cara menabung di Bank BRI
cara menabung di Bank BRI melalui teller

5 Keuntungan Menabung di Bank yang Tidak Semua Orang Paham

Posted on

Mari bicara soal keuntungan menabung di bank. Seperti dua mata pisau, segala hal memiliki manfaat dan mudharat.  Mungkin Anda sudah membaca artikel tentang 4 kerugian menabung di bank,  jika sudah, maka perlu juga membaca artikel keuntungan menabung di bank agar informasi yang didapat tidak berat sebelah. Jika banyak orang yang mengatakan bahwa keuntungan menabung adalah bunga simpanan, maka Panduanbank.com akan memberikan informasi tentang keuntungan menabung di bank yang lain dari itu.

  1. Uang Aman karena Ada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

Jika kita menabung di celengan atau brangkas pribadi, maka uang kita mutlak menjadi risiko yang empunya duit. Tidak jarang uang lupa meletakkan di mana, atau rusak dimakan binatang seperti tikus atau rayap. Belum lagi jika terjadi musibah misalnya kebakaran atau kebanjiran. Siapa yang bakal mengganti rugi uang kita? Tidak ada.

Beda dengan kita menabung di bank. Lembaga Penjamin Simpanan akan menanggung segala kerusakan atau kerugian bahkan jika bank tempat kita menabung mengalami musibah. Misalnya, bank mengalami kebangkrutan, atau uang yang kita tabung rusak karena kebakaran di bank, maka dalam jumlah tertentu, uang kita aman karena dijamin oleh LPS

  1. Mudah Diambil dan Berbagai Kemudahan Transaksi

Jika Anda di luar kota dan tidak memiliki fasilitas tabungan bank dalam bentuk kartu ATM, maka Anda akan mengalami kebingungan. Juga dengan kebutuhan Anda untuk bertransaksi pembelian secara on line di website e-commerce. Tanpa tabungan (atau kartu kredit) maka transaksi tidak akan bisa dilakukan.

Itulah kemudahan atas pengambilan dan kemudahan transaksi, kita tulis sebagai keuntungan menabung di bank yang kedua.

  1. Bisa jadi jaminan

Beberapa jenis tabungan, salah satunya tabungan deposito, bisa dijadikan agunan untuk meminjam uang. Bayangkan, kita punya simpanan namun juga bisa meminjam. Beda soal jika kita menabung di celengan atau brankas, maka tidak ada yang sudi menjadikannya jaminan karena bisa jadi dibelanjakan dengan mudah oleh pemilik tabungan celengan.

  1. Uang Tercatat dengan Baik

Manajemen bank merupakan salah satu manajemen yang terbaik dalam segala sektor. Sistem pencatatan dan keamanan keuangan nasabah dilaksanakan dengan sangat teliti dan akurat. Setiap transaksi bisa terlacak dengan baik dan bisa dijadikan catatan keuangan pribadi kita.

Berbeda dengan tabungan pribadi di dalam celengan atau brankas, keuangan kita tidak ada yang mencatat dan bisa jadi kita kelimpungan merasa uang masih ada namun ternyata sudah diambil sebagian untuk dibelanjakan. Hal seperti itu tidak akan terjadi jika kita menabung di bank.

  1. Membantu Orang Lain Tanpa Disengaja

Keuntungan manabung di bank yang terakhir adalah suatu hal yang mulia. Kenapa? Karena dengan menabung di bank maka secara tidak langsung membuat bank memiliki uang untuk dipinjamkan kepada orang-orang yang membutuhkan dana atau modal usaha. Bayangkan jika tidak ada orang yang menabung di bank, dari mana bank bisa memberikan pinjaman begitu besarnya kepada pengusaha-pengusaha dan UMKM. Memang ada kucuran modal dari Pemerintah RI, namun jumlahnya akan tidak mencukupi kebutuhan pinjaman bank kepada nasabahnya.

Simpulan Artikel 5 Keuntungan Menabung di Bank

Jadi, itulah 5 keuntungan menabung di bank yang tidak banyak diketahui orang. Jika Anda sudah membaca artikel ini, silakan sebarkan agar orang lain juga tahu sehingga makin banyak orang melakukan kebaikan sekaligus mendapatkan banyak keuntungan. Jika perlu, Anda juga bisa membaca artikel tentang kerugian menabung di bank agar informasi yang Anda dapat menjadi lengkap.

Gravatar Image
Kekayaan dimulai dari keyakinan. Pasrahlah setelah berusaha.

Leave a Reply