Kredit Pemilikan Tanah Cimb Niaga, Maybank dan BNI Syariah, Mana Yang Terbaik?

Posted on
kredit pemilikan tanah
kredit pemilikan tanah

Jika mencari KPR dirasa sulit dan mahal tidak salahnya mencoba Kredit Pemilikan Tanah, KPT agar bisa membangun rumah sesuai budget yang ada dan Bentuk bangunan sesuai keinginan. Atau Bagi kalian seorang punya pandangan investasi tentu punya cara sendiri memanfaatkan produk KPT ini dengan mencari tanah didesa untuk investasi jangka panjang. Sayangnya, Produk KPT ini tidak semua menyediakannya. Sebab KPT peminatnya sedikit, berbeda jauh denganĀ  Kredit pemilikan rumah yang setiap tahun bertambah. Bank penyedia kredit tanah di Indonesia diantaranya Cimb niaga, maybank, BNI, BCA, dan BRI Syariah. Sebelum menunjuk mana kpt tanah bank terbaik, kalian bisa membaca hal hal yang harus diperhatikan sebelum membeli tanah secara kredit.

Adanya fasilitas Kredit kepemilikan tanah, KPT dari perbankan sangat membantu masyarakat yang ingin membeli tanah kavling atau matang. Keuntungan membeli tanah relatif lebih rendah daripada KPR. Jika kredit tanah dengan tujuan untuk membangun rumah nantinya maka bangunan rumah bisa menyesuaikan budget dan bertahap. Bentuk bangunan bisa sesuai keinginan. KPT sangat cocok untuk menyiapkan tanah untuk membangun rumah anak. Sambil menunggu anak dewasa tanah bisa difungsikan sebagai lahan bisnis, misal usaha peternakan atau pertanian. Berbeda ketika langsung memberi rumah dan anak belum siap menempati tentu hanya menambah biaya perawatan rumah. Kalian bisa mengajukan KPT dari bank bank berikut ini.

Daftar Bank Penyedia Kredit Kepemilikan Tanah

Dari beberapa bank yang menyediakan Kredit pemilikan tanah, panduanbank hanya memilih 3 agar kalian lebih mudah memilih KPT sesuai keinginan, berikut daftarnya

Kredit Pemilikan Tanah Cimb Niaga

Cimb Niaga adalah salah satu bank swasta yang sedang berkembang besar saat ini. Cimb niaga juga membentuk cabang di malaysia, kamboja, singapore dan thailand. Lewat Produk KPR Xtra Dana, Cimb Niaga memberikan KPT dengan proses cepat dan tenor yang panjang. Kalian bisa mengajukan kredit tanah senilai 500 juta dengan tenor maksimal sampai 25 tahun. Suku bunga variatif dan terdapat banyak pilihan penggunaan pinjaman, seperti KPT, KPR, pinjaman renovasi rumah sampai take over kredit. Syarat KPT Cimb Niaga adalah warga negara Indonesia dengan usia diatas 21 tahun maksimal 65 tahun saat jatuh tempo. Adapun persyaratan dokumen yang harus kalian penuhi berikut ini:

  • Formulir pengajuan
  • Fotokopi KTP
  • NPWP
  • Fotokopi Kartu Keluarga dan Surat Nikah (Bila sudah nikah, kalau jomblo ga apa kok)
  • Salinan rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
  • SPT PPh 21 atau slip gaji (khusus karyawan)
  • Laporan Keuangan usaha (wirasawasta)
  • Fotokopi Surat ijin Praktik/Ijin Operasi (profesi)
  • Legalitas usaha : Akte SIUP, TDP, NPWP badan usaha, Akte pendirian (wiraswasta)
Kredit Kepemilikan Tanah Maybank

MayBank juga bank swasta yang menawarkan kredit pemilikan tanah, rumah, apartemen dll. Maybank memberi penawaran tenor selama 20 tahun dengan minimal plafon sebesar 250 juta dan maksima lsesuai kemampuan nasabah. Khusus kredit pemilikan tanah, maybank membebaskan debitur milih lokasi tanah yang akan dibeli. Tidak harus tanah kavling. Asal masih daerah operasional dari maybank, debitur masih bebas memilih lokasi.Besaran bunga yang diterapkan variatif tergantung tenor dan jumlah palfond. Biaya provisi 1% dari plafond kredit dan administrasi sebesar 400 ribu. Adapun syarat dan ketentuan mengajukan kredit pemilikan tanah maybank :

Ketentuan umum :

  • Warganegara Indonesia cakap hukum.
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun (untuk karyawan) dan 65 tahun (untuk pengusaha / profesional) saat kredit berakhir.
  • Memiliki penghasilan rutin.
  • Lama kerja atau usaha minimal 2 tahun (untuk karyawan) atau 3 tahun (untuk pengusaha / profesional).

