Jenis-Jenis Pinjaman BRI
Jenis-Jenis Pinjaman BRI

5 Jenis-Jenis Pinjaman BRI yang Dapat Dijadikan Pilihan

Posted on

Dalam hidup, pasti akan ada kebutuhan mendesak, baik direncanakan maupun tidak. Berbagai jasa keuangan, kini telah menyediakan beraneka ragam layanan pinjaman. Salah satunya ialah BRI. Anda dapat memanfaatkan jenis-jenis pinjaman BRI dengan segala bentuk kemudahan yang diberikan.

Beberapa Jenis Pinjaman Bank Rakyat Indonesia Untuk Anda

Saat ini, berbagai macam fasilitas menarik ditawarkan oleh Bank Rakyat Indonesia. Seperti tabungan hingga deposito. Berikut ini jenis-jenis pinjaman BRI yang dapat Anda jadikan opsi untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jenis-Jenis Pinjaman BRI
Jenis-Jenis Pinjaman BRI

Kredit Usaha Rakyat sendiri terbagi menjadi 3 jenis yakni, ritel, mikro dan TKI. Di antara ketiganya memiliki perbedaan dari sisi nominal untuk dipinjamkan. Selain itu, jenis ini banyak di pergunakan oleh kalangan yang telah memiliki usaha produktif.

KUPEDES

Pada jenis pinjaman ini, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan saat melakukan transaksi di dalamnya. Seperti, bisa memilih angsuran debitur sesuai dengan kemampuan, biaya administrasi mulai dari nol, hingga mendapatkan asuransi jiwa, kesehatan serta kecelakaan.

Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Tidak hanya berupa layanan dalam segi materil, bagi Anda yang sedang membutuhkan kendaraan bermotor namun masih belum memiliki cukup dana, maka dapat memanfaatkan fasilitas pinjaman Bank BRI dengan jenis KKB ini.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Baru menikah dan ingin hidup mandiri? Anda bisa langsung mendaftarkan diri menjadi nasabah BRI. Kemudian, manfaatkan layanan jenis pinjaman berupa Kredit Pemilikan Rumah, agar dapat membeli tempat tinggal tanpa harus takut kekurangan dana.

 BRIGuna

Apabila Anda telah menjadi nasabah Bank Rakyat Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis pinjaman BRIGuna ini. Dimana, penggunaannya lebih ditujukan kepada para pegawai yang memilki penghasilan tetap, hingga penerima tunjangan pensiun.

Syarat Melakukan Pinjaman di Bank BRI

Setelah mengetahui kelima jenis pinjaman di atas, Anda tidak bisa begitu saja mendapatkan persetujuan secara cuma-cuma. Melainkan harus memenuhi beberapa syarat seperti di bawah ini. Perhatikan dengan seksama agar proses pencairan dapat dilakukan dengan cepat.

  1. Usia

Setiap jenis-jenis pinjaman BRI pasti memiliki kriteria usia minimun. Namun, rata-rata umur yang ditentukan yakni 21 tahun dengan gaji atau penghasilan tetap, bersifat pribadi atau perorangan, bertanggung jawab, serta memiliki tempat tinggal sendiri.

  1. Foto Kopi Kartu Identitas

Setelah itu, pihak bank akan meminta Anda untuk memfoto kopi semua jenis kartu identitas, seperti KTP, KK, dan Surat Izin Mengemudi baik Grade A maupun C. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah proses pertanggungjawaban nantinya.

  1. Foto Kopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Apabila telah bekerja, dapat dipastikan Anda sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Namun, jika belum mempunyainya, maka proses peminjaman tidak akan bisa diproses. Sebab, hal tersebut sudah menjadi ketentuan prasyarat dari Bank BRI.

  1. Foto Kopi Akta Nikah

Ketika mengisi formulir pengajuan pinjaman, maka Anda akan diminta untuk menuliskan status hubungan. Apabila telah menikah, jangan lupa sertakan foto kopi akta tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban di kemudian hari.

  1. Foto Kopi Buku Tabungan

Peminjam di Bank BRI harus sudah menjadi nasabah tetap. Itu artinya, Anda wajib memiliki buku tabungan. Lampirkan foto kopi tersebut saat pengajuan form permohonan. Namun, apabila tidak mempunyainya atau hilang, segeralah lapor kepada kantor cabang terdekat.

Dari beberapa keterangan diatas, Anda dapat memilih manakah yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan sebelum mengajukan formulir permohonan berbagai persyaratan telah lengkap. Manfaatkan berbagai layanan jenis-jenis pinjaman BRI dengan cerdas dan tepat.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.