Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia

Posted on

Sebagai TKI baru, pasti sedikit bingung Bagaimana cara kirim uang dari malaysia ke Indonesia untuk keluarga dirumah. Soalnya mata uang berbeda, ada selisih nilai dari ringgit ke rupiah. Apakah harus ke bank, ATM atau lewat agen pengiriman. Nah bagi yang belum tahu, bisa simak baik baik mengenai cara transfer ringgit ke rupiah melalui beeberapa metode mulai dari western union, agen pengiriman online sampai antar bank lokal.

Seperti kita ketahui bersama, banyak warga Indonesia yang bekerja di negera malaysia demi mendapatkan upah sedikit lebih besar. Banyak dari mereka jauh jauh ke luar negeri untuk memperbaiki ekonomi keluarga. Setiap bulan, mereka mengirimi duit untuk keperluan keluarganya.

Tidak sedikit dari mereka sukses kerja dimalaysia, bisa beli rumah, mobil, tanah dan pulangnya buka usaha. Namun tidak sedikit juga yang bingung setelah pulang karena habis buat keperluan konsumtif. Semua tergantung dari TKI atau kebutuhannya maisng masing

Cara kirim uang dari malaysia ke Indonesia
Cara transfer ringgit ke rupiah

Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia

Habis gajian, jangan lupa tanggung jawab dirumah. sekarang sudah jadwalnya kirim uang dari malaysia ke Indonesia untuk keluarga anak dan istri. Walau tidak banyak, setidaknya bisa rutin setiap bulan mengirimi ke keluarga. Kalian bisa transfer uang ringgit ke rupiah agar sampai ke Indonesia dengan beberapa cara berikut :

cara kirim uang dari malaysia lewat western union

Western union adalah agen pengiriman uang international yang mudah ditemukan di banyak negara, termasuk di malaysia dan Indonesia. Western union yang identik dengan warna kuning hitam biasanya bekerja sama dengan bank ,kantor pos dan pegadaian. Jika ada logo Western Union, berarti bisa melayani kirim antar negara dengan cepat. Kelebihan menggunakan WU ini adalah cepat butuh beberapa menit saja, dan tidak perlu rekening bank.

  • Syarat dokumen pengiriman adalah KTP, Paspor kemudian sejumlah uang yang akan dikirim dan biaya administrasinya.
  • Datang ke kantor Western Union, WU terdekat.
  • Utarakan ingin mengirim uang ke petugas. Petugas akan menyuruh kalian menyiapkan identias pengirim dan penerima serta mengisi formulir pengiriman uang
  • Isilah formulir pengiriman tersebut lalu tandatangani, kemudian serahkan bersamaan identitas diri dan sejumlah uang yang ingin di kirim.
  • petugas akan melakukan proses pengiriman. Jika sukses petugas akan memberikan bukti pengiriman yang berisi Kode Money Transfer Control Number/MTCN.
  • Kode Money Transfer Control Number/MTCN adalah kode transfer yang digunakan untuk melacak uang yang telah anda kirim dan pengambilan uang.
  • Berikan kode MTCN kepada penerima untuk melakukan penarikan uang pada Agen western union, Pegadaian, Pos dan Bank terdekat.

Berapa lama mengirim uang dari malaysia ke Indonesia? Kalau menurut pengalaman kirim, ga ada 5 menit sampai dan langsung bisa diambil di agen WU. Lalu bagaimana cara mengambil uang di WU bagi penerima di Indonesia?

Cara Menerima / Mengambil Uang di Indonesia dengan Western Union (WU) :

Bagi penerima, syarat mengambil uangnya adalah KTP, Kode MTCN yang dikirim dari pengirim serta identitas pengirimnya. Untuk memudahkan pengambilan, sebaiknya mengambil uangnya di kantor POS saja, karena cepat, tidak antri dan tidak ada potongan sama sekali. Berbeda dengan bank yang selalu ramai, antri dan ada potongan (biaya ditanggung pengirim) sekian persen.

