Cara Otentifikasi Taspen di HP Android Step by step

Posted on

Selama ini cara otentifikasi Taspen pensiunan bisa dikatakan sulit untuk kalangan orang tua, Karena harus lewat aplikasi hp android. Orang tua yang sudah purna tugas ini adalah generasi yang tidak mengenal teknologi terbaru, yang secara otomatis gaptek dan ketinggalan teknologi saat ini. Tapi anehnya kebijakan taspen yang menggunakan aplikasi taspen untuk pembayaran gaji pensiunan mereka. Ya kalau mereka ada anak cucu yang bisa, kalau tidak bisa sama saja mempersulit. Walau tidak semua pensiunan gaptek, namun hampir sebagian besar mengalami kesulitan. Penulis bisa bicara seperti ini memang melihat fakta dilapangan. Penulis pernah membantu Bude dan pak de ketika otentifikasi taspen.

Penerapan otentifikasi taspen pensiunan lewat android diberlakukan pada tahun 2017. Pelayanan berbasis digital merupakan inovasi pelayanan baru dari PT Taspen. Pelayanan ini sudah terverifikasi standar ISO 9001 yang melayani pembayaran pensiun, layanan klim otomatis dan layanan klim 1 jam. Aplikasi ini mungkin sangat cocok untuk generasi milenail yang paham teknologi semacam ini dan untuk generasi kedepannya. Namun untuk yang pensiunan ini masih terlalu dini. Terlalu dpaksakan. Walau akhirnya para pensiunan terpaksa beli hp android atau pinjam hp anaknya.

Baja juga : Cek DPLK BRI

Cara otentifikasi Taspen

Kalau dari kacamata pribadi, cara otentifikasi taspen pensiunan online lewat hp android sangat mudah dan simpel karena hanya beberapa langkah. Tapi bagi mereka golongan orang tua mana paham, hp android aja belum tentu punya. Nah bagi para penisunan yang masih bingung atau siapa saja yang lagi membantu bisa mengikuti prosedurnya dibawah ini.

  • Pertama, silakan buka aplikasi taspen otentifikasi. Kalau belum instal, silakan instal dulu lewat google play store
  • Buka aplikasinya, izinkan perangkat mengakses file, video dan audio
  • Masukan Notas atau nomor Pensiunan dengan benar. Klik Otentifikasi
Cara otentifikasi taspen pensiunan
Cara otentifikasi taspen pensiunan
  • Kemudian muncul verifikasi wajah yang akan memandu Anda. Ikuti saja petunjuknya. Posisikan wajah berada dalam kotak verifikasi. Jika sudah ikuti arahannya. Pertama kedipkan mata, kedua anggukan kepala, dan ketiga ucapkan huruf A dengan Jelas. Setiap gerakan akan langsung diverifikasi, jika benar akan ada lingkaran hijau. Jika belum lakukan sampai berhasil. Jika bingung bisa melihat gambar verifikasi wajah dibawah ini.
Cara otentifikasi taspen pensiunan

Catatan agar verifikasi wajah berhasil

  • Pastikan wajah tidak tertutup asesoris dan dilakukan ditempat yang terang agar jelas.
  • Lepas asesoris seperti topi, kacamata atau yang mengganggunya.
  • Jika berjilbab usahakan jilbab tidak menutupi sebagian wajah.
  • Pastikan sinyal internet lancar yah biar ga loading terlalu lama.

Jika prosedur berhasil dilewat dengan benar, maka akan muncul halaman berhasil dan terdapat data pensiun kalian seperti dibawah

Apakah sampai proses ini sudah berhasil? Jika belum lakukan berulang sampai berhasil dengan mengikuti prosedur diatas. Sebenarnya prosesnya mudah, hanya saja kendala jaringan, informasi prosedur yang kurang sampai ke para pensiunan. Jika kalain tidak bisa minta tolong anak muda yang paham teknologi agar cara otentifikasi taspen berhasil. Sekian, smoga bermanfaat.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.