Solusi Telat Bayar Cicilan FIF Agar Motor Tidak di Tarik
Solusi Telat Bayar Cicilan FIF Agar Motor Tidak di Tarik

Solusi Telat Bayar Cicilan Motor FIF Agar Tidak di Tarik Debt collector

Posted on
Solusi Telat Bayar Cicilan FIF Agar Motor Tidak di Tarik
Solusi Telat Bayar Cicilan FIF Agar Motor Tidak di Tarik

Pernah enggak ngerasain telat bayar cicilan motor FIF sampai berbulan bulan? Sampai sudah beberpa kali didatangi petugas ke rumah? Bahkan sampai was was motor di tarik ditengah jalan sama debt collector? Saya rasa ada banyak yang kaya gini, sebab tidak jarang yang nekat kredit motor untuk keperluan kerja atau hanya sekadar gengsi walau penghasilan pas pasan. Sehingga saat kredit sedang berjalan kalau ada keperluan lain cicilan motor dinomor duakan. Jadilah telat bayar kredit, bahkan sampai berbulan bulan.

Sepeda motor sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Sebab kalau ga punya motor ga bisa kemana mana, iya kan ya. Kalau kemana mana pakai kendaraan umum belum tentu sampai lokasi apalagi lokasinya jauh dari perkotaan. Jangankan angkot, ojek pun belum tentu. Apalagi yang udah kerja, kuliah, sekolah ngandelin kendaraan umum sering telat karena sering ngetem, mungkin sekarang ada gojek tpi ongkosnya lebih mahal dari angkot. Enaknya ya tetep punya motor sendiri, bisa berangkat tepat waktu dan pulang kapan saja iya kan?

Peluang Kredit motor yang mudah

Motor adalah kebutuhan utama, terutama yang setiap hari menggunakan motor namun harga motor belum tentu terjangku oleh masyarakat kecil ke bawah. Jadi tidak jarang dari mereka yang memilih untuk mengambil kredit motor di dealer, salah satu dealer yang terkenal adalah FIF. Di FIF anda bisa kredit motor bekas dan terbaru dari berbagai merk motor seperti Honda, Yamaha, suzuki dan kawasaki. Syarat kredit motor itu mudah, bahkan kadang ditawarkan keliling ke masyarakat. Penawarannya pun membuat menarik masyarakat seperti tanpa DP, angsuran murah dan tenornya panjang.

Solusi yang ga punya motor adalah kredit motor, bahkan secara umum dari mereka bilang ” kalau ga kredit motor, mana bisa punya motor. Beli cash itu mahal. Ga punya duit’. Sekalipun mereka punya penghasilan pas pasan. Tapi ya tidak jarang dari mereka cicilan motornya macet berbulan bulan, sampai motornya ditarik sama leasing. Bagi kalian yang sedang mengalami kredit macet atau merasa berat cicilannya sehingga ada kemungkinan telat bayar cicilan motor FIF, adira atau dealer lainnya. Ada beberapa solusi agar tidak sampai telat dan telat berbulan motor tidak ditarik.

Prosedur telat bayar cicilan motor dan Penarikan Motor nasabah di FIF

Tidak perlu cemas jika sudah telat bayar cicilan motor fif karena motor tidak akan langsung ditarik oleh pihak dealer melalui debt collector. Ada prosedur yang akan dilakukan oleh fif atau pihak dealer sebelum diserahkan oleh leasing. Berikut urutan prosedurnya :

  • Peringatan 1 = Peringatan pertama dilakukan ketika sudah telat 1 bulan. Bentuk peringatan bisa dalam surat resmi dari kantor maupun telepon petugas.
  • Peringatan 2 = Peringatan kedua dilakukan ketika telat 2 bulan. Bentuk peringatan ini biasanya didatang petugas kantor langsung ke rumah anda. Peringatan ini datang kalau peringatan pertama diabaikan dan tidak menghasilkan apa apa.
  • Pertingatan 3 = Ketika peringatan sebelumnya nasabah tidak bayar juga, maka pihak dealer akan menyerahkan masalah ini ke pihak ke tiga yakni leasing dan para debt collectornya. Peringatan ini antara 3-4 bulan telat. Deb collector akan menarik motor Anda dimana pun anda berada selama dia melihat. Sebab debt collector sudah mengantongi identitas nasabah dan motornya.

