Solusi Atasi Struk ATM tidak Keluar

Posted on

Kadang Struk ATM tidak keluar karena stok kertas habis di mesin ATM sehingga mesin tidak mengeluarkan struk baik tarik tunai maupun transfer. Bagi sebagian orang struk atau bukti transfer/tarik tunai tidak begitu penting, kadang keluar langsung diremes terus dibuang, Iya kan? Namun bagi sebagian orang lain atau momen tertentu itu penting karena digunakan sebagai bukti pembayaran sah tertentu atau catatan keuangan sesuatu kegiatan. Kalau tidak keluar tentu akan merepotkan nasabah karena harus mencari bukti lain. Kalau sudah begini, solusinya bagaimana?

Solusi mencari bukti transaksi ATM ketika struk tidak keluar memang sedikit merepotkan bagi yang tidak memiliki banyak waktu, apalagi kalau lagi buru buru. Pengirim harus meyakinkan pihak penerima bahwa dia telah mengirim uang atau pembayaran dan telah berhasil, namun struk atau bukti transfer tidak keluar. Pengirim harus meminta penerima cek saldo rekening agar percaya. Jika penerima harus cek saldo ke ATM tentu butuh waktu untuk mengetahuinya.

struk atm tidak keluar

Cara mengatasi Struk ATM tidak keluar

Jika penerima transfer tetap kekeh minta bukti transfer atau nasabah butuh bukti transfer tersebut untuk keperluan tertentu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa mengganti bukti transfer tersebut. diantaranya :

Cek Mutasi Rekening Di ATM

Cek mutasi rekening adalah cara melihat riwayat transaksi sebelumnya yang pernah dilakukan nasabah. Lewat cara ini, nasabah bisa melihat bukti transfer. Untuk menguatkan bukti silakan kalian foto atau videokan sebagai dokumentasi, Bisa juga cetak mutasi di mesin ATM lain yang stok kertasnya masih ada. Kemudian kirimkan ke penerima agar percaya. Jika bingung, silakan ikuti cara cek mutasi rekening BRI di mesin ATM dibawah :

  • Silakan datangi mesin ATM yang ada stok kertas struk. Bisa cek dulu dengan cek saldo, kemudian cetak struk nantinya
  • Masukkan kartu ATM BRI dan pin dengan benar
  • Pilih menu Transaksi Lainnya, lalu pilih Info Rekening
  • Pilih Mutasi Rekening, maka akan menampilkan lima transaksi terakhir yang kamu lakukan.
  • Silakan cetak bentuk struk yang menampilkan riwayat transaksi rekening BRI tersebut. dengan klik cetak.
  • Tunggu struk keluar

Jika tidak bisa dengan cara diatas, secara gampangannya, nasabah bisa mendatang kantor unit cabang terdekat. Bawa ktp dan bukti tabungan. Kemudian ke bagian teller, dan minta cetak mutasi rekening. Maka teller akan meminta tabungan nasabah dan mencetak seluruh transaksi yang pernah terjadi. Tidak ada biaya cetak mutasi alias gratis.

Bagi yang memiliki fasilitas e banking bri seperti mobile banking BRI atau brimo, sms banking dan internet banking kalian bisa mengecek lewat fasilitas layanan tersebut.

Cek Mutasi lewat internet banking BRI

Kalau punya salah satu layanan ini memang gampang, ga perlu keluar cari mesin ATM, tinggal lewat hp saja. Nasabah cek mutasi rekening untuk melihat riawayat transaksi sebelumnya, bahkan sampai 3 bulan terakhir :

  • Kunjungi situs resmi IB BRI di ib.bri.co.id
  • Login dengan user ID, password, dan nomor validasi yang tertera. Setelah itu klik Masuk
  • pilih menu Rekening, kemudian pilih Mutasi Rekening
  • Setelah itu tentukan periode tanggal dan bulan histori transaksi rekening yang ingin dilihat
  • Klik Tampilkan, di layar langsung tertera daftar riwayat transaksimu dalam periode tersebut.
  • Silakan tangkap layar atau download mutasi rekening tersebut, kemudian bisa dicetak.

Demikianlah cara mengatasi ketika struk ATM tidak keluar agar tetap mendapatkan bukti transfrer atau tarik tunai. Nasabah bisa melihat mutasi rekening lalu mencetaknya baik melalui ATM, internet banking atau mobile banking. Sekian semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.