5 Kelemahan Kartu Flazz BCA Sebagai Uang Elektronik

Posted on

Apa saja kelemahan kartu flazz bca ? Sebagai pengguna uang digital yang baik, tentu harus tahu resiko resikonya. Tidak hanya mengambil sisi keuntungan saja. Kartu Flazz keluaran BCA ini termasuk banyak digunakan di Indonesia sebagai alat pembayaran non tunai. Sekilas segi keuntungannnya enak, mudah dan praktis. Namun kalau diteliti lebih lanjut, kartu ini memiliki beberapa kelemahan saat digunakan atau dampak dari menggunakannya.

Kartu flazz BCA memiliki banyak fungsi bagi penggunanya. Kartu flazz bisa digunakan untuk berbelanja mini market, supermarket, rekanan flazz bca yang jumlahnya puluhan ribu. Fungsi kartu ini juga bisa digunakan untuk pembayaran tol, bahan bakar di SPBU serta pembayaran parkir (terutama dikota kota gede). Jadi bisa dikatakan satu kartu banyak fungsinya, jadi ga perlu kartu kartu yang lain. Kartu ini bisa diisi maksimal 2 juta, namun bisa di top up ulang sampai batas 20 juta per bulan.

Beberapa Kelemahan Kartu Flazz BCA

Kelemahan kartu flazz BCA
Kelemahan kartu flazz BCA

Mungkin bagi sebagian masyarakat yang tahunya kartu flazz BCA maka menganggap kartu flazz BCA memiliki keunggulannya dan sedikit kelemahannya. Namun bagi yang sudah mengenal uang digital tentu bisa membandingkan dengan produk sejenis dari bank lain atau finansial teknologi lainnya. Kalian bisa membandingkanmasing masing keunggulan dan kelemahannya. Dan inilah beberapa kelemahan kartu Flazz BCA yang bisa dipertimbangkan untuk tetap menggunakannya, ganti dengan yang lain atau berhenti total.

Kadang Lamban

Apakah kalian pernah menggunakan kartu flazz BCA untuk pembayaran tol? Kalau pernah, mungkin pernah mengalami menempelkan kartu flazz beberapa kali ke scanner pembayaran tol? Artinya kartu flazz kurang respon atau kurang sensitif padahal sudah melakukan dengan benar. Hal ini mengakibatkan kita bisa membayar lebih dari satu kali kalau tidak tahu. Jadi usahakan benar benar terbaca, tunggu beberapa detik. Ga harus diulang beberapa kali, nanti saldomu kepotong banyak.

Saldo Hilang

Kelemahan kartu flazz BCA yang mungkin harus diperbaiki adalah keamanan akan saldo dalam kartu. Ketika kartu rusak/hilang saldo ikut hilang. Berbeda dengan ATM/debit, saldo tetep utuh walaupun rusak atau hilang. Kartu bisa digantikan yang baru. Sebagai pengguna kartu, kalian harus benar benar menjaga kartu ini lebih aman agar tidak hilang maupun rusak.

Tidak Ada Jaminan

Bentuk tipis dan bisa rusak tentu bisa hilang kalau kita ceroboh. Dan rusak jika sering digunakan. Sayangnya kalau sudah rusak saldonya masih banyak, tidak ada jaminan bahwa saldonya diganti oleh penerbit. Jadi kita harus merelakan saldo yang hilang tersebut. Selain itu, penggunaannya tanpa password, tinggal gesek sehingga mudah pindah tangan.

Adanya Pembatasan Penggunaan

Setiap uang elektronik memiliki pembatasan transaksi, termasuk kartu flazz BCA. Hal ini menjadi kelemahan kartu flazz BCA yang mungkin segera diperbaiki karena adanya batasan saldo, maksimum hanya 2 juta dan 20 juta dalam sebulan. Jadi kita harus sering top up, top up diluar bank peneribit ini ada biaya administrasi, walau sedikit, kalau belasan kali sama saja.

Bisa jadi Ribet, kalau gaptek

Namanya juga elektronik pasti harus berbau bau online dan modern. Kalau orang gaptek pegang kartu flazz ini mungkin apa si gunanya kartu ini. Mau ngisi aja ribet. Ga seperti debit yang langsung terhubung tabungan. Flazz ini perlu top up dulu sehingga ada saldo masuk dan bisa digunakan untuk pembayaran.

Baca juga : cara top up flazz BCA via mobile banking

Dampak Penggunaannya

Karena keuntungan uang elektronik seperti kartu Flazz BCA orang lebih mdauh untuk menghabiskan duit. Karena fisiknya ga keliatan jadi ga terlalu kerasa dibanding pegang 100ribuan mau dipecah aja ’eman-eman’. Kalau pakai uang eleltronik tanpa pikir panjang bisa belanja online, beli pulsa bayar listrik air cuma lewat kartu atau hp saja. Apalagi kalau ibu ibu yang liat diskonan, bakal bakar bakar duit buat belanja.

Apa ada kelemahan Flazz BCA ini yang sudah diupdate? Jika sudah, kasih tahu ya. Soalnya ini yang penulis ketahui terakhir kali. Atau ada yang mau nambahan kelemanahan yang mungkin kalian ketahui selama menggunakan kartu flazz? Tapi kalau soal layanan penerbit itu beda lagi ya, karena itu bisa jadi manusiawi dan miskomunikasi bisa jadi. Sekian, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.