Cara Mengetahui CVV Kartu Debit BNI MasterCard

Posted on

Apa itu CVV? Fungsinya apa dan bagaimana cara mengetahui CVV di kartu debit BNI? Bagi yang terbiasa dengan pembayaran debit online mungkin sudah biasa dengan CVV, karena CVV ini dibutuhkan saat pembayaran. CVV kependekan dariĀ card verification value. Dapat diartikan Angka verifikasi pembayaran. Angka yang dimaksud berupa tiga digit nomor pada kartu kredit atau kartu debit yang berlogo Visa dan Mastercard, termasuk Kartu ATM BNI lama. Kartu ATM baru dari Bank BUMN (BNI, BRI Mandiri, BTN) sudah pakai GPN keluaran dari Bank Indonesia. Jadi bagi kalian yang masih memiliki atm atau debit berlogo visa dan mastercard pasti tertera CVV.

Fungsi CVV sebenarnya adalah untuk memvalidasi transaksi online atau tanpa kehadiran kartu debit atau kredit secara fisik. Apabila kalian hendak membayar belanja online pakai kartu kredit atau kartu debit di marketplace atau toko online, pasti akan disuruh mengisikan CVV pada kolom pembayaran. Tanpa mengisi kolom cvv, maka pembayaran tidak berhasil. Kalau di pembayaran offline atau transaksi langsung di toko, minimarket mall, supermall maka transaksi divalidasi dengan menggesekkan kartu pada mesin EDC.

Cara Mengetahui CVV kartu debit BNI

Sebagai pengguna baru yang juga baru tahu fungsi kartu debit bisa buat belanja online atau offline yang berlogo visa tentu agak bingung cara menggunakannya. Terutama saat mengisi kolom pembayaran cvv. Bagaimana Cara mengetahui CVV kartu debit BNI milik kita? Letak cvv kartu debit ada halaman berlakang kartu yang terdiri tiga digit paling belakang. Jika masih bingung, Ambil debit BNImu dan cek dibagian belakang. Bisa melihat gambar dibawah ini:

cara mengetahui cvv kartu debit BNI
cara mengetahui cvv kartu debit BNI

CVV juga dikenal dengan nama CSC atauĀ card security code, karena fungsinya melindungi transaski dan datanya. Bisa disebut juga disebut CVV2. Jadi kode ini sangat rahasia, jangan dikasih tahu ke orang lain atau sampai diunggah disosial media.Kenapa emangnya? jika nomor CVV tersimpan dan diketahui orang lain yang punya niat jahat, data kartu kredit pengguna bisa disalahgunakan. Hal tersebut tentu bisa menimbulkan kerugian bagi pemegang kartu debit atau kredit.

Cara Menggunakan kartu debitu BNI untuk pembayaran online

  • Silakan pilih metode pembayaran debit online, setelah check out belanja.
  • Maka akan muncul kolom pembayaran pembayaran yang berisi kolom isian, seperti
    • Card Type : Pilih Visa atau Mastercard
    • no debit/card: Isikan nomor kartu debit bni yang ada dibagian depan, terdiri dari 16 digit
    • Card Holder Name: nama lengkap pemilik debit
    • Expiration Date: tanggal kedaluwarsa bulan dan tahun, letaknya di bagian depan kartu debit, dibawah nomor debit.
    • CVV : di belakang kartu kredit, yang terdiri dari 3 angka

Baca juga : Bayar netflix pakai vcn bni

Jika sudah paham bagaimana cara mengetahui cvv kartu debit bni, bca, mandiri bri atau bank lainnya. Kalian juga harus tahu bagaimana menyimpannya dengan baik. Gunakan cvv atau debit di toko terpercaya, dan mitra visa dan mastercard. Jangan tergiur dengan berbagai promo penggunaan kartu debit atau kartu kredit ya. Sekian, semoga bermanfaat.

.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.