7 Bank Syariah Terbaik di Indonesia 2018

bank syariah terbaik di Indonesia
bank syariah terbaik di Indonesia – credit : kontan.co.id

Kita sudah mengetahui bahwa bank syariah merupakan sebuah bank yang dalam prakteknya berdasarkan syariat islam. Bank syariah telah tersebar di berbagai negara, termasuk indonesia. Perkembangan bank syariah terbilang cukup pesat karena bank ini memiliki banyak manfaat serta mengharamkan riba dalam prakteknya. Di Indonesia sendiri  sudah cukup banyak bank bank berbasis agama Islam ini, namun tahukah mana bank syariah terbaik di Indonesia?

Bank syariah telah berdiri sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan Bank Konvensional daripada Bank Syariah karena minimnya informasi tentang Bank Syariah tersebut. Padahal produknya juga sama sama lengkap, ada deposito, KPR, Tabungan haji dan umroh serta kredit mobil. Hal ini mungkin wajar, sebab kebanyakan dari mereka belum mengetahui bank mana saja yang membuka transaksi berbasis syariah dan seperti apa uraiannya.  Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk menjawab setiap pertanyaan Anda sekalian.

Peringkat Bank Syariah Terbaik di Indonesia Versi Panduanbank.com

Berikut merupakan pemaparan tentang bank syariah terbaik yang ada di Indonesia:

  1. Bank Mualamat Indonesia

Sebagai umat Islam, kita mesti bersyukur ke hadirat Allah SWT bahwasannya sebuah bank yang beroperasi sesuai dengan syariat islam yang diberi nama Bank Muamalat Indonesia atau sering disingkat BMI, resmi beroperasi pada bulan Mei 1992.¬† Ide pendirian BMI berasal dari MUI pada lokakarya “Bunga Bank dan Perbankan” pada tanggal 18-20 Agustus 1990. Ide pertama ini kemudian mulai dipertegas lagi dalam MUNAS VI MUI di Hotel Sahid tanggal 22-25 Agustus 1990. Pada tanggal 1 Mei 1992 BMI memulai operasinya dengan memberikan layanan perbankan Islam kepada para nasabah. Hal ini terlaksana setelah mendapat izin prinsip, surat Menteri Keuangan RI No. -1223/MK.013/1991 tanggal 5 November 1991. Izin usaha Keputusan Menkeu RI No.430/KMK: 013/1992 tanggal 24 April 1992.

Bank Muamalat Indonesia memiliki beberapa tujuan diantaranya:

  • Meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat Indonesia
  • Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan terutama dalam bidang ekonomi.
  • Mengembangkan lembaga bank dan sistem perbankan yang sehat berdasarkan efisiensi dan keadilan.

Bank Muamalat Indonesia (BMI) dalam menjalankan usaha komersialnya mempunyai 3 prinsip operasional yang terdiri dari sistem bagi hasil, sistem jual beli dengan margin keuntungan, dan sistem fee (Jasa).

BMI juga memiliki beberapa produk dalam pengerahan dananya, yaitu:
  • Giro Wadi’ah

Merupakan dana nasabah yang dititipkan di bank. Nasabah berhak mengambil dan mendapatkan bonus dari keuntungan pemanfaatan dana giro oleh bank.

  • Tabungan Mudharabah

Merupakan dana yang disimpan nasabah akan dikelola oleh bank, untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan tersebut akan diberikan kepada nasabah berdasarkan kesepakatan bersama.

  • Deposito Investasi Mudharabah

Merupakan dana yang disimpan nasabah hanya bisa ditaruk berdasarkan jangka waktu yang telah ditentukan, dengan bagi hasil keuntungan berdasarkan kesepakatan bersama. Bagi yang sedang mencari bank syariah terbaik untuk deposito, kalian bisa pilih produk deposito dari bank Mualamat.

  • Tabungan Haji Mudharabah

Merupakan simpanan pihak ketiga yang penarikannya dilakukan pada saat nasabah akan menunaikan ibadah haji atau pada kondisi tertentu sesuai dengan perjanjian nasabah.

  • Tabungan Qurban

Merupakan simpanan ketiga yang dihimpunkan untuk Ibadah Qurban dengan penarikan dilakukan pada saat nasabah akan melaksanakan ibadah qurban atau atas kesepakatan antara pihak bank dan nasabah.

Selain produk pengerahan dana, Bank Muamalat Indonesia (BMI) juga memiliki produk penyaluran dana sebagai berikut:

  • Pembiayaan Mudharabah merupakan pinjaman modal investasi atau modal kerja sepenuhnya sedangkan nasabah menyediakan usaha dan managemennya. Hasil keuntungan akan dibagikan sesuai dengan kesepakatan bersama dalam bentuk nisba tertentu dari keuntungan pembiayaan.
  • Pembiayaan Murabahah = pembiayaan untuk pembelian barang lokal ataupun internasional.
  • Bai Bithaman Ajil = pembiayaan untuk pembelian barang dengan cicilan.
  • Al-Qardhul Hasan = Pinjaman kecil bagi pengusaha kecil yang benar-benar membutuhkan modal. Nasabah tidak perlu membagi keuntungan kepada bank, tapi hanya membayar biaya administrasi saja yang merupakan biaya-biaya real yang tidak dapat dihindari untuk terjadinya suatu kontrak misalnya biaya penelitian proyek, notaris, upah karyawan, dll.
  • Pembiayaan Musyarakah =Pinjaman sebagian dari keseluruhan modal usaha yang mana pihak bank dapat dilibatkan dalam proses manajemen.