Syarat dokumen :

  • Fotokopi KTP
  • Kartu Keluarga (suami dan istri) dan Akta Nikah / Cerai / (bila sudah menikah)
  • NPWP pribadi
  • Fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Surat Keterangan Kerja dan Slip Gaji (asli, bukan salinan)
  • Fotokopi Surat Ijin Praktek bagi profesi
  • Legalitas usaha : NPWP badan usaha, SIUP, TDP
  • Denah dan AJB properti
Kredit Pemilikan tanah BNI Syariah

Bank BNI syariah sebagai bank BUMN juga menyediakan kredit pemilikan tanah. Melalu BNI Griya kalian bisa mengajukan pinjaman hingga 5 milyar dengan tenor 20 tahun untuk pembelian rumah, apartemen, vila dan tanah kavling. JadiĀ  kredit tanah yang dimaksud tanah kavling atau kredit tanah tanpa hunian di area tanah pengembang rumah KPR dengan tujuan nantinya bangun rumah. Bukan untuk investasi. Namun luas tanah kavling bisa disesuakan dengan kebutuhan, atau memilih pilihan yang disediakan. Suku bunga Kredit pemilikan tanah BNI Griya tahun ini sebesar 13,5% pa efektif untuk BNI Griya ( suatu saat bisa berubah), biaya adminirasi Rp 500 ribu dan biaya provisi sebesar 1% dari maksimal kredit.

Baca juga : Syarat dan cara mengajukan KPR BRI

Kredit Pemilikan Tanah Untuk Investasi, Perhatikan 3 Hal Berikut

Ketika kalian memilih kredit pemilikan tanah untuk instrumen investasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan benar benar, antara lain:

Lokasi Tanah

Lokasi tanah sangat menentukan harga tanah yang akan dibeli lewat KPT. Semakin strategis tanahnya semakin mahal harganya. Untuk itu, Tidak harus membeli tanah didaerah strategis, namun memiliki lokasi yang potensi untuk strategis. Misal membeli tanah di pinggir jalan pedesaan. Saat ini mungkin kurang diminati, namun kita tidak tahun 5-10 tahun kedepan. Kalau tidak bisa memilih lokasi dimanapun asal masih ada akses jalan untuk roda empat.

Potensi Daerah

Maksud dari pertimbangan memiliki potensi daerah adalah lokasi tanah didaerah tersebut memiliki potensi untuk berkembang dan maju. Ketika daerah maju dan ada kegiatan ekonomi yang kuat, harga tanah akan menjulang tinggi. Memilih daerah yang memiliki potesi memang agak sulit, namun secara umum daerah yang memang akan tergerus era modern dengan cepat adalah pinggiran kota atau perbatasan kota dan sawah sawah yang masih ada didalam kota seerta yang dipinggir jalan.

Biaya biaya dalam proses Pembelian tanah

Penting lagi kalian harus mempertimbangkan dulu sebelum mengajukan kredit kepemilikan tanah. Sebab ada biaya biaya yang harus dikeluarkan dalam proses pembelian tanah. Biaya biaya yang biasa dikeluarkan diantaranya adalah pajak PBB, Biaya balik nama sertifikat tanah, biaya untuk notaris dan komisi untuk makelar/agen. Itulah biaya yang harus kalian tanggung dan tentu menjadi pertimbangan jikalau untuk investasi tanah.

Pilih Kredit Pemilikan Tanah Dengan Tenor Panjang

Dari uraian diatas ada beberapa bank penyedia kredit pemilikan tanah dari Bank Cimb Niaga, Mayban dan BNI syariah. Kalian bisa mempertimbang dengan data data berupa tenor, plafon, bunga syarat, ketetnuan beserta biaya biayanya. Data tersebut cukup untuk menjadi pertimbangan memilih mana yang terbaik dan sesuai kebutuhan. Namun bijaknya jika memilih kredit tanah harus mempertimbang jangka waktu kredit maksimal. Sebab jika diinvestasi akan sangat menguntungkan. Tanah makin lama makin mahal, kemungkinan bisa menutup bunga yang dikeluarkan. Bahkan bisa untung.

1 comment

Leave a Reply