kta bni syariah fleksi in hasanah
kta bni syariah fleksi in hasanah

KTA BNI Syariah, Pinjaman Tanpa Agunan untuk Haji dan Umroh

Posted on
kta bni syariah fleksi ib hasanah
kta bni syariah fleksi ib hasanah

Sudahkan memiliki rencana naik haji dan umroh beberapa tahun kedepan? Semua umat muslim tentu punya rencana dan berkeinginan naik haji dan umroh untuk melaksanakan rukun islam ke 5. Jika pun belum punya dana talangan haji di bank, kalian bisa mengajukan pinjaman BNI syariah tanpa agunan. Kredit tanpa agunan, KTA BNI Syariah Fleksi iB Hasanah memberikan layanan pinjaman sampai 200 juta kepada karyawan/pegawai yang menerima gaji (payroll) dari bank BNI Syariah. Pihak BNI syariah akan memberikan dana untuk mendapatkan Jasa atau biro perjalanan Ibadah haji dan umroh ke agen travel yang telah bekerja sama sesuai dengan prinsip prinsip syariah.

Kewajiban ibadah haji dan umroh bagi umat muslim memang hukumnya wajib (bila mampu), maka jika sudah mampu segerakan melaksanakan ibadah haji ke tanah suci. Sebab selain kalian ada banyak orang yang sangat ingin menunaikannya padahal tidak mampu. Tidak jarang pula diluar sana banyak orang yang ingin naik haji dengan menabung bertahun tahun, bahkan dengan cara berhutang di bank. Bersyukurlah kita terhadap apa yang Tuhan berikan sehingga dikategorikan mampu melaksanankannya. Bagi yang belum ada alternatif mengajukan kredit untuk haji atau umroh melalui BNI Fleski IB Hasanah. Tapi yang jadi pertanyaannya, bolehkan menunaikan haji dengan jalan berhutang?

Hukum Naik Haji dan Umroh Dengan Uang Pinjaman

Sebelum kalian ingin mengajukan KTA BNI syariah untuk menunaikan haji dan umroh pastikan kalian sudah memahami hukum naik haji dengan uang pinjaman. Seperti kita tahu secara umum bahwa menunaikan haji itu hukmnya wajib bagi yang mampu. Sedangkan berhutang adalah bentuk orang tersebut belum mampu secara finansial. Tapi apakah diperbolehkan? Untuk menjawab keraguan tersebut, kami kutipkan dari Mawahib al-Jalil Syarhu Mukhtashar Khalil. Dalam kitab tersebut menyimpulkan bahwa jika ada seseorang yang mampu membayar hutangnya, maka ia dikategorikan sebagai orang yang mampu. Karenanya, ia wajib menunaikan haji meski dengan jalan berhutang. Sebab, kemampuan membayar hutangnya menyebabkan ia dianggap sebagai orang yang istitha’ah (memiliki kemampuan). Adapun isi dari kitab tersebut sebagai berikut.

مَنْ لَا يُمْكِنُهُ الْوُصُولُ إِلَى مَكَّةَ إِلَّا بِأَنْ يَسْتَدِينَ مَالًا فِي ذِمَّتِهِ وَلَا جِهَةَ وَفَاءٍ لَهُ فَإِنَّ الْحَجَّ لَا يَجِبُ عَلَيْهِ لِعَدَمِ اسْتِطَاعَتِهِ وَهَذَا مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ، وَأَمَّا مَنْ لَهُ جِهَةُ وَفَاءٍ فَهُوَ مَسْتَطِيعٌ إِذَا كَانَ فِى تِلْكَ الْجِهَةِ مَا يُمْكِنُهُ بِهِ الْوُصُولُ إِلَى مَكَّةَ

Artinya :

Barang siapa yang tidak mungkin bisa sampai ke Makkah kecuali dengan berhutang dan ia tidak memiliki kemampuan untuk membayarnya, maka ia tidak wajib haji karena ketidakmampuannya. Ini adalah pandangan yang disepakati para ulama. Adapun orang yang bisa mampu membayarnya, maka dikategorikan sebagai orang yang mampu seandainya ketika ia berhutang memungkin baginya untuk bisa sampai ke Makkah”. (Al-Haththab ar-Ru’aini, Mawabib al-Jalil Syarhu Mukhatshar al-Khalil, Bairut-Daru ‘Alam al-Kutub, 1423 H/2003 M, juz, III, h. 468)

Dari penjelasan tersebut, sudah jelas sekali bahwa jika menunaikan haji atau umroh dengan jalan berhutang di bank diperbolehkan dengan catatan mampu membayar hutangnya. Jadi jangan ragu untuk mengambil pinjaman bni syariah tanpa agunan untuk pembiayaan haji atau umroh. Kalian bisa mengangsurnya sampai lunas dari jangka waktu pinjaman yang ditentukan. Gugurkan rindu kalian ke tanah suci, sebab sesungguhnya tiap tiap manusia sudah diberikan kemampuan masing masing.

Syarat dan Cara Mengajukan KTA BNI Syariah Fleksi IB Hasanah

KTA BNI syariah bisa digunakan untuk membiayai perjalanan ibadah haji dan umroh orang tua/mertua, suami/istri, dan anak-anak. Pinjaman yang diberikan maksimal Rp. 200 juta dengan Jangka waktu pinjaman sampai dengan 3 tahun non payroll atau 5 tahun untuk Nasabah payroll BNI Syariah. Tidak menyertakan jaminan apapun, sebab termasuk kattegori pinjaman bni syariah tanpa agunan. Hanya saja ada uang muka atau down payment (DP), itupun ringan. Akad yang digunakan pada produk KTA BNI Fleksi IB Hasanah ini adalah Ijarah Multijasa. Ijarah multijasa adalah ijarah dalam bentuk pembiayaan yang diberikan kepada nasabah oleh lembaga keuangan syariah (LKS) untuk memperoleh suatu jasa. Dalam fatwa DSN, pembiayaan Multijasa hukumnya jaiz (boleh).

Syarat dan ketentuan

  • Warga Negara Indonesia, WNI cakap hukum
  • Usia calon pemohon minimal 21 tahun dan maksimal berusia 60 tahun (pensiun) saat lunas.
  • Memiliki penghasilan tetap perbulan dan mampu mengangsur sebagai syarat wajibnya.
  • Melengkapi dokumen yang ditentukan (KTP, KK, buku tabungan dan dokumen lainnya)
Ajukan Segera KTA BNI syariah Untuk Menenukan Haji atau Umroh

Mungkin sebagian dari kalian sudah sangat ingin menunaikan ibadah, maka segerakanlah lewat pinjaman KTA BNI syariah tanpa agunan. Tidak ada alasan ragu atau, sebab telah dijelaskan tentang hukum baik haji dengan cara berhutang. Kami kutipkan pernyataan, Emha Ainun Najib atau Cak Nun untuk mengakhiri artikel ini “ Pergi hajilah kalau sudah rindu Gusti Allah, Daripada kamu tawaf muter muter di pohon belakang rumah, karena saking rindunya. Kalian pasti mampu, mampu!” Terima kasih.

 

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.

Leave a Reply