NOTE : Bagi yang mencari banks syariah bagus menurut ulama, kalain bisa pilh bank muamalat karena bank ini juga sebagian sahammnya di miliki oleh ustad kondang, Yusuf Mansyur.

Bank Mandiri Syariah

Bank Syariah Mandiri atau sering disingkat BSM merupakan bank komersial syariah kedua setelah Bank Muamalat Indonesia (BMI). BSM secara resmi mulai beroperasi sejak senin tanggal 25 rajab 1420 Hijriah atau 1 November 1999. Salah satu Bank Syariah Terbaik untuk menabung dan meminjam, karena memiliki produk-produk yang cukup digemari nasabah. Gadai emas syariah merupakan salah satu produk yang sangat digemari nasabah. Bank Syariah Mandiri (BSM) dalam menghimpun dana masyarakat dilengkapi dengan tabungan, deposito dan giro. Khusus untuk pelayanan uang plastik, Bank Syariah Mandiri (BSM) meluncurkan kartu ATM Syariah Mandiri yang bisa diakses di seluruh ATM BSM dan Bank Mandiri. Kartu ATM ini juga bisa dijadikan kartu identitas lewat kerjasama dengan berbagai lembaga. Selain itu BSM juga dilengkapi fasilitas SMS banking bahkan memiliki produk kartu debit card.

Bank Internasional Indonesia (BII) Syariah

Bank Internasional Indonesia Syariah mulai beroperasi sejak bulan Mei 2003. Langkah inovatif yang diterapkan BII syariah sebagai startegi bisnisnya adalah mengkhususkan diri pada segment pasar kelas menengah atas. Produk unggulan yang ada di BII Syariah adalah Tabungan Musafir Platinum, Giro Platinum, dan Deposito Platinum (layanan priority banking). Bank Internasional Indonesia Syariah juga memberikan kemudahan kepada nasabahnya berupa layanan ATM yang bisa diakses diseluruh jaringan ATM BII, jaringan cirrus dan ALTO. Nasabah juga dapat memanfaatkan kartu debit pada 5,6 juta merchant dengan akses internasional lewat Maestro dan Mastercard Electronic.

Bank Danamon Syariah

Selain menjual beberapa produk tabungan, giro dan deposito syariah, bank danamon syariah juga menjual produk gadai emas syariah. Produk gadai emas syariah dapat memberikan dana kepada nasabah hingga Rp. 250 Juta. Sementara ATM bank ini dapat digunakan untuk tarik tunai (maksimal 5 juta perhari), cek saldo, pindah buku antar rekening dan bisa diakses lebih dari 500 ATM Bank Danamon Konvensional.

BNI Syariah

BNI Syariah mulai beroperasi pada April tahun 2000. Bank BNI syariah memiliki ATM yang bisa diakses di 2.200 ATM BNI dan di 6.000 ATM berlogo Cirrus dengan akses internasional. Kartu ATM BNI syariah plus dapat berfungsi sebagai debit card di merchant-merchant berlogo Maestro. Produk unggulan BNI syariah adalah memberikan kemudahan pelayanan kepada nasabah yang melakukan pembayaran zakat infak sedekah (ZIS) secara open transfer ke rekening lembaga-lembaga amil zakat. Produk BNI syariah yang paling populer adalah Tabungan haji dan Umroh IB hasanah. Kalau mencari bank syariah yang terbaik untuk tabungan haji dan umroh, kalian bisa memilih produk BNI syariah ini.

Bukopin Syariah

Bank Bukopin Syariah mulai beroperasi sejak awal tahun 2002. “Kartunya satu ATMnya banyak” merupakan slogan bisnis bank bukopin syariah. Slogan tersebut menggambarkan keunggulan produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Seperti halnya bank induknya, bank bukopin, kartu ATM bukopin syariah bisa diakses di 7.200 ATM melalui antar jaringan ATM, baik jaringan ATM BCA maupun jaringan ATM Bersama. Dengan produk ini nasabah bank bukopin syariah dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi seperti; pembayaran rekening telepon dan rekening listrik. Bahkan belakangan ini, bukopin Syariah telah menambah kartu ATMnya dengan fasilitas debet visa electron.

BRI Syariah

Bank BRI Syariah merupakan unit usaha BRI Syariah yang mulai membuka cabang pada bulan Oktober 2002 (Rudjito, 2003,3). BRI Syariah melengkapi produk penghimpun dananya dengan giro wadiah, Tabungan Mudharabah, dan deposito berjangka Mudharabah. Sedangkan pada produk pembiayaannya, bank yang identik dengan UKM mengandalkan pada dua produk utama yakni pembiayaan Murabahah dan mudharabah. BRI Syariah juga fokus pada retail banking. Hal ini sangat sesuai dengan misi perbankan syariah yang menekankan perannya pada sektor usaha kecil dan menengah. Selain itu produk KPR BRI syariah sangat banyak dicari, bisa dikatakan produk bank syariah terbaik untuk KPR.

Pilihlah Salah Satu Bank Syariah Terbaik di Indonesia

Jangan ragu ragu memilih salah satu bank syariah terbaik di Indonesia baik untuk menabung, deposto, KPR, tabungan haji atau produk lainya. Namun perlu kaliah perhatikan peringkat terbaik bank syariah ini hanya versi panduanbank. Jadi kemungkinan yang tidak terdaftar belum tentu kurang baik. Sebab banyak penilaian penilaian yang membuat perbedaan dalam peringkat. Dimana pun berada sebagai muslim yang istiqomah lebih baik memilih bank syariah. Demikian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat.

Add a Comment

error: Dibaca saja. Kalau mau save bookmark aja