gestun kartu kredit di alfamart

Bisakah Gestun Kartu Kredit di Alfamart dan Indomart?

Posted on

Bisakah gestun kartu kredit di alfamart dan indomart? Selama ini banyak nasabah kartu kredit dari berbagai bank penerbit lebih memilih mengambil uang tunai lewat jasa gestun karena lebih murah. Nasabah memiliki alasan kalau Tarik tunai di ATM memakan biaya transaksi yang lebih tinggi dibanding gestun. Gestun hanya membebankan biaya transaksi saja dan lebih murah, sedangkakn tarik tunai kartu kredit ada biaya transaksi lebih mahal. Itupun belum termasuk biaya administrasi yang lumayan besar. Kaitannya, dengan indomart dan alfamart karena mereka adalah yang mudah ditemukan ditengah masyarakat yang bisa dimanfaatkan untuk gestun. Namun apakah legal?

gestun kartu kredit di alfamart

Secara legalnya, tarik tunai kartu kredit baik dari bank penerbit Mandiri, BCA, BNI, BRI, CIMB NIAGA DBS dan bank manapun hanya boleh dilakukan di mesin ATM dan tempat yang direkomendasikan. Apakah indomart dan alfamart salah satunya? iya boleh untuk belanja, tetapi tidak ada gestun. Menurut Corporate Communication General Manager Sumber Alfaria Trijaya Nur Rachman, untuk layanan nontunai seluruh toko Alfamart sampai saat ini menggunakan swipe credit atau debit card di mesin Electronic Data Captured (EDC) dari bank penerbit. Tidak ada gesek ganda (double swipe) dalam setiap transaksi non tunai.

Jadi, bisakah?

Jadi jawaban dari bisakah gestun kartu kredit di alfamart atau indomart adalah tidak bisa (resmi). Pada kenyataannya tetap saja ada yang melakukannya, namun tidak banyak. Karena tidak semua menyediakan gesek ganda di alfamart. Gesek kartu kredit dalam peraturan BI tidak diperbolehkan. Hal ini karena ketika kartu digesek ke mesin selain EDC milik bank penerbit, data nasabah bisa langsung dibaca, bahkan langsung ter-copy. Pelarangan tersebut bertujuan untuk melindungi data nasabah dari pencurian data dan informasi kartu. Apalagi jika jasa gestun kurang terpercaya. Jadi hati hati ya guys.

Kelebihan dan kerugian Gestun Kartu kredit

Kelebihan gestun kartu kredit adalah bunga murah, tidak ada biaya administrasi. Fakta dilapangan yang dikutip dari kompas.com, nasabah yang gestun di jasa gestun dikenai biaya sebesar 2,3% bahkan lebih murah. Biaya transaksi lewat ATM atau bank langsung sebesar 2,95%. Selain itu ada beban administrasi yang dipotong tentu sangat besar dong? Makanya banyak dari nasabah memilih gestun meski tidak legal.

Kerugian jika sampai ketahuan bank penerbit telah melakukan gestun diluar tempat yang dianjurkan, maka akan dipersulit saat pengajuan kenaikan limit. Kalau tidak ketahuan enggak masalah, namun untuk jaman sekarang sangat mudah menemukan pelanggaran tersebut. Jadi lebih baik jangan sering sering gestun maupun tarik tunai. boros.

Alternatif jika memmang lagi kepeped, silakan lakukan permintaan tarik dana kartu kredit ke rekeking dari sisa limit yang ada. Besarannya 40-50 dari dana kartu kredit. Silakan baca : (Cara tarik tunai dan minta dana kartu kredit) Sekiranya begitu, jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi call center bank penerbit masing masing. Terima kasih sudah membaca artikel tentang gesek tunai atau gestun kartu kredit alfamart atau indomart.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.