Buka Rekening BCA 2022, Apa Saja Syaratnya?

Posted on
buka rekening bca
Cara buka rekening bca – syarat dan ketentuan sesuai jenis tabungan

Bank Central Asia, BCA adalah salah satu Bank Swasta yang cukup mendapat perhatian dimasyarakat karena layanan dan produknya yang berkualitas. Seperti pada umumnya, BCA menawarkan beragam produk tabungan yang memiliki banyak keunggulan. Cara buka rekening BCA cukup mudah, persyaratan yang tidak rebet dan keuntungan dari fasilitas yang lengkap. Kalian bisa memilih tabungan sesuai kebutuhan, sebab BCA menawarkan banyak alternatif jenis tabungan.

Ada jenis tabungan baca yang tidak memerlukan rekening . Tabungan tersebut adalah produk tabungan Xpresi khusus untuk anak-anak muda yang memiliki  jiwa kreatif dengan biaya administrasi murah dan pas di kantong kaum muda. Fasilitasnya sangat cocok untuk boy and girl jaman now yang suka belanja online. Ada juga produk tabungan BCA dengan mata uang Dollar yang ditujukan kepada WNA atau WNI ingin menyimpan uang dalam mata uang asing (USD dan SGD). Selain itu ada juga tabungan umum untuk orang dewasa.

Bagi kalian yang minat membuat rekening di bank BCA dan menikmati layanan dan fasilitasnya, Kami sudah menyajikan informasi lengkap mengenai jenis tabungan, cara buka rekening BCA,  biaya biaya administrasi serta persyaratan yang diperlukan. Berikut penjelasannya lengkapnya:

Mengenal Produk Tabungan BCA dan Keunggulannya

1. Tabungan BCA Tahapan

Tahapan BCA adalah produk tabungan BCA yang memberikan berbagai fasilitas dan layanan untuk untuk kenyamanan dalam menabung dan transaksi. Tabungan Tahapan BCA dilengkapi dengan Paspor BCA. Paspor BCA adalah kartu layanan yang dapat digunakan sebagai kartu ATM, Debit, dan Tunai. Jadi Tahapan BCA memberikan beberapa fasilitas dalam satu layanan dimana setiap transaksi perbankan mulai dari tarik tunai, setor dan transfer uang, serta sebagai alat pembayaran untuk membayar berbagai tagihan (kartu kredit, listrik, telepon,  air dan lain-lain).

BCA memiliki 3 jenis paspor, yakni Paspor BCA Silver, Paspor BCA Gold dan Paspor BCA Platinum. Setiap paspor memiliki memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Kalian bisa memilih sesuai kebutuhan kalian. Berikut ulasan mengenai masing masing jenis paspor BCA:

Paspor BCA Silver

Jenis Paspor BCA Silver memliki batas maksimal pengambilan tunai di Meisn ATM sebesar Rp7 Juta, sedangkan untuk melakukan transfer uang baik sesama atau ke Bank Lainnya mencapai batasmaksimal hingga Rp25 juta melalui mesin ATM. Bisa dikatakan jenis paspor ini  tidak cocok bagi  anda terlalu sering  tarik tunai di mesin ATM. Justru lebih cocok bagi kalian pebisnis online/pedagang online skala kecil yang memiliki rutinitas transaksi secara online maupun debit ATM.

Paspor BCA Gold

Berbeda Paspor Siver, BCA gold justru lebih memiliki batas maksimal limit lebih besar Rp50 juta. Jenis kartu ini cocok bagi kalian yang tidak terlalu sering melakukan tarik tunai di mesin ATM dengan jumlah besar. Kartu lebih maksimal sebab bisa transaksi lewat ATM baik belanja atau lainnya hingga Rp50 juta dengan cara menggunakan kartu tersebut sebagai kartu debit. Paspor inilebih cocok untuk transaski skala sedang.