NOTE : Ada masa toleransi 4 hari ketika kamu telat bayar cicilan motor. jadi tidak langsung diberi peringatan, atau motor langsung ditarik.

Kasus yang terjadi pada penarikan motor kredit macet

Deb colletor akan terus mencari Anda sampai ketemu dalam rentang waktu 1-2 bulan. Jika sudah lewat waktunya dan engga ketemu ketemu maka nama anda di blacklist, kedepannya akan sulit mengajukan kredit di manapun. Jikalau motor sampai ditarik, kalian harus nebus senilai tunggakan agar bisa kembali. Namun dalam proses penarikan, banyak nasabah yang sulit ditemui dirumah. Makanya kadang ada kejadian debt coletor narik dijalan. Ada juga yang agak nakal, plat motornya diganti sama yg palsu untuk mengelabui si mata elang atau debt collector. Mungkin ini tips ampuh sekaligus solusi menghindar telat bayar kredit motor fif, adira, oto maupun dealer lainnya, haha.

Cara Bayar cicilan motor fif yang telat

Sebagai nasabah yang baik, maka jika ada peringatan harusnya dibayar agar motor tidak sampai ditarik dan dikejar kejar debt collector. Berikut bayarnya.

Menghitung denda lebih dulu

Denda disetiap dealer berbeda beda. Jadi saya kasih contoh saja ya. Misal jatuh tempo anda setiap tanggal 10 dan anda baru membayar angsuran pada tanggal 15 maka anda sudah terhitung denda selama 5 hari. Jika denda sebesar 0,5 perhari dan nominal angsuran anda sebesar 650,000, perhitunggan denda perharinya adalah 650,000 x 0,5% = 3,250 (per hari). Maka perhitungan total dendanya adalah sebesar 3,250 x 10 hari = 32,500.

Membayar denda

Bayar denda bisa bersama bayar angsuran jika nominal denda tidak lebih 25 ribu lewat autdebet, atau transfer. Kalau lebih bisa datang langsung ke kantor cabang anda kredit pertama kali. Jika tidak bayar hanya bayar nagsuran saja? gmana? denda akan diakumulasikan saat pengambilan BPKB motor. Jadi kalau ada denda bayar langsung aja ya, dairpada nanti besar dibelakang malah kaget.

Rekomendasi dan Saran Bagi yang Mau Kredit Motor

Bagi yang mau kredit baca tips kredit lancar dan tidak sampai motor di ambil dealer. Berikut solusi biar ga telar bayar cicilan motor FIF.

  • Hitunglah pendapatan Anda dan kebutuhan Anda. Idealnya besaran kredit itu 30% dari pendapatan bersih. Misal gaji anda 2 juta, maka idealnya besaran angsuran 650 ribu.
  • Nabung dlu buat DP agak besar biar cicilan ringan, atau buat cadangan angsuran 2-3 kali. Agar aman kalau ada kebutuhan mendesak lainnya seperti biaya sekolah atau pengobatan.
  • Tanggal jatuh tempo dekat dengan tanggal gajian biar gak abis duluan sama kebutuhan lainnya

Entah solusi atau hanya sekadar tips biasa tentang telat bayar cicilan motor fif, adira atau lainnya, setidak memberi wawasan sedikit bagi kalian yang mau kredit agar jangan gegabah. Bagi yang sudah terlanjur sedang mengalaminya smeoga ditambah rezekinya agar hutang kreditnya segera lunas. Amiin.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.