Cara mengambil uang di ATM Mandiri Dengan Cepat

cara mengambil uang di atm mandiri
cara mengambil uang di atm mandiri

Bagi sebagian orang, menabung paling efesien adalah di bank. Alasannya tentu keuangan yang mereka tabung lebih terjamin keamanannya. Maka tak heran, sampai saat ini, nasabah baru banyak bermunculan, termasuk di bank Mandiri. Dengan kemudahan, siapa pun dapat menabung dan mengambil uangnya kapan saja, pun termasuk Anda. Apabila Anda baru pertama kali menabung di bank, dan malas mengambil uang melalui teller, mungkin cara mengambil uang di ATM Mandiri ini dapat sedikit membantu Anda.

Masih banyak orang yang ternyata bingung bagaimana cara mengambil uang di ATM Mandiri. Padahal caranya mudah saja. Anda hanya perlu menuju ATM Mandiri terdekat, dan melakukan beberapa langkah. Sebelum itu, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan juga. Yuk, simak ulasan berikut.

jenis ATM

ATM Tunai. ATM ini berfungsi agar kita dapat menarik uang tunai tanpa melalui teller bank.   Automatic Teller Machine, ATM memiliki 4 jenis. Apa saja?

  1. Mesin ATM Non Tunai. Biasanya hanya berfungsi untuk transaksi non tunai. Seperti transfer, bayar tagihan ataupun cek saldo.
  2. ATM Serba Bisa. ATM jenis ini, merupakan ATM yang memiliki semua fungsi di atas.

Untuk kartu ATM Mandiri sendiri, memiliki tiga jenis kartu: Silver, Gold dan Platinum

Maka bisa Anda ketahui, jenis ATM yang Anda gunakan untuk mengambil uang adalah ATM Tunai. Langkah selanjutnya adalah mengunjungi ATM Mandiri terdekat, lalu lakukan langkah-langkah berikut.

Cara ambil uang di ATM Mandiri
  • Pertama, masukan kartu pada slot/lubang yang terdapat di mesin ATM. Pastikan kartu tidak terbalik, karena tidak akan masuk pada mesin. Jika masih bingung, biasanya terdapat contoh di bawah slot mesin, untuk mencocokan posisi kartu.
  • Setelah itu, tunggu beberapa detik dan Anda akan dihadapkan pada menu layar bahasa. Pilihlah bahasa Indonesia lalu tekan tombol di samping menu (atau langsung pada tulisan, biasanya mesin ATM sudah difasilitasi layar touchscreen). Jika salah memilih, Anda tinggal tekan cancel pada mesin.
  • Masukan pin berdigit 6. Salah tiga kali saja, kartu Anda akan langsung terblokir otomatis, jadi berhati-hatilah.
  • Setelah itu, biasanya akan tampil menu dengan angka-angka 50.000, 100.000, 300.000, 500.000 dan 1.000.000. Angka-angka tersebut diperuntukkan untuk menarik uang sejumlah bilangan dilayar, jadi Anda tidak perlu melakukan langkah lain. Tinggal mengklik salah satu bilangan tersebut dan tunggu uang Anda. Tapi, jika jumlah yang Anda tarik berbeda, maka pilih menu ‘penarikan jumlah lain’.
  • Kemudian ketik nominal uang yang akan Anda tarik dan klik menu ‘benar’.
  • Jika ada pernyataan cetak resi, tekan saja ‘yes’, ini sebagai bukti Anda telah menarik sejumlah uang. Dan tunggu beberapa saat.
  • Setelah uang berhasil Anda dapatkan, silakan klik menu ‘keluar’ dan segera bawa kartu ATM Anda.

 

Selain di ATM Mandiri resmi, Anda bisa menarik tunai di ATM bank lain. Asalkan terdapat logo ATM Bersama. Hanya saja, Anda akan dikenakan biaya admin. Selain itu, di ATM Mandiri Anda tidak bisa menarik uang tunai diatas Rp.1.250.000 sekali tarik. Anda bisa mensiasati dengan cara diulang sesuai kelipatan, atau ada baiknya langsung melalui teller jika jumlah uang yang Anda ambil terbilang banyak.

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri dengan Sistem E-Cash

   E-Cash adalah salah satu cara mengambil uang di ATM Mandiri tanpa menggunakan kartu. Caranya mudah saja, Anda tinggal mencari ATM mandiri berlogo E-Money. Selanjutnya klik aplikasi E-Cash, klik tarik tunai dan tarik tunai ATM.

   Setelah itu, pilih nominal uang yang akan Anda tarik dan masukan pin Anda. Tunggu kode OTP via sms pada nomor Hp Anda yang telah didaftarkan sebelumnya dan harus masih aktif. Kemudian pilih tombol berwarna hijau, lalu klik E-Cash pada menu E-Money.

Langkah selanjutnya pilih menu cash withdrawl dan masukan nomor yang sudah Anda daftarkan, pilih correct. Masukan kode OTP tadi dan klik correct. Terakhir tunggu uang Anda keluar beberapa saat kemudian.

 

Kemudahan dalam menarik tunai tanpa melalui teller tentunya sangat membantu Anda. Tapi bagaimana jika ATM ternyata sendang tidak bisa digunakan?

Anda bisa menginstall aplikasi M-Banking di smartphone seperti Go-Pay. Atau Anda bisa menarik uang melalui minimarket. Caranya pun mudah dan tidak merepotkan.

Sekian penjelasan mengenai cara mengambil uang di ATM Mandiri, semoga dapat membantu.

error: Dibaca saja. Kalau mau save bookmark aja