Pinjaman uang tanpa jaminan di bank - KTA
Pinjaman uang tanpa jaminan di bank - KTA

KTA BRI Nonpayroll 2019 Untuk Karyawan

Posted on
Pinjaman KTA BRI nonpayroll
KTA BRI nonpayroll

Kebutuhan hidup di dunia memang  berasa seperti tidak ada cukupnya. Selalu ada saja kebutuhan mendesak diluar kebutuhan sehari hari. Sering kali kebutuhan tersebut membutuhkan dana besar diluar kemampuan kita . Di sisi lain keadaan ekonomi masih belum stabil, tak punya tabungan dan bahkan untuk mencukupi kebutuhan sehari hari saja tidak cukup. Kalau sudah begitu, lain tidak lain adalah mengambil jalan singkat dengan cara pinjam uang di bank. Sekalipun banyak yang mensyaratkan sebagai nasabah payroll atau penyaluran gaji lewat bank tersebut, namun tetap ada yang memberikan. Hanya saja ada syarat tambahan. Salah satunya adalah KTA BRI nonpayroll. KTA ini diperuntukan untuk karyawan, PNS maupun pengusaha.

Pinjaman uang memang bukan solusi terbaik. Apalagi pinjaman yang bukan  dari lembaga terpercaya seperti pinjaman pribadi dan rentenir yang tidak jelas hukumnya. Jika iya, ingin pinjam uang sebaiknya ditempat penyedia pinjaman yang memiliki ketentuan hukum yang jelas. Bank bisa menjadi pilihan tempat pinjaman terpercaya. Di Bank kalian bisa meminjam uang dengan jaminan aset berharga seperti  sertifikat rumah, tanah dan BPKB motor atau mobil. Selain itu ada kredit tanpa agunan  atau lebih dikenal dengan KTA Bank yang cocok buat kalian yang ingin pinjam uang tanpa jaminan.

Indikator KTA Bank yang rekomended

Hampir semua bank mengeluarkan produk pinjaman KTA, dari mulai bank nasional seperti BNI, BRI dan Mandiri maupun bank swasta seperti BCA, CIMB Niaga dan Danamon. Termasuk KTA BRI Nonpayroll yang akan diajukan nanti. Setiap KTA dari masing masing Bank memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun ada beberapa indikator yang menunjukan bahwa KTA Bank lebih baik dari KTA lainnya. Seperti indikator indikator berikut ini:

Tingkat Suku Bunga

Pertama yang harus kalian perhatikan dalam meminjam di bank adalah tingkat suku bunga. Sekalipun kalian bisa mengajukan pinjaman tanpa jaminan namun kalau tingkat suku bunga tinggi itu sama saja bunuh diri finansial. Sebelum pinjam baiknya kenal produk produk KTA masing masing dari diskripsi produk sampai syarat dan ketentuannya, termasuk tingkat suku bunga di dalamnya. Usahakan KTA yng kalian pilih adalah KTA bunga terendah sehingga tidak terlalu membebani kalian dalam mengangsur cicilan per bulan.

Batas Usia Calon Peminjam

Umumnya bank membatasi  usia calon minimal 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal umur 55-60 saat pelunasan pinjaman berakhir. Jadi harus perhatikan benar benar, jangan sampai hidup kalian dikekang oleh angsuran atau meninggalkan beban angsuran kepada anak ketika kelak meninggal belum bisa lunas. Jadi maaf, kalau yang belum memenuhi usia tersebut. Jangan coba coba pinjam. Pasti ditolak karena alasan umur.

Batas Penghasilan

Sekalipun KTA mempermudah kita mendapatkan pinjaman tanpa gadai aset berharga. Tapi bukan berarti pihak Bank tidak memberi syarat dan ketentuan. Justru karena tanpa jaminan biasanya Bank akan memberatkan syarat minimal penghasilan. Sebagian besar Bank mensyaratkan minimal penghasilan 3- 4 juta. Bagi yang penghasilannya dibawah batas tersebut tidak akan diterima jika mengajukan KTA ini.

