Keuntungan Bayar Kartu Kredit Diatas Minimum Payment

Posted on

Bagaimana jika kita kelebihan bayar kartu kredit secara tidak sengaja? atau dengan sengaja bayar kartu kredit diatas minimum payment? Sebagai nasabah kartu kredit memang sudah kewajiban membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo. Nasabah bisa membayar seluruhnya atau sebagian asal mengikuti mengikuti aturan minimum pembayaran atau payment sesuai kebijakan bank penerbit. Tidak memungkiri nasabah kadang kadang ingin membayar lebih agar tagihannya semakin ringan dikemudian hari.

Umumnya minimum pembayaran sebesar 10% dari total tagihan nasabah. Minimum payment tersebut diberlakukan sebagai bentuk keringanan bank kepada nasabah dalam membayar tagihannya. Misal, kamu punya tagihan 2 juta, maka minimum pembayaran tagihan sebesar 200 ribu saja. Sangat meringankan memang, apalagi kalau ada fitur instalment, yang mana nasabah bisa mengubah tagihan menjadi cicilan.

Sayangnya, membayar tagihan dengan minimum payment ada resikonya dikemudian hari. Resiko tersebut adalah pengenaan bunga persen di bulan berikutnya, karena perhitungan bunga bukan dari hutang pokok, melainkan sisa tagihan yang ada. Secara otomatis akan semakin memberatkan nasabah pada sisa tagihan. Untuk itu, jika memang ingin bayar tagihan kartu kredit lebih atau diatas minimum payment sangat direkomendasikan.

Keuntungan Bayar Kartu kredit Diatas Minimum Payment

bayar kartu kredit diatas minimum payment

Ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi keuntungan kalau nasabah memilih bayar kartu kredit diatas minimum payment. Nasabah bisa mempertimbangkannya, sebagai berikut :

Cepat lunas

Membayar lebih dengan minimum pembayaran tentu lebih cepat lunas membayar lebih. Kalau bayar minimum tagihan kredit tidak lunas lunas. Karena sisa tagihan akan dikenakan bunga setiap bulannya. Keuntungan kedepannya, nasabah dianggap mampu membayar, mudah pengajuan kredit lain atau kenaikan limit. Selain itu, pikiran lebih tenang karena ga mikirin hutang terus.

Tagihan semakin besar

Karena selalu ada sisa tagihan dari pembayaran tagihan minimal, akhirnya sisa tagihan tersebut dikenakan bunga setiap bulannya. Secara otomatis tagihan kartu kredit kedepannya semakin besar. Tentu akan membebani nasabah, apalagi kalau sampai berbulan bulan. Jangan sampai ya guys!

Mengurangi Limit saldo kartu kredit

Kalau terus terusan menggunakan metode pembayaran minimal, lama kelamaan akan mengurangi limit saldo kredit nasabah. Tentu akan sangat menganggu ketika kalian rutin belanja dengan kartu kredit. Tidak terlalu leluasa menggunakan kartu kredit.

Kemudahan Mengajukan kredit Lain

Penggunaan kartu kredit sering digunakan oleh bank sebagai pertimbangan dalam menyetujui nasabah. Apabila pembayarannya kurang lancar atau riwayatnya buruk, akan kesulitan disetujui oleh baik baik untuk pengajuan kredit lain atau kenaikan limit. Sebaliknya, penggunaan kartu kredit bagus, akan mempermudah pengajuan kenaikan limit, KTA (Kredit tanpa Agunan) dan KPR (kredit Kepemilikan Rumah).

Bagaimana kalau bayar kartu kredit secara penuh?

Membayar hutang kartu kredit sampai lunas memang bagus, biar tidak ada beban dari pengenaan bunga dll. Namun Membayar penuh seluruhnya sampai lunas pun ada resikonya, karena akan ada denda pelunasan dipercepat. Walau lebih akan menambah tagihan sedikit, namun lebih baik daripada jadi beban pikiran terus menerus. Pusing pala barbie!

Iya begitulah kartu kredit. Mundur kena, maju kena itulah sistem kredit. Jadi usahakan jangan bayar lunas dan jangan bayar dibawah minimum payment. Lebih baik bayar kartu kredit diatas minimum payment secara berkala sesuai kemampuan untuk menghindari denda atau bunga pada pelunasan tagihan kartu kredit. Sekian, semoga bermanfaat kepada pengguna baru kartu kredit. terima kasih.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.