Cara pengajuan KUPEDES BRI
Cara pengajuan KUPEDES BRI

Syarat dan Tabel Angsuran KUPEDES BRI 2019

Posted on
Cara pengajuan KUPEDES BRI
Cara pengajuan dan tabel angsuran KUPEDES BRI -sumber :satelitpost.com

KUPEDES BRI adalah salah satu produk pinjaman BRI dengan bunga kompetitif yang ditujukan kepada masyarakat umum untuk semua sektor ekonomi baik individual (perorangan) maupun badan usaha. BRI selaku Bank milik pemerintah ini memang cukup variatif untuk menjadi pilihan tempat pinjam uang tanpa atau dengan jaminan. Berbagai aset dan surat berharga bisa kalian gunakan untuk jaminan, seperti sertifikat rumah, tanah, AJB, BPKB motor serta mobil. Kalian juga bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Bagi yang butuh dana tunai cepat kalian bisa capcus ke kantor cabang Bank BRI terdekat dengan cara gadai salah aset kalian miliki.

Bank BRI tidak hanya menyediakan KUPEDES untuk mendapatkan dana tunai. Kalian bisa juga memilih pinjaman dalam bentuk Kredit  tanpa agunan (KTA) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Namun, Keduanya membutuhkan persyaratan dan ketentuan yang kadang tidak bisa terpenuhi bagi nasabah. Sedangkan pinjaman ini tidak memerlukan syarat yang tidak terlalu memberatkan. Sebab, Bagi nasabah yang memiliki latar belakang seorang pengusaha kecil misal pedagang dan petani bisa mengajukan pinjaman tanpa memiliki izin usaha legal. Nasabah cukup memberikan surat keterangan usaha (SKU) dari kelurahan atau desa setempat.

Bagi nasabah non pengusaha bisa mengajukan menggunakan jaminan tanpa persyaratan penghasilan perbulan yang dibuktikan slip gaji. Asal sudah memiliki KTP dan punya agunan kalian bisa mengajukan pinjaman Kupedes BRI. Selain itu, dana yang cair bisa digunakan untuk berbagai keperluan baik produktif seperti untuk modal usaha dan investasi, atau keperluan konsumtif seperti pembelian motor, mobil, renovasi rumah, pengobatan dan biaya pendidikan anak.

Keunggulan KUPEDES BRI

Cara mengajukan kupedes selain syaratnya mudah, kalian tidak dikenai biaya provisi dan biaya administrasi ringan, hanya sebesar Rp 10 ribu. Pengajuan pinjaman dengan jaminan tidak harus berupa agunan yang bersertifikat. Artinya kalian bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan apapun yang memiliki nilai asset tinggi. Angsuran bisa disesuaikan dengan kemampuan, bisa dengan bulanan atau musiman. Misal disesuaikan dengan tanggal setelah kalian gajian.

Bagi debitur yang angsurannya dibayar tepat waktu akan mendapatkan bonus. Bonus tersebut bisa berupa keringanan maupun dalam bentuk lain yang ditentukan oleh pihak Bank BRI. Nasabah akan memperoleh asuransi jiwa kredit. Asuransi jiwa kredti berupa jenis asuransi jiwa, kesehatan, kecelakaan, dan meninggal dunia. Artinya, jika suatu saat nanti saat pelunasan terjadi musibah yang membuat nasabah meninggal atau sakit parah, sisa pinjaman akan dicover asuransi.

Bunga, Jangka Waktu dan Besaran Dana yang cair

Berapa sih bunga Kupedes BRI? Berdasarkan lama resminya, bri.co.id bunga yang ditetapkan dalam pinjaman sebesar 17,50%  per tahun atau 1,4% Per bulan. Bunga ini relatih rendah dibandingkan pinjaman sejenis lainnya, namun sedikit tinggi dari KUR BRI yang hanya 9% per tahun. Jangka waktu yang diberikan cukup variatif, dari mulai 6, 12, 18, 24 dan 48 bulan. Besaran dana yang cair minimal 5 sampai 200 juta tergantung nilai jaminan yang digadaikan.

Syarat dan Cara mengajukan KUPEDES BRI

Walau mudah diakses, bagi kalian yang menginginkan pinjaman uang Bank BRI tetap memperhatikan syarat dan ketentuan serta bagaimana cara mengajukan pinjaman KUPEDES BRI. Agar dalam proses pengajuannya bisa langsung diterima tanpa ketinggalan salah satu syarat yang harus dipenuhi. Berikut syarat-syaratnya:

  1. Calon nasabah melampirkan legalitas usaha, minimal surat keterangan usaha dari Kepala Desa / Lurah / Pasar setempat
  2. Pengalaman usaha minimal 1 tahun atau usaha sudah berjalan aktif selama satu tahun.
  3. Melampirkan dokumen identitas diri KTP / SIM sendiri dan suami/istri dan Kartu Keluarga.
  4. Melampirkan bukti jaminan pinjaman (Bisa sertifikat rumah, tanah, apartemen, BPKB motor dan mobil)
  5. Surat domisili (Bila mengajukan dikantor cabang yang tidak sesuai dengan identitas resmi KTP)

Cara meminjam

  1. Silakan datang dan ambil antrian di CS BRI yang cantik dan ganteng.
  2. Utarakan maksud kalian datang. Dalam hal ini adalah pengajuan pinjaman KUPEDES BRI.
  3. Kemudian, kalian disuruh untuk mengisi formulir permohonan dan melamprikan seluruh persyaratan yang ada. Termasuk bila memakai jaminan.
  4. Proses persetujuan membutuhkan waktu 3-7 hari kerja, sesuai daftar antrian.
  5. Jika disetujui, pihak bank akan menghubungi kalian untuk menandatangani akad/perjanjian kredit.
  6. Dana pinjaman akan cair dalam beberapa jam setelah penandatanganan perjanjian.
Tabel Angsuran Kupedes BRI
tabel angsuran kupedes BR
tabel angsuran kupedes BR

Sebagai gambaran, silakan perhatikan tabel angsuran kupedes BRI terbaru.

Pertimbangkan lagi, pinjam atau tidak?

Setelah pencairan, kalian hukumnya wajib membayar angsuran per bulan. Kalian bisa membayar angsuran sesuai tabel angsuran kupedes BRI yang telah ditetapkan sesuai jangka waktu dan besaran dana yang cair melalui kantor cabang langsung atau agen laku pandai BRILINK. Jika kredit macet, resikonya berupa jaminan yang ada akan dicabut oleh pihak Bank dengan sebelumnya dengan prosedur surat peringatan. Aja wani wani nek ora wani, aja wedi wedi nek wedi.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.

2 thoughts on “Syarat dan Tabel Angsuran KUPEDES BRI 2019

  1. Maaf pak aku mau mengajukan KUR tanpa tanggungan kira2 bisa tidak ? Sy karyawan tetap..kue ini buat istri dagang di rumah,mohon bantuannya…

Leave a Reply