Cara Mengaktifkan ATM BCA yang sudah Mati

Posted on
cara mengaktifkan ATM BCA yang sudah mati
cara mengaktifkan ATM BCA yang sudah mati

Sebagian besar masyarakat kini menyimpan uangnya di bank. Tidak lagi menyimpan dirumah dalam bentuk celengan atau dibawah kasur. Karena memang sangat beresiko kalau jumlahnya lumayan banyak. Bisa dicuri, ilang, kemakan hewan, terbakar dll. Sayangnya, sebagian dari mereka hanya digunakan untuk menabung atau digunakan untuk keperluan tertentu saja. Tidak aktivitas rutin perbulannya. Sehingga ketika mau menggunakannya lagi rekeningnya mati, hangus atau dormant karena tidak ada transaksi dalam periode tertentu. Rekening dormant adalah rekening mati suri karena tabungan dengan saldo tertentu dan tidak ada aktivitas transaski dalam periode tertentu. Periode tertentu yang dimaksud adalah 3 bulan berdasarkan kebijakan Bank BCA. Jadi kalau tidak ada aktivitas di rekeningmu selama 3 bulan, maka rekeningmu dormant, bahkan hangus. Lalu bagaimana cara mengaktifkan ATM BCA yang sudah mati atau dormant?

Rekening dormant BCA

Ada dua jenis status pada rekeningmu ketika rekeningmu atau ATM BCA tidak ada aktivitas selama 3 bulan. Pertama, menjadi status dormat atau mati suri. Rekening dormant ketika saldo tabungan entah itu tahapan expresi, bisnis, tapres, tahapan gold minimal 10 juta. Kalian masih bisa transaksi menggunakan e channel bca seperti ATM, BCA mobile, m-BCA STK dan KlikBCA Individual maupun KlikBCA Bisnis sesuai limit harian sesuai  jenis kartu ATM. Jika transaski melebihi limit harian agak ribet, karena sebelum diteller anda harus lewat  override dari Supervisor Bank lebih dulu. Jika ingin normal maka harus mengaktifkan lagi. Cara mengaktifkan ATM BCA atau rekening dormant syaratnya adalah buku tabungan, KTP, dan paspor BCA. Rekeningmu aktif kembali setelah melakukan transaksi 1 kali.

Rekening BCA Mati, hangus atau ditutup

Rekeningmu akan berstatus mati, hangus dan ditutup bank ketika saldo rekeningmu nol ( 0) atau jumlah saldomu sudah habis untuk biaya administrasi bulanan dalam periode 3 bulan. Tidak seperti dormant yang masih bisa transaksi, jika rekening mati atau ditutup bank maka kalian sudah tidak bisa melakukan transaski lagi. Untuk bisa menikmati transaksi kalian harus mendaftar lagi seperti pendaftaran rekening baru dengan data pribadi. Jadi cara mengaktifkan kembali ATM BCA yang sudah mati adalah dengan membuat ATM baru. Syaratnya adalah KTP, NPWP jika ada dan setoran awal sesuai jenis tabungan.

Silakan daftar tabungan BCA ke kantor terdekat dengan syarat diatas atau bisa lewat online : Daftar tabungan BCA online

Cara mengaktifkan ATM BCA yang sudah mati karena Kartu ATM Expired atau kadaluarsa atau rusak

Kartu ATM yang sudah kadaluarsa tidak bisa transaski di mesin ATM, sehingga tidak bisa transfer, cek saldo atau narik tunai di ATM. Tapi masih bisa transaksi di teller atau e channel bca seperti mobile banking. Untuk mengaktifkannya kembali silakan datang ke kantor bca meminta pergantian paspor atau kartu ATM. Biaya pergantian kartu sebesar 25 ribu. Masa aktif kartu selama 5 tahun.

Rekening dormant atau hangus mati juga sering terjadi ketika seseorang memiliki lenih dari satu rekening. Umumnya mereka hanya fokus di rekening utama yang biasanya untuk nerima gaji, sehingga rekneing lainnya tidak sempat digunakan. Akhirnya mati. Penulis pun demikian, karena memiliki 4 sekaligus rekneing BNI, BRI, MANDIRI BCA untuk keperluan bisnis. Namun status mandiri dan bri mati karena jarang digunakan. Untuk mengaktifkannya lagi malas, karena merasa sudah cukup dengan 2 rekening.

Jika cara mengaktifkan ATM BCA yang sudah mati mengalami kendala atau bingung dalam prosedurnya dan stauts rekeningmu. Lebih baik datang ke kantor CS langsung agar ada solusi langsung dari Bank. Jika belum sempat bisa menghubungi hallo bca di 1500888 untuk mengecek status rekeningmu. Jika ternyata mati suri atau hangus, bisa melanjutkan permohonan aktivasi kembali rekening tersebut di kantor cabang BCA terdekat. Sekian, semoga bermanfaat guys. terima kasih

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.