Cara mendapatkan Dana dari BAZNAS

Posted on
cara mendapatkan dana dari baznas
cara mendapatkan dana dari baznas

BAZNAS yang fungsinya mengelola zakat kini melebarkan sayapnya dibidang sosial. Di bidang sosial, Baznas sudah lam berjalan memberi bantuan atau santuan kepada fakir miskin dan tidak mampu. Bantuan tersebut bisa berupa uang tunai, bantuan perbaikan bangunan (masjid, mushola, rumah) Pendidikan dan kesehatan. Kini Baznas juga ikut membantu perkembangan ekonomi umat dengan memberi modal kepada UMKM. Kalian selaku pelaku UMKM juga bisa mendapatkan antuan tersebut untuk pengembangan usaha. Mengenai cara mendapatkan dana dari BAZNAS untuk usaha, baca artikel ini sampai selesai.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan dibawah kementrian agama yang mengelola dana zakat. Zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Zakat juga termasuk rukun islam ke 4. Setiap 2,5% harta muslim adalah hak orang lain, yang disalurkan melalui zakat. Kemudian dikelola Oleh Baznas. Di Baznas, dana zakat digunakan lagi untuk kepentingan umat muslim. Seperti pemberian santunan kepada fakir miskin, dana pembanguan masjid, TPA dan lain lain.

Cara mendapatkan dana dari Baznas untuk modal usaha

Cara mendapatkan dana dari baznas ini tidak seperti pengajuan pinjaman bank. Sebab dana tidak dikembalikan. Jadi murni bantuan dana untuk mengembangkan usaha. Hanya saja, dana harus benar benar untuk modal pengembangan usaha, bukan untuk keperluan konsumtif. Peserta akan mendapatkan pendampingan dalam mengelola dana untuk usahanya. Penerima juga dianjurkan untuk berinfak dari hasil usahanya secara rutin. Jumlahnya seikhlasnya.

Tujuan Baznas ini adalah untuk pemberdayaan ekonomi para pengusaha mikro dan kecil. Selain itu menjauhkan para pengusaha kecil dari renternir atau lintah darat lain. Yang jelas jelas perilaku riba. Rentenir rente atau bank emok memang ada dimana mana dan gampang mendapatkan dana tunai, namun endingnya menyengsarakan. Maka Islam melarang perbuatan tersebut. Sebagai muslim baik, ada kesempatan bantuan usaha dana dari Baznas tentu sebuah keuntungan. Dapat dana dan terhindar riba. Lansgung saja baca syarat syarat pengajuan.

Syarat syarat pengajuan

  1. Surat Permohonan Bantuan Modal Usaha atau lebih sederhananya proposal yang berisi :Profil usaha, Rincian biaya modal dan perkiraan keuntungan.
  2. Fotocopi Kartu Tanda Penduduk/KTP
  3. Fotocopi Kartu Keluarga/KK
  4. Surat Keterangan Ketua RT/Lurah/Kepala Desa
  5. rekomendasi dari UPZ BAZNAS kecamatan

Silakan bawa semua persyaratan ke kantor Baznas di domisili kota atau kabupaten Anda. Kemudian utarakan kepada petugas baznas bahwa ingin mengajukan permohonan bantuan dana usaha produktif. Petugas akan memeriksa identias diri, usaha dan berkas berkas lain. Dan yang paling penting adalah isi proposal. Isi proposal diusahakan tidak mengada ada, apa adanya saja atau relistis.

Begitulah cara mendapatkan dana dari Baznas untuk modal usaha produktif. Silakan ajukan, karena anggaran Baznas tentu terbatas tidak seperti bank. Nah. bagi yang ungkin tidak mendapatkan kesempatan. Kalian bisa mengajukan progam bantuan dana untuk usaha dari pemerintah. Silakan baca : daftar bantuan usaha pemerintah

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.