pinjaman uang untuk ibu rumah tangga
pinjaman uang untuk ibu rumah tangga

Pinjaman uang untuk ibu rumah tangga tanpa agunan

Posted on
pinjaman uang untuk ibu rumah tangga
pinjaman uang untuk ibu rumah tangga

Kalian ibu rumah tangga yang sedang uang untuk modal usaha? Ga usaha bingung bu, ada banyak pinjaman uang untuk ibu rumah tangga tanpa agunan yang bisa digunakan untuk modal usaha. Dari mulai pinjaman online, KTA sampai progam pembiayaan dari pemerintah. Salah satu pinjaman ibu rumah tangga yang cocok buat modal usaha adalah kredit ultra mikro atau disingkat dengan UMI.  Kredit UMI merupakan progam pembiayaan pemerintah yang diberikan untuk ibu rumah tangga yang memiliki usaha kecil. Kredit ini merupakan progam pembiayaan kedua yang diluncurkan pemerintah setelah KUR. Dengan adanya Kredit UMI ini diharapkan semua pengusaha kecil, pedagang, petani dan peternak, usaha kaki lima dll mendapatkan dana secara merata untuk mengembangkan usahanya.

Kredit ultra mikro bisa menjadi alternatif ibu ibu yang selama ini mencari susah pinjaman dana bank. Sebab masih jarang lembaga keuangan yang mau menerima nasabah berlatarbelakang ibu rumah tangga yang hanya memiliki usaha kecil. Alasannya bank belum menerimannya adalah belum bankable. Bertolak balik dengan pemerintah lewat Umi yang akan membantu usaha ibu ibu rumah tangga yang masih belum bankable tapi memiliki potensi keuntungan. Alasan logis lain mengkhususkan kalangan ibu ibu adalah karena ibu ibu cenderung komitmen dan dapat dipercaya mengembalikan pinjaman tepat waktu. Sebab pinjaman ini adalah tidak menyertakan jaminan. Jaminan sebenarnya adalah usaha yang akan diberi pinjaman modal usaha.

Mengenal Kredit Ultra Mikro, Pinjaman uang untuk Ibu rumah tangga

Latar belakang di luncurkannya kredit ultra mikro, Umi adalah komitmen pemerintah yang terus membantu pelaku UMKM di Indonesia lewat pembiayaan modal usuaha. Sebab selama ini UMKM menjadi poros ekonomi Indonesia. Sayangnya, progam sebelumnya, Kredit Usaha Rakyat, KUR belum merata kepada UMKM, terutama pedagan kecil, petani dan industri rumahan. Selain itu KUR juga kadang disalahgunakan untuk pembiayaan lain, bukan untuk usaha. Jadi pemerintah meluncurkan Pembiayaan modal usaha untuk UMKM yang lebih aman, yakni Kredit Ultra mikro yang menyasar kepada kalangan ibu rumah tangga. UMI memberikan pinjaman uang untuk ibu rumah tangga tanpa agunan senilai 10 juta dengan jangka waktu selama 24 bulan.

Bunga kredit UMI yang diterapkan sebesar 2-4 persen ke penyalur, sedangkan kalau sudah sampai ke peminjam sebesar 9-11%. Tidak terlalu berbeda dengan KUR yang bunganya 7-9%.  Pemerintah menunjuk lembaga non bank untuk menyalurkan dana UMI, tidak ke lembaga bank seperti KUR. Lembaga non bank penyalur dana ultra mikro tersebut adalah PT PNM dengan program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), Pegadaian dan PT Bahana Artha Ventura (BAV). Semua calon peminjan bisa mengajukan pinjaman uang maksimal 10 juta dengan jangka waktu 24 bulan ke salah satu lembaga tersebut. Khusus Pegadaian yang terdaftar sebagai penyalur adalah pegadaian BUMN saja.

Syarat dan Cara Mengajukan Kredit Ultra Mikro

Kredit umi sebagai pinjaman uang untuk ibu rumah tangga tanpa agunan yang bisa digunakan modal usaha tidak terlalu menyulitkan nasabahnya. Syarat dan ketentuan Ultra mikro tidak sulit, spertinya kredit usaha rakyat . berikut ini syarat & ketentuannya :

  1. Calon nasabah diutamakan ibu ibu yang punya usaha kecil
  2. Calon peminjam telah memiliki Usaha Kecil yang telah berjalan lebih dari 6 bulan.
  3. Tidak sedang menikmati hutang dalam bentuk apapun. Sebab bisa membebani perkembangan usaha.
  4. Belum pernah mengajukan KUR, atau progam pembiayaan pemerintah lainnya
  5. Syarat administrasi : KTP dan Kartu Keluarga

Cara Pengajuan :

  1. Calon peminjam mampu memenuhi syarat dan ketentuan diatas
  2. Mengisi formulir pengajuan pinjaman Umi ke salah satu lembaga penyalur (Pegadaian, Permodalan Nasional Madani atau Bahana Artha Ventura)
  3. Proses survei kondisi usaha. Jika aplikasi pinjaman diapprove, pihak penyalur akan Maka survei ke lokasi usaha. Pihak bank akan memberikan pendambinan penggunaan dan dan pengelolaan usaha agar usaha cepat berkembang.
Alternatif lain mencari pinjaman uang untuk ibu rumah tangga untuk kebutuhan konsumtif

Ibu rumah tangga bisa mendapatkan 10 juta dari Kredit Ultra Mikro untuk mengembangkan usaha. Kalian bisa pinjam uang 500 ribu, 1, 2 juta sesuai keperluan usaha kalian dengan jangka waktu yang ditentukan. Walau tidak terlalu banyak, namun setidaknya bisa membantu usaha kalian tambah luas dan berkembangan. Tapi karena  kredit UMI ini khusus untuk modal usaha, kalian bisa mencari pinjaman uang lainnya yang bisa untuk keperluan lain. Kalian bisa mencari  pinjaman uang online tanpa jaminan, salah satunya pinjaman uang akulaku. Silakan baca : cara pinjam uang di akulaku

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.

Leave a Reply