Cara Merubah Tanggal Jatuh Tempo Kartu Kredit BCA

Posted on

Adakalanya nasabah perlu merubah tanggal jatuh tempo kartu kredit untuk menyesuaikan waktu pembayaran gaji pada setiap bulannya. Perubahan tersebut diharapkan meminimalisir terjadinya kekosongan duit untuk bayar tagihan kartu kredit sehingga tidak kena pinalty, denda atau bentuk sanksi lainnya dari bank. Lalu apa syarat ganti tanggal jatuh tempo dan apa yang harus dilakukan nasabah?

Merubah tanggal jatuh tempo berarti merubah tanggal cetak, Karena keduanya saling berkaitan. tanggal cetak merupakan waktu mulai ditagihnya transaksi dari kartu kredit dan saldo terhutang nasabah pada bulan tersebut, yang kemudian dicetak dalam bentuk dokumen. Artinya, nasabah bisa mulai membayar tagihan kartu kredit dari tanggal cetak baik seluruhnya atau sebagiaan, atau minimum payment.

Sementara tanggal jatuh tempo adalah berakhirnya pembayaran tagihan atau hutang nasabah. Jika pembayaran melewati tanggal jatuh tempo, maka akan dikenakan denda keterlambatan. Biasanya, jarak antara tanggal cetak tagihan sampai jatuh tempo berkisar 2 minggu atau maksimal 15 hari. Jadi nasabah punya waktu membayar selama 2 minggu sampai jatuh tempo.

Ketentuan

Sebelum melakukan permohonan pergantian tanggal jatuh tempo kartu kredit, pastikan nasabah paham jarak antara tanggal cetak dan jatuh temponya berapa hari. Kemudian memahami ketentuan atau kebijakan penerbit serta syarat syarat yang dibutuhkan pada proses permohonan.

Ketentuan :

  • Perubahan tanggal jatuh tempo tidak bisa dipilih seenak jidat oleh nasabah dari tanggal 1-31, bank akan menyediakan pilihan tanggal yang tersedia. Jadi usahakan konfirmasi dulu lewat call center, apakah ada tanggal yang sesuai dengan tanggal gajian.
  • Tidak semua kartu kredit memiliki fitur perubahan jatuh tempo, hanya kartu reguler seperti kartu kredit BCA gold, silver platinum dll. Kartu kredit atas nama perusahaan atau yang bekerja sama dengan perusahaan lain, instansi atau yang terdapat logo perusahaan seperti kartu kredit indomaret tidak bisa diubah. karena sudah ditentukan bank penerbit dan perusahaan tersebut dari awal.
  • Surat surat atau dokumen yang dibutuhkan : Surat Pernyataan yang ditanda tangani, Foto copy Kartu kredit dan Foto copy KTP
cara merubah tanggal jatuh tempo kartu kredit bca

Cara merubah tanggal jatuh tempo kartu kredit

Ada dua kemungkinan cara merubah tanggal jatuh tempo kartu kredit, pertama lewat bank langsung dan kedua lewat call center bank. Namun, rekomendasi dari penulis lewat call center karena mudah dilakukan tanpa perlu menyempatkan ke bank.

  • Hubungi call center bank penerbit. Misal kartu kredit BCA, maka hubungi hallo bca di 1500888
  • Utarakan maksud ingin ganti tanggal jatuh tempobeserta alasanya. Misal “ingin ganti tanggal jatuh tempo karena tidak sesuai tanggal gaji sehingga kehabisan terus buat tagihan, akhirnya gagal bayar.”
  • Customer Service, CS akan menanyakan identitas nasabah, seperti nama, no kartu kredit serta mengatakan tanggal yang tersedia
  • Pilih tanggal yang tersedia yang paling sesuai dengan tanggal gajianmu
  • CS akan memberi tahu persyaratannya, sebelum permohonan diproses
  • Silakan kirim dokumen persyaratan ke email halobca@bca.co.id

Proses permohonan tidak langsung di acc, membutuhkan proses 3 sampai 7 hari kerja setelah dokumen diterima lengkap oleh pihak bank. Jika di ACC akan ada pemberitahuan lewat email maupun CS, namun penerapan tanggal cetak/ Jatuh tempo yang baru akan berlaku pada bulan depan atau dua bulan berikutnya. Karena [pada bulan permohonan masih tetap menggunakan tanggal jatuh tempo sebelumnnya yang belum diubah.

Berapa biaya perubahan tanggal jatuh tempo? Tidak ada biaya sama sekali, perubahan tanggal jatuh tempo gratis untuk nasabah. Jadi silakan bagi nasabah yang merasa keberatan dengan jatuh tempo yang didapatkan, bisa mengikuti cara merubah tanggal jatuh tempo kartu kredit

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.