  1. Datanglah ke kantor POS, utarakan kepada petugas ingin mengambil uang lewat WU. Nanti petugas akan meminta kamu untuk mengisi formulir pengambilan uang.
  2. Isilah formulir yang terdiri atas identitas kamu dan identitas pengirim seperti nama pengirim, alamat dan jumlah uang yang dikirim, lalu tanda tangan.
  3. Serahkan formulir serta KTP asli ya. Petugas akan memproses pengambilan uang tersebut.
  4. Anda diminta tanda tangan sebelum menerima uang. Petugas akan memberi uang sesuai jumlah uang yang dikirim sesuai KURS hari itu dan bukti pengambilan
  5. Lalu hitung kembali sebelum yang dibawa pulang. Jangan lupa bulang terima kasih kepada petugas
  1. NOTE:
  2. Uang diterima dalam bentuk uang tunai. Jadi kalau kirim uang dalam jumlah banyak disarankan lewat bank saja. Sebab jika ngirim pulihan juta butuh wadah yang agak besar untuk membawanya, seperti tas atau koper.
  3. Jika kantor cabang pos ga ada duit, bisa ke kantor pusat pos di kota atau kabupaten Anda.
  4. Jika libur di unit cabang, di pusat selalu buka walau sabtu minggu sampai jam 12.

Cara Kirim Lewat Antar Bank

Kalau orang rumah punya rekening, mau kirim uang dalam jumlah banyak serta ingin lebih privasi. Kalian bisa transfer uang ke malaysia ke Indonesia lewat antar bank. Syaratnya memang si penerima harus memiliki rekening bank. Si pengirim tidak punya rekening ga masalah, karena bisa kirim lewat teller bank, asalkan si pengirim tahu kode bank swift rekening tujuan.

Kode SWIFT atau Bank Identifier Code (BIC) merupakan kode berupa deretan angka dan kode Negara, Bank, Cabang. Kode SWIFT ini digunakan saat nasabah akan transfer International (antar negara). Setiap bank memiliki kode yang berbeda beda, setiap daerah juga kodenya berbeda beda. Dengan kode Swift, kalian bisa kirim ke bank lokal mana saja dari Mandiri, BRI, BNI, BCA dll. Tapi usahakan memilih bank yang ada di Malaysia maupun Indonesia seperti BCA, Muammalat, Cimb Niaga dan Maybank agar administrasi lebih rendah.

Berikut Panduan Transfer via Bank di Malaysia :

  1. Datanglah ke kantor unit cabang terdekat, dengan membawa KTP, Paspor dan uang yang akan dikirimkan
  2. Ambil nomor antrian teller bank ya, bukan CS.
  3. Sampaikan ke petugas, nanti kalian akan diminta mengisi formulir pengiriman uang international.
  4. Pada pengisian formulir, jangan lupa isikan data penting seperti kode switft bank tujuan, rekening bank tujuan, cabang bank tujuan, nama pengirim, nama penerima dan kontak penerima.
  5. Serahkan ke teller bank bersama uang yang akan dikirimkan. Biaya administrasi tergantung jumlah uang yang dikirim ya.
  6. Teller bank akan memproses pengiriman uang sampai selesai. Kemudian menyerahkan bukti pengiriman uang kepada kalian.

NOTE : Berapa lama transfer uang dari luar negri? Berdasarkan pengalaman menggunakan bank BNI 2 -3 hari jam kerja. Minggu dan sabtu tidak dihitung karena libur. Jadi pastikan kalau kirim hari senin/selasa dan tidak terpotong hari libur biar cepat sampai

Adakah cara kirim uang dari malaysia ke Indonesia lainnya?

Ada beberapa agen pengiriman uang online yang mudah digunakan antara lain money gram, wise dan permit. Kalian bisa mengikuti cara kirim uang dari malaysia ke Indonesia menggunakan salah satu aplikasi tersebut. namun karena penulis belum pernah menggunakannya, maka hanya memberikan salah satu agen pengiriman uang online tersebut. Yaiitu pakai wise. Salah satu syarat pakai wise buka account wise di situs atau aplikasi wise sebelum menggunakannya.

Cara Kirim uang dengan wise :

  • Buka situs wise dan login pakai akun wise
  • Silakan ke menu transfer atau kirim
  • Masukan jumlah uang yang akan dikirimkan, jumlah uang akan dikonversi secara aktual berdasarkan kurs hari itu. Kemudian rekening penerima
  • Kalian mengirim uang ke rekening wise dengan bank lokal malaysia
  • Nanti, Wise akan meneruskan pengiriman uang ke penerima
  • Wise akan memberitahukan jika proses pengiriman selesai

NOTE : Pengiriman wise lebih cepat karena wise memiliki rekneing bank lokal kedua negara tersebut. Jadi pengiriman sama seperti kita ngirim didalam negeri.

Itulah gambaran mengenai bagaimana cara kirim uang dari malasyia ke Indonesia lewat Bank, western union dan agen pengiriman lain. Kalau mau cepat dapat uang tunai dari kiriman tersebut bisa pakai Western union atau agen pengiriman online wise, permit atau moneygram namun jika dalam jumlah banyak dan aman bisa lewat bank. Sekian dan terima kasih.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.