Syarat Buka Rekening BCA tanpa NPWP
Syarat Buka Rekening BCA tanpa NPWP

Syarat Buka Rekening BCA tanpa NPWP, Cuma KTP aja

Posted on

Bisakah buka rekening BCA tanpa NPWP? – Salah satu kendala calon nasabah yang ingin membuka tabungan BCA adalah tidak punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Apa itu NPWP? adalah nomor bagi peserta wajib sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Setiap masyarakat yang berpenghasilan diwajibkan memiliki NPWP, meski penghasilannya belum memenuhi syarat penghasilan kena pajak.

NPWP saat pembukaan rekening dibutuhkan sebagai syaratnya, terutama bagi mereka yang sudah layak penghasilan kena pajak. Namun pada kenyataan tidak selalu disyaratkan, ada yang diperbolehkan membuat rekening tabungan BCA. Pengalaman saya sendiri membuka rekening BCA di cabang kota saya diperbolehkan. Padahal waktu itu belum punya NPWP, sekarang pun belum. Jadi jangan berkecil hati ketika mau buka rekening BCA belum punya NPWP. Yang penting kalian punya identitas KTP dan sejumlah uang untuk setoran awal sesuai jenis tabungan BCA.

Jenis Jenis Tabungan BCA beserta setoran awal

Syarat Buka Rekening BCA tanpa NPWP
Syarat Buka Rekening BCA tanpa NPWP

Setiap jenis tabungan BCA berbeda fitur dan layananya, berbeda pula setoran awal saat pembukaan rekekning BCA. Disini saya buatkan tabel jenis tabuangan beserta setoran minimal, karena biasanya itu yang sering dipertanyaan calon nasabah.

Jenis tabunganSetoran awal (RP)Setoran minimum
Tahapan BCA500000 50000
Tabunganku20000 10000
Tahapan Xpresi50000 50000
Tahapan Gold10000000

Catatan :

  • Tahapan gold adalah tabungan bisnis yang saldonya harus diatas 10 juta
  • Tabunganku adalah jenis tabungan tanpa potongan bulanan
  • Tahapan BCA dan tahapan Xpresi adalah tabungan umum yang paling banyak digunakan
  • Semua dapat Kartu ATM, fitur layanan Mbca, KLIK BCA dll

Jenis Kartu ATM

Jenis Kartu ATMLimit transfer
Silver25 juta
Gold50 juta
Platinum100 juta

Syarat Buka Rekening BCA tanpa NPWP

Pokok jangan kuatir masalah syarat buka rekening tanpa NPWP, asal tahu caranya. Silakan pilih jenis tabungana dan kartu ATM sesuai kebutuhan Anda. Kemudian siapkan dua syarat dibawah ini, yaitu :

  • Identitas Resmi E-KTP/Passpor/KTA
  • Setoran Awal sesuai jenis tabungan BCA

Catatan :

  • EKTP difotokopi, engga juga ga masalah, karena di CS ada fotokopiannya.
  • Boleh menggunakan Surat Keterangan EKTP, jika KTP belum jadi. Asal ada legalisir dari dinas setempat.

Proses Pengajuan (berdasarkan pengalaman)

Seperti biasanya, datang ambil antrian CS kemudian ngantri sampai nomor antrian di panggil. Saran penulis datanglah sebelum dibuka agar tidak ngantri. Dan jangan datang hari senin dan selasa biasa ramai. Ambil hari kamis atau jum’at biasanya agak sepi.

Utarakan ingin membuka rekening BCA, Kemudian CS akan memberikan informasi jenis tabungan BCA beserta fiturnya. Pilih saja salah satu, misal tahap Xpresi dan pilih kartu ATM silver. Dengan memilih tahapan Xpresi kamu cukup menyetor uang awal minimal 50 ribu. Setoran tidak di CS, melainkan lewat teller setelah buku tabungan sudah jadi.

Pada proses pembuatan, Anda akan ditanya pekerjaan. Salah satunya yang agak privasi adalah soal jumlah gaji. Sebutkan saja gaji dibawah 3 juta. Sebab kalau diatas 3 juta disarankan membawa NPWP. Jadi sudah jelas disini ya bahwa untuk syarat buka rekening BCA tanpa NPWP gajinya dibawah 3 juta. Tapi ini bukanlah kebijakan umum yang diterapkan Bank BCA secara keseluruhan, karena bisa saja setiap kantor cabang berbeda beda.

Jangan lupa sekalian mengaktifkan fitur layanan Mobil BCA untuk mempermudah akses perbakan dimana dan kapan saja tanpa perlu ke bank dan atm. Dengan M-BCA anda bisa cek saldo, tranfer uang, cek mutasi dan terbarunya bisa tarik tunai tanpa kartu ATM. Penasaran? Baca : Cara mengambil uang di ATM BCA tanpa kartu

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.