Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian Syariah 2021

Posted on
Gadai sertifikat rumah di pegadaian
Gadai sertifikat rumah di pegadaian

Pegadaian saat ini menjadi pusat masyarakat dalam menikmati layanan gadai untuk mendapatkan pinjaman dana tunai cepat. Hampir semua barang bernilai bisa digadaikan, dari barang elektronik seperti jam tangan, hp dan laptop sampai bpkb motor. Pegadaian menawarkan berbagai kemudahan yang belum tentu ada di lembaga keuangan lainnya. Proses gadai di pegadaian hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk barang barang yang tidak bernilai besar, bahkan tanpa survei (langsung ditaksir ditempat). Plafond pinjaman pun sampai 200 juta lebih. Tapi diantara keunggulan pegadaian, ada satu kekurangannya, yakni tidak menerima pinjaman jaminan sertifikat  rumah. Alasan umum tidak diterimanya gadai sertifikat rumah di pegadaian adalah nilai sertifikat rumah atau bangunan yang bisa mencapat ratusan hingga milyaran yang belum tentu cabang pegadaian sanggup memberikan nominal pinjaman.

Pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah di pegadaian memang akhir akhir ini banyak di buru oleh para calon peminjam yang membutuhkan dana mendesak. Harapannya proses pengajuan lebih cepat seperti pada proses gadai barang elektronik lainnya, yang kadang tanpa survei. Berbeda ketika mengajukan pinjaman jaminansertifikat rumah dibank yang kadang harus menunggu antrian, survei dan pengurusan lainnya yang memakan waktu. Namun tidak semua bank tidak begitu, sebab pelayanan setiap bank atau cabang bank berbeda beda, tergantung dari kualitas SDM yang mengelola bank tersebut. Pasti ada makhluk yang benar benar mau melayani dengan tulus para nasabahnya. Walau jumlahnya tidak sebanyak makhluk yang  menginginkan kenyamanan saja.

Pernyataan Resmi dari soal gadai sertifikat rumah di pegadaian

Gadai sertifikat rumah di pegadaian memang belum bisa. Jika kalian memaksa mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah dipegadaian pasti akan ditolak. Hal ini pun sudah disampaikan di halaman resminya dan halaman sahabat pegadaian. Berikut isi pernyataan yang kami kutip secara utuh dari situs pegadaian :

Pegadaian sebagai lembaga keuangan yang melayani pembiayaan dengan agunan, telah menjadi alternatif bagi mereka yang membutuhkan dana dengan proses yang cepat, mudah, dan aman. Namun, saat ini Pegadaian belum melayani pembiayaan dengan menyerahkan agunan berupa sertifikat rumah. Adapun barang yang bisa digadaikan di pegadaian yaitu barang bergerak yang memiliki nilai, seperti emas, kendaraan, barang elektronik dan lain sebagainyasahabatpegadaian.com

Jadi jika ada yang bertanya, bisa nggak gadai sertifikat rumah dipegadaian jawabannya adalah belum bisa. Tapi pegadaian juga bisa saja berubah kebijakannya dengan menerima pinjaman jaminan sertifikat rumah di pegadaian. Mengingat antusias masyarakat terhadap kebutuhan dana tunai cepat langsung cair. Harapannya si, semoga pegadaian menerima sertifikat rumah sebagai agunan pinjaman kedepannya agar masyarakat lebih mudah mencari pinjaman. Tapi kalau butuhnya saat ini, kalian bisa memilih gadai sertifikat rumah di bank. Hampir semua bank menerima pinjaman dengan jaminan sertifkat rumah.

Rahn Tasjily Tanah Pegadaian syariah

Update 2019 : Lewat produk terbaru Rahn Tasjily Tanah pegadaian syariah. Sekarang anda bisa gadai tanah di pegadaian. Syarat tanah yang digadai adalah tanah produktif yang diatasnya tanaman pangan seperti padi, cabe, jagung dan tanaman lainnya. Bisa dikatakan produk Rahn Tasjily Tanah merupakan layanan produk Pegadaian Syariah Rahn yang jaminan sertifikat tanah kepada Petani dan Pengusaha Mikro. Jika punya tanah kriteria diatas, Silakan ajukan dengan syarat syarat berikut:

  • KTP
  • Sertifikat tanah
  • IMB jika diatas tanah tersebut terdapat bangunan
  • Fotokopy PBB terakhir

Ada dua jenis tahn tasjily, yakni reguler dan fleksi. Reguler adalah gadai tanah yang angsurannya sekali bayar, sedangkan fleski yang angsurannya berjangka 3, 4, 6 sampai 12 bulan. Silakan ajukan di kantor pegadaian terdekat. Namun jika sertifikat rumah silakan pilih alernatif dibawah ini agar tetap bisa mendapatkan dana secepatnya.

Pilihan Alternatif Gadai Sertifikat di Pegadaian

Pada intinya jangan terpaku pada salah satu jenis penyedia pinjaman, soalnya masih ada penyedia pinjaman uang lain. Panduanbank.com memberi penawaran kepada kalian yang sedang butuh ke beberapa bank yang memiliki kualitas pelayanan yang baik dan bunga rendah. Asal sebelum mengajukan pinjaman jamiman sertifikat rumah di bank harus memperhatikan syarat dan ketentuan jaminan maupun calon debitur. Secara umum bank menerapkan syarat dan ketentuan yang hampir sama, seperti :

  1. Jaminan berupa rumah yang layak huni, bukan rumah tua atau tidak terawat
  2. Rumah yang dijadikan agunanan bukan terletak pada daerah rawan bencana
  3. Lokasi rumah bukan merupakan rumah tusuk sate
  4. Lokasi strategis, dekat jalan raya atau akses masuk rumah mudah
  5. Sertifikat harus milik sendiri. Jika sertifika atas rumah lain, silakan lakukan proses pengajuan sudah berbeda. Silakan baca : Pinjaman sertifikat rumah atas nama orang lain

Untuk syarat dokumen, kebijakan bank kadang berbeda. Jadi baiknya kalian bisa membaca Pilihan Bank dibawah ini untuk mengetahui rincian pinjaman lebih lengkapnya:

  1. Gadai sertikat Rumah di Bank BRI
  2. Pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah di Bank Mandiri Syariah
Jadi, Mau nunggu gadai sertifikat di pegadaian atau di bank nih?

Setelah tahu pegadaian tidak menerima pinjaman jaminan sertifikat rumah, apakah masiih nekad mau gadai sertifikat rumah di pegadaian? Ya silakan saja. Asal kalau ditolak jangan menyalahkan pihak pegadaian yang memutuskan sepihak, kalau belum membaca peryataan resmi dari pegadaian. Lebih baik pilih pinjaman ssertifikat rumah di bank. Walau kadang mengantri dan prosesnya cukup panjang, Anda bisa mendapatkan dana sesuai dengan nilai agunan.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.

Leave a Reply