Paspor BCA Platinum

Jenis kartu terakhir, Paspor BCA Platinum ini memiliki limit transfer lebih maksimal. Kalian bisa melakukan transfer segala jenis hingga Rp100 juta. Kalau jenis ini cocok bagi kalian yang memiliki ativitas bisnis besar dan tinggi. Sebab limit besar tidak menghambat aktivitas anda, hanya saja biaya lebih besar daripada paspor yang lain.

Syarat Buka Rekening BCA Tahapan

Bagi calon nasabah yang ingin buka rekening tabungan tahapan di BCA , kalian harus memenuhi persyaratan-persyaratan berikut ini:

  1. Calon nasabah bisa Individu atau yayasan di wilayah Indonesia
  2. Mengisi formulir permohonan pembukaan rekening baik melalui aplikasi online ataupun datang langsung ke kantor cabang bank BCA sesuai domisil kalian.
  3. Kartu identitas diri (KTP/SIM/Pasport) yang masih berlaku
  4. NPWP
  5. Setoran awal untuk buka Tabungan BCA Tahapan yang dilengkapi (Paspor BCA Silver, Gold ataupun Platinum) yaitu sebesar Rp500 ribu.
  6. Selanjutnya setoran minimal adalah Rp 50 ribu.
  7. Saldo minimum yang mengendap perbulan sebesar Rp100 ribu.
  8. Saldo minimum yang ditahan sebesar Rp50 ribu.
  9. Ada biaya administrasi per bulan untuk kartu ATM berupa biaya pembuatan ataupun penggantian kartu ATM.

Biaya administrasi yang dikenakan untuk produk BCA Tahapan sebagai berikut:

  1. Paspor BCA Silver: Biaya pembuatan kartu atau biaya penggantian kartu = Rp10 ribu/ Biaya administrasi per-bulan= Rp15 ribu.
  2. BCA Gold : Biaya pembuatan kartu atau biaya penggantian kartu = Rp15 ribu/ Biaya administrasi per-bulan = Rp17 ribu.
  3. Paspor BCA Platinum: Biaya pembuatan kartu atau biaya penggantian kartu = Rp20 ribu/ Biaya administrasi per-bulan = Rp20 ribu
Keuntungan Tabungan BCA Tahapan
  1. Tarik tunai, kalian melakukan tarik tunai di ribuan ATM BCA, jaringan ATM Prima, dan jaringan ATM “Cirrus” seluruh dunia.
  2. Joint account, transfer antar bank, auto-debet, transfer secara otomatis
  3. Tabungan Tahapan BCA yang bisa dijadikan agunan kredit.
  4. Cash-less, Pembayaran dengan Paspor BCA.
  5. Alat pembayaran berbagai tagihan (Rekening telepon, PLN, asuransi, Kartu Kredit, Pinjaman ) atau belanja yang dilakukan di ATM BCA/Ebanking/SMS Banking
  6. Bisa bergabung dengan jutaan nasabah dengan beragam profesi melalui jaringan komunitas Tahapan BCA.
  7. Keamanan Terjamin, Pin ATM BCA, PIN m-BCA dan Key BCA membuat transaksi Anda aman dan nyaman.
  8. Mendapatkan segala jenis informasi transaksi atas rekening melalui SMS atau e-Mail
Tabungan BCA Tahapan ‘Xpresi’

Tabungan BCA Tahapan Xpresi adalah jenis tabungan yang diperuntukan bagi para kaum muda dengan design kartu yang beragam, kreatif, dinamis, dan berkarakter. Kamu bisa memilih lebih dari 50 desain kartu untuk Xpresi diri yang unik dan berbeda sesuai keinginan kalian. Tabungaan ini cocok bagi kalian anak mudah yang ingin penuh gaya namun kantong pas pasan. Sebab biayapembukaan administrasi tergolong terjangkau.

Sekalipun jenis tabungan dengaan biaya murah, bahkan tanpa adanya buku tabungan. Kalian bisa menikmati Banyak sekali manfaat darfasilitas tabungan Xpresi. Fasilitas yang bisa kalian nikamti adalah KlikBCA dan m-BCA secara otomatis. Fasilitas bisa langsung digunakan untuk berbagai macam transaksi termasuk berbelanja melalui e-banking setelah pembukaan.

