Cara Ganti PIN ATM BRI Yang Lupa atau Terblokir

GANTI PIN ATM BRI
GANTI PIN ATM BRI

Sekarang ini sudah banyak masyarakat yang memiliki fasilitas kartu ATM BRI. Selain memudahkan untuk proses Transaksi tanpa harus pergi ke Bank, Kartu ATM juga mesti dijaga keamannya dengan mengganti pin ATM BRI secara rutin maksimal 3 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk melindungi kartu ATM BRI Anda dari hal-hal yang tidak di inginkan. Dan dengan mengganti pin ATM secara rutin, maka kartu ATM BRI Anda akan terjaga dengan aman. Begitu juga karena faktor lupa sehingga terblokir. Lalu bagaimana cara ganti pin atm BRI yang lupa, terblokir atau secara sengaja? Berikut penjelasannya.

PIN (Personal Identification Number) terdiri dari 6 digit angka yang berfungsi untuk mengamankan kartu ATM. Sehingga kartu debit itu tidak bisa disalahgunakan orang yang tidak bertanggung jawab selama tidak memiliki pinnya. Oleh karena itu, buatlah pin yang susah ditebak dan jangan beri tahu kepada siapapun.

Bagaimana cara membuat pin yang tidak mudah ditebak?

Pertama, Anda cukup membuat nomor acak yang cukup rumit. Agar tidak lupa, catatlah nomor pin tersebut di sebuah buku yang tanpa oranglain tahu. Hindari penggunaan angka urut, kembar, sesuai tanggal, bulan, tahun serta sama dengan nomor telepon. Karena hal tersebut cukup mudah ditebak dan kerahasiaan pin Anda bisa di tebak oleh orang lain. Perlu diperhatikan bahwa sebelum mengganti pin lama dengan pin yang baru, Anda diharapkan untuk menyiapkan pin baru terlebih dahulu. Lalu, bagaimana cara mengganti pin ATM BRI dengan mudah? Apakah semua orang bisa mengganti pin ATM mereka masing-masing? Tentu saja bisa. Mari kita simak petunjuk bagaimana cara ganti pin ATM BRI di bawah ini :

Cara ganti pin ATM BRI :

  1. Kunjungi mesin ATM BRI

Hal pertama agar Anda bisa ganti pin ATM BRI Anda adalah dengan mengunjungi mesin ATM BRI terdekat di sekitar tempat tinggal Anda.

  1. Kemudian masukan kartu ATM pada slot yang telah disediakan. Hati-hati salah memasukan kartu atau terbalik. Karena jika demikian, kartu ATM BRI tidak akan masuk dan Transaksi tidak dapat di proses. Maka daripada itu, perhatikan cara memasukan kartu ATM kepada slot yang disediakan juga. Biasanya ada petunjuknya di bawah slot.
  2. Setelah menu terbuka, akan ada dua pilihan Bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk memudahkan proses pergantian pin, disarankan untuk menggunakan Bahasa Indonesia saja.
  3. Setelah klik menu bahasa Indonesia, selanjutnya Pilih menu lanjutkan.
  4. Setelah itu akan muncul halaman baru untuk memasukan pin. Silahkan masukan pin lama Anda terlebih dahulu.
  5. Selanjutnya, pilih transaksi lainnya
  6. Di menu transaksi lainnya, silihkan pilih menu ubah pin
  7. Kemudian masukan 6 digit pin baru Anda. Ingat, buatlah pin dengan nomor acak dan susah ditebak, namun bisa diingat oleh Anda sendiri.
  8. Setelah memasukan 6 digit pin baru. Anda akan diminta untuk memasukkan Kembali pin baru Anda untuk konfirmasi.
  9. Sampai tahap ini pergantian pin sudah selesai atau berhasil dan bersamaan dengan itu akan keluar struk konfirmasi bahwa pergantian pin baru telah berhasil
  10. Jika Anda tidak akan melakukan transaksi kembali, silihkan pilih menu tidak.
  11. Kemudian Kartu ATM akan keluar. Jangan lupa untuk segera mengambilnya dan jangan sampai ketinggalan.

Cara Mudah Mengganti Pin ATM BRI

Itulah tahapan cara ganti pin ATM BRI. Sesuai judulnya, mudahkan? Dan juga tidak memerlukan proses yang lama. Bagi Anda yang baru membuat kartu ATM BRI, disarankan untuk mengganti Pin ATM dalam jangka waktu 3 bulan sekali, demi keamanan kartu ATM BRI Anda sendiri.

error: Dibaca saja. Kalau mau save bookmark aja