Tenor dan Limit Pinjaman

Pihak bank tidak akan memberi tenor lama pada produk KTAnya. Waktunya tidak selama dengan pinjaman dengan jaminan. Sebab bank tidak mau menanggung resiko ketika kredit macet terlalu lama dan tidak ada jaminan yang dicabut. Selain itu limit pinjaman terbatas. Tidak seperti pinjaman jaminan. Ada batas batas pinjaman yang disesuaikan dengan kemampuan mengembalikan dari si calon peminjam.

Syarat lain yang dikorbankan

Bank akan mengalihkan jaminan berupa benda benda penting dalam perjalanan karir si peminjam. Misal ni bagi peminjam dari kalangan pegawai dan karyawan. Bank akan mensyaratkan SK Pegawai atau  karyawan tetap. Bagi pengusaha biasanya adalah legalitas usaha. Calon nasabah yang berlatar belakang pengusaha harus melengkapi legalitas usaha seperti SIUP, TDP, laporan keuangan serta surat izin lainnya, seperti halnya pada pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diberikan pemerintah.

Payroll

Tidak semua nasabah bisa mengambil KTA Bank. Apalgi jika pinjaman tersebut termasuk dalam kategori payrolll. Yakni Kategori pinjaman yang mensyaratkan calon nasabah memiliki pembayaran penghasilan lewat bank tersebut atau memiliki Kartu kreditnya. Walau begitu, ada juga bank yang menyediakan KTA non payroll bagi yang ingin pinjam uang tanpa jaminan. Salah satunya KTA BRI nonpayroll

Pilih KTA terbaik, Terpecaya dan bunga rendah

Berikut produk produk KTA pilihan yang ingin pinjam uang tanpa jaminan di Bank.

Produk KTA BRI

BRI selaku Bank milik BUMN menyediakan berbagai pinjaman, termasuk KTA BRI. Ada tiga jenis KTA BRI sesuai dengan kebutuhan calon nasabah :

  1. BRIGuna Karya
    KTA Briguna karya ditujukan kepada Aparatus Sipil Negara (ASN). Tenor yang diberikan sampai 15 tahun (180 bulan) atau batas umur debitur saat pelunasan pinjaman berakhir maksimal 75 tahun
  2. BRIGuna Purna
    KTA BRI yang ditujukan untuk pensiunan ASN maupun karyawan. Limit pinjaman yang didapatkan disesuaikan dengan kemampuan debitur dengan pertimbangan besar uang pensiunan.
  3. BRIGuna Umum
    Briguna umum ditujukan kepada karyawan tetap diluar ASN dan BUMN. Syarat dan ketentuan dengan BRIGuna karya, hanya segmen pasarnya saja yang beda.
Syarat syarat kta bri nonpayroll
  • Fotocopy eKTP (suami-istri), KK, Surat nikah/cerai
  • Slip Gaji
  • Fotocopy Credit Card khusus untuk nasabah nonpayroll
  • Fotocopy Rekening Tab. 3 bulan terakhir –
  • NPWP
  • Pas Foto 4×6
  • SK Pengangkatan Kerja dan SK Terakhir/ SK pensiun bagi pensiunan sesuai jenis KTA BRI
Bandingkan dan sesuaikan dengan kemampuan Finansial

Dari ketiga KTA BRI nonpayroll diatas sesuaikan dengan proses anda. Jika anda karyawan aktif gunakanlah BRIGUNA UMUM atau karya. Kemduian jangan lupa kartu kreditnya. Sebab kartu kreditlah yang membedakan KTA BRI Payroll dan non payroll. Bisa dikatakan sebagai syarat tambahan bagi calon nasabah. Nasabah kartu kredit bisa dari penerbit lain maupun dari BRI. Silakan manfaatkan semoga beruntung

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.

Leave a Reply