Tabungan Xpresi memiliki batas maksmimal pengambilan uang tunai sebesar Rp 7 juta.  Ketentuan ini sama dengan tabungan Tahapan BCA dengan kartu Gold, dimana limit transaksi antar bank maksimal Rp25 juta  dalam sekali transaksi. Adapun biaya biaya administrasi yang dikenakan untuk produk Tahapan Xpresi, antara lain:

  1. Minimal setoran awal Rp50.000
  2. Setoran minimal selanjutnya sebesar Rp50.000
  3. Saldo minimum yang mengendap 000
  4. Administrasi bulanan Rp 5.000
  5. Penggantian kartu/pembuatan kartu Rp25.000
  6. Biaya penutupan rekening Rp5.000
Syarat buka rekening BCA Tabungan XPRESI

Orang dewasa :

  1. Perorangan Dewasa(>17 tahun)
  2. Identitas Diri Asli(KTP/SIM/Paspor)
  3. NPWP (jika ada).

Anak anak/Pelajar

  • Anak anak/pelajar berumur 12-17 Tahun
  • Kartu Pelajar/Surat Keterangan dari Sekolah
  • Identitas Diri salah satu Orang Tua (KTP/SIM/Paspor)
  • Membawa NPWP salah satu Orang Tua (Jika Ada).
  • Surat Persetujuan salah satu Orang Tua untuk Pembukaan Rekening. Download formulir di sini.
  • Formulir Data Nasabah Perorangan. Download formulir di sini.

Kalian bisa mendaftar langsung di kantor cabang BCA atau mendaftar lewat online.Untuk anak/pelajar pendaftaran didampingi oleh orang tua.

Manfaat dan Keuntungan buka rekening BCA Tabungan Tahapan Xpresi
  1. Gabung bersama Komunitas Tahapan Xpresi diwadahi dalam sebuah forum online di facebook.com/XpresiBCA dan twitter @XpresiBCA.
  2. Praktis, tanpa buku tabungan, cek saldo, mutasi atau transaksi cukup dengan e-Banking BCA.
  3. Banyak pilihan desain Kartu Tahapan Xpresi yang penuh gaya dan rancangan yang trendi. Di beberapa cabang BCA tertentu, desain kartu dapat juga dilengkapi dengan foto.
  4. Mendapatkan fasilitas KlikBCA dan m-BCA, selanjutnya bisa memakai e-Banking BCA seperti: BCA Mobile, SMS Top Up atau SMS BCA.
  5. Transaksi kartu Tahapan Xpresi bisa di merchant berlogo Debit BCA di ribuan ATM BCA, merchant berlogo Tunai BCA, ATM Prima, dan ATM jaringan Cirrus di seluruh dunia.
  6. Tabungan BCA Tapres

Bagi kalian suka yang  menabung, kalian bisa buka rekening BCA dengan memilih produk tabungan BCA Tapres. Tabungan ini adalah rekomendasi bank yang bagus untuk menabung,  sebab kalian bisa menikmati suku bunga yang lebih tinggi dengan fasilitas yang hampir sama dengan produk tabungan lain. Adapun keunggulan lain dari tabungan BCA Tapres, antara lain:

  1. Kartu Tapres bisa difungsukan sebagai tanda pengenal
  2. Sama seperti Tabungan Xpresi, Tapres tidak memerlukan buku tabungan, namun menggunakan Kartu Tapres akan difungsikan sebagai bukti kepemilikan rekening  sekaligus melakukan berbagai transaksi.
  3. Suku bunga yang menarik. Semakin tinggi saldo rata-rata tabungan Anda, maka semakin tinggi bunga yang Anda dapatkan.
  4. Fasilitas perbankan seperti E-Banking, mobile banking m-BCA dan internet banking KlikBCA .
  5. Bisa digunakan alat pembayaran tagihan dan belanja dari asuransi, internet, kartu kredit, pendidikan, pinjaman, telepon selular pasca bayar, voucher isi ulang, reksadana, saham, tiket, tv berlangganan hingga utility seperti listrik, gas atau iuran lingkungan.

Biaya Biaya administrasi :

  1. Setoran awal minimal sebesar Rp 5 juta
  2. Saldo minimum yang mengendap perbulan Rp 5 juta
  3. Biaya administrasi tabungan per bulan sebesar Rp17 ribu
  4. Biaya pembuatan/penggantian kartu Rp15 ribu
  5. Denda saldo dibawah minimal sebesar Rp10 ribu
 Syarat buka rekening BCA Tapres
  1. Calon nasabah adalah WNI perorangan yang telah berusia 17 tahun atau lebih (Minimal memliki KTP)
  2. Bagi WNA bisa menggunakan dokumen asli Paspor/KIMS/KITAS/KITAP
  3. Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening yang bisa kalian dikantor cabapng ataupun aplikasi online.

Tabungan Dollar

Bagi kalian yang suka menabung dengan mata uang asing, kalian bisa buka rekening BCA dengan memilih produk Tabungan BCA Dollar. Tabungan jenis ini, sangat cocok bagi yang sering melakukan transaksi dengan mata uang asing, terutama mata uang USD atau SGD. Sehingga tidak memerlukan converter untuk melakukan besaran transaski.

Manfaat dan keuntungan

  1. Sama seperti Kartu Tapres, Kartu BCA Dollar bisa berfungsi sebagai kartu identitas sekaligus sebagai sarana bertransaksi.
  2. Setoran dan tarikan banknotes dengan kondisi 1:1 (tidak dikenakan kurs jual beli) sampai dengan limit tertentu.
  3. e-Banking BCA.

Biaya administrasi Tabungan BCA dollar:

  1. Setoran awal sebesar USD 100 atau SGD 200.
  2. Biaya administrasi bulanan untuk USD adalah 1 USD dan untuk SGD adalah 2 SGD.

Syarat buka rekening BCA Dollar :

  1. Calon nasabah adalah perorangan yang telah berusia 21 tahun atau telah menikah
  2. Mengisi dan menandatangani formulir permohonan di atas materai
  3. Menyerahkan dokumen identitas diri asli(KTP/SIM/Paspor) serta NPWP. Bagi WNA wajib membawa Paspor / Kitas
  4. NPWP

Cukup Pilih Tabungan Seseuai Kebutuhan, Biaya Administrasi Rendah Pilih Xpresi

Beberapa produk tabungan BCA sudah kalian baca dari syarat dan ketentuan, biaya administrasi dan keuntungannya berserta panduan cara buka rekening BCA. Kalian bisa memilih sesuai kebutuhan kalian. Maksudnya disesuaikan dengan kondisi dan latar belakangan kalian saat ini. Tidak boleh asal pilih, bisa jadi ingin menabung untuk mendapatkan keuntungan malah merugikan kalian. Jika bingung, kami beri simpulan seperti ini :

  1. Tabungan Tahapan : Pegawai/Karyawan tetap/pengusaha
  2. Tapres : Orang suka menabung (misal untuk tabungan haji, pendidikan dll)
  3. Xpresi : Anak muda/pelajar yang suka belanja online
  4. BCA dollar : pengusaha yang melibatkan transaski jual beli dengan pihak luar negri/WNA di Indonesia

Bagaimana simpulannya? Cukup mudah dimengerti kan?

Semua tabungan BCA memiliki kelebihan dan kelemahan masing masing yang bisa kalian pertimbangan sebelum buka rekening bca. Jika belum jelas bisa dibaca ulang mengenai informasi syarat dan ketentuan serta bagaiama cara buka rekening bca diatas, atau lebih akurat lagi bisa menghubungi Halo BCA 1500888.

Leave a Reply