja. Sekian, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.