Cara Membuat BPJS Gratis dari Pemerintah

Posted on
cara membuat kartu bpjs gratis
cara membuat bpjs gratis dari pemerintah

BPJS adalah layanan yang diberikan kepada semua masyarakat Indonesia. Adanya BPJS akan memudahkan setiap orang untuk berobat ke rumah sakit besar dengan mendapatkan biaya lebih murah dari biasanya. Sehingga, tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa berobat karena kekurangan biaya. Selain itu, BPJS kini menaungi para pekerja untuk melindungi mereka apabila terjadi cedera atau hal apapun yang menimpa mereka.

Bagi kamu yang ingin mengetahui seputar BPJS, kamu bisa menyimak beberapa informasi berikut yang akan menjelaskan seputar BPJS tersebut. Mulai dari apa itu BPJS? Apa saja persyaratan membuat BPJS gratis dari pemerintah dan bagaimana cara membuat BPJS gratis agar langsung diteirma? Kamu bisa mengetahui jawabannya di bawah ini.

Mengenal Pengertian BPJS Secara Mudah dan Cepat

BPJS merupakan sebuah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan beberapa program jaminan sosial. BPJS ini terdiri dari dua jenis, yaitu BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Fungsi dari adanya BPJS adalah memberikan jaminan untuk seluruh warga Indonesia, baik dalam hal kesehatan ataupun saat sedang bekerja.

Biasanya, setiap peserta BPJS harus membayar iuran sebulan sekali agar kartu BPJS yang mereka miliki bisa digunakan pada saatnya. Namun, pemerintah sudah menyediakan BPJS gratis yang mana bisa digunakan untuk para masyarakat kurang mampu agar tetap bisa menikmati fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja nantinya.

Ada beberapa cara membuat BPJS gratis bagi kamu yang tertarik untuk memilikinya. Sebelum itu, kamu harus mengetahui beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi dan siapkan agar pengajuanmu bisa diterima dengan baik.

Persyaratan Cara Membuat BPJS Gratis Yang Harus Dipersiapkan

Sebelum kamu datang langsung ke kantor BPJS terdekat, pastikan terlebih dahulu kamu akan membuat kartu BPJS Kesehatan atau ketenagakerjaan. Jika sudah memilih salah satunya, kamu tinggal mempersiapkan beberapa persyaratan yang akan digunakan untuk mengajukan pembuatan kartu BPJS, diantaranya sebagai berikut.

  1. Siapkan FC KTP dan Kartu Keluarga

Persyaratan cara membuat BPJS gratis yang pertama adalah kamu harus menyiapkan fotocopy identitas pribadi terlebih dahulu, yaitu KTP. Siapkan minimal 2 fotocopy KTP dan kartu keluarga yang disimpan dalam sebuah map agar tidak berceceran nantinya.

  • SKTM dari Kelurahan

Persiapan selanjutnya yang harus kamu sertakan adalah surat keterangan tidak mampu atau SKTM yang bisa didapatkan dari kantor kelurahan setempat. Kamu bisa mendapatkan surat ini dengan mudah dan gratis, hanya tinggal datang langsung dan menunggu beberapa menit saja.

  • Pas Foto Ukuran 3×4 Sebanyak 2 Lembar

Persyaratan cara membuat BPJS gratis yang selanjutnya adalah kamu harus mempersiapkan pas foto ukuran 3×4 dengan latar merah atau pun biru. Buatlah sebanyak 2 lembar untuk persyaratan administrasi agar pengajuanmu bisa cepat diterima.

  • Surat Rekomendasi Dari Puskesmas

Sebagai pusat kesehatan masyarakat, lembaga ini berhak memberikan surat rekomendasi bagi para masyarakat yang layak memiliki BPJS secara gratis. Hal ini dilakukan agar kesetaraan dan keadilan di bidang kesehatan khususnya bisa dimiliki oleh semua orang tanpa ada perbedaan apapun. Sebab, setiap orang memiliki hak untuk hidup sehat dan menikmati layanan kesehatan yang diberikan oleh dinas kesehatan.

Setelah semua persyaratan cara membuat BPJS gratis sudah terkumpul semuanya, kamu bisa memasukkan semua persyaratan tersebut dalam satu map sama secara rapi. Dengan begitu, semua persyaratan tidak akan berceceran dan kamu bisa mengeceknya dengan mudah sebelum datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Dengan BPJS gratis, masyarakat tidak perlu membayar iuran setiap bulannya, karena sudah ditangani oleh pemerintah.

Langkah Cara Membuat BPJS Gratis Paling Mudah dan Cepat

  1. Datang Langsung Ke Kantor BPJS Terdekat

Setelah semua persyaratan berhasil kamu lengkapi, selanjutnya kamu bisa langsung datang ke kantor BPJS terdekat untuk mulai melakukan pengajuan BPJS gratis. Jika sudah tiba di kantornya, katakan bahwa kamu ingin mendaftar menjadi peserta BPJS yang ditangggung pemerintah. Maka pihak BPJS akan menyuruhmu untuk mengambil nomor antrian dan menunggu sampai nomor yang kamu miliki dipanggil.

  • Isi Formulir Pendaftaran Dengan Lengkap

Jika nomor antrianmu sudah dipanggil, kamu akan menghadap bagian customer service dan mulai untuk mengatakan pengajuan yang ingin kamu lakukan. Pihak CS akan memberikan kamu sebuah formulir yang harus diisi dan dilengkapi dengan selengkap-lengkapnya bersamaan dengan penyerahan persyaratan yang sudah kamu bawa.

Cara membuat BPJS gratis ini tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Beberapa kolom formulir merupakan data  berupa identitas dirimu dan yang lainnya. Pihak CS akan memberitahu mana saja kolom yang harus diisi dan tidak perlu untuk diisi.

  • Menunggu Persetujuan

Jika sudah diisi semuanya, kamu bisa menyerahkan formulir kembali dan persyaratan yang sudah kamu bawa. Jangan lupa untuk melakukan ceklis di lembar persyaratan sebagai tanda bahwa kamu sudah melengkapinya dengan benar. Jika sudah, kamu hanya tinggal menunggu persetujuan apakah pengajuanmu diterima atau ditolak dikarenakan ada beberapa persyaratan yang kurang mendukung atau tidak sesuai dengan ketentuan.

Setelah beberapa menit, kamu akan dipanggil kembali dan mendapatkan hasil persetujuan dari pihak BPJS. Jika diterima, kamu sudah bisa menggunakan kartu tersebut di bulan depan untuk keperluan kesehatan keluarga yang sudah terdaftar dan memiliki kartu BPJS.

Sehingga, jika salah satu keluarga sedang sakit dan membutuhkan perawatan yang lebih intens di rumah sakit, kamu bisa menyertakan kartu BPJS dan mendapatkan layanan serta obat gratis dari pihak rumah sakit, tanpa perlu memikirkan biaya. Sebab, seluruh biaya yang akan kamu keluarkan, sudah ditanggung oleh pemerintah.

Baca juga : Cara pindah BPJS berbayar ke BPJS PBI -Penerima Bantuan Iuran

Cara Membuat BPJS Gratis Untuk Kamu Ketahui

Setelah mengetahui beberapa cara membuat BPJS gratis di atas, kini kamu sudah mengetahui bahwa untuk mengajukan BPJS gratis memang tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah juga. Pastikan bahwa penerima BPJS ini adalah berasal dari masyarakat yang tidak mampu, karena untuk masyarakat yang sudah mampu dalam hal perekonomian, mereka bisa menggunakan BPJS pribadi yang mana dikenakan iuran setiap bulannya.

Dalam mengajukan BPJS tersebut, kamu bisa memilih akan berada pada tingkatan atau kelas mana, sebab dalam BPJS ini, kamu bisa memilih antara kelas rendah sampai kelas tertinggi. Tentu saja pelayanan yang akan didapatkan pun berbeda untuk setiap tingkatan tersebut.

Itulah informasi yang bisa kamu ketahui terkait cara membuat BPJS gratis yang bisa kamu pahami. Silakan bagikan informasi ini kepada kerabat, keluarga dan teman terdekatmu agar mereka bisa mengetahui bahwa mendaftar BPJS bisa dilakukan secara gratis dengan mengikuti aturan serta ketentuan yang berlaku. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensimu ketika hendak melakukan pendaftaran BPJS secara gratis.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.