Cara Membuat Rekening BRI untuk Pelajar SD SMP SMA
Cara Membuat Rekening BRI untuk Pelajar SD SMP SMA

Cara Membuat Rekening BRI untuk Pelajar SD SMP SMA

Posted on

Begini loh bunda, Cara Membuat Rekening BRI untuk Pelajar SD, SMP dan SMA untuk mendukung giat menabung. Tentu bunda setuju Menabung merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat. Bukan hanya bagi para kalangan orang dewasa, menabung juga sebaiknya dilakukan sejak dini. Dengan kemajuan zaman yang memukau, BRI memberikan kesempatan yang baik bagi para pelajar untuk dapat menabung. Bagi Anda yang ingin mencoba membuka rekening. Meskipun masih berstatus Pelajar, kesempatan membuka rekening bisa tetap di lakukan. Simak penjelasan berikut.

Profil Singkat Bank Rakyat Indonesia (BRI)

BRI merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Pertama kali didirikan di kota Purwokerto, Jawa Tengah pada tanggal 16 Desember 1895. Orang pertama yang bertanggungjawab atas berdirinya BRI di Purwokerto adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja.

BRI awalnya memiliki nama lain, yaitu Purwokertosche Hulp en Spaarbank der inlandsche Hoofden.

Pada tahun 1992, menurut peraturan pemerintah no. 21, status BRI pun berubah menjadi perseroan terbatas.

Jenis Tabungan dan Cara membuat tabungan BRI Untuk Pelajar

BRI memiliki berbagai jenis rekening yang bisa digunakan. Namun, ada baiknya harus sesuai dengan jenis dan klasifikasi yang akan Anda buat.

Setidaknya ada beberapa jenis rekening yang cocok dari anak-anak hingga pelajar. Di antaranya;

  • BRI Junio
  • TabunganKu BRI
  • SimPel BRI
  • BritAma Muda

Jenis rekening di atas, diperuntukkan bagi anak-anak hingga usia pelajar. Berbeda rekening, berbeda pula untuk persyaratan.

Yuk simak pula bagaimana cara membuka rekening BRI untuk Pelajar SD, SMP, SMA berikut di bawah ini.

BRI Junio

BRI Junio hanya diperuntukkan bagi anak-anak di bawah usia 17 tahun. Jika umur nasabah di atas usia maksimal, maka jenis rekening yang akan didapat berbeda lagi.

BRI Junio memiliki fitur dan fasilitas menarik bagi anak-anak.

Aksebilitas dapat dilakukan melalui bank BRI langsung, ATM bersama, Link ataupun Prima. Keuntungan lainnya adalah mendapatkan fasilitas E-banking seperti SMS, M-banking, dll. Juga mendapat asuransi kecelakaan, minimal saldo Rp500.000 mendapatkan asuransi sebesar 250% dari saldo terakhir atau maximum Rp150.000.000.

Syarat dan cara pembuatan Rekening BRI Junio

Syarat yang diperlukan untuk pembuatan rekening ini adalah usia minimal 12 tahun dan maksimal 17 tahun. Belum memiliki identitas diri. Orang tua juga wajib memiliki rekening BRI sebagai pelengkap persyaratan, kemudian fotokopi KTP orang tua, Fotokopi Kartu Keluarga atau Akte.

Caranya hanya tinggal mendatangi cabang terdekat dengan membawa perlengkapan di atas. Kemudian mengisi formulir dan ikuti arahan dari customer service.

SimPel BRI

Cara Membuat Rekening BRI untuk Pelajar SD SMP SMA
Cara Membuat Rekening BRI untuk Pelajar SD SMP SMA

Bagi Anda yang masih berstatus pelajar. SimPel BRI dirancang khusus bagi para siswa-siswi yang ingin membuka rekening. Simpanan ini bertujuan agar minat menabung sejak dini dapat tumbuh menjadi sebuah kebiasaan yang bermanfaat. SimPel BRI memberikan ragam kenyamanan dan fasilitas yang bisa didapatkan oleh pelajar seperti para nasabah umumnya.

Untuk persyaratan Anda hanya perlu membawa kartu identitas seperti kartu Pelajar, atau dapat diganti dengan Surat Keterangan dari sekolah yang sudah berisi nomor Induk siswa.

Selain itu, persiapkan pula berkas lain seperti fotokopi KTP orang tua, Fotokopi Kartu Keluarga, Fotokopi Akte dan Fotokopi rekening BRI milik orang tua.

Caranya sama seperti membuat tabungan Junio. Datangi CS di cabang terdekat, dan katakan ingin membuka rekening SimPel BRI. Ada baiknya ketika membuat rekening Anda ditemani langsung oleh orangtua.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika membuat rekening SimPel BRI. Seperti;

  • Setoran awal Rp5.000 dan untuk selanjutnya hanya Rp.1000
  • Bebas biaya admin bulanan
  • Saldo endapan hanya Rp5.000
  • Tidak ada suku bunga
  • Fasilitas seperti kartu ATM, E-banking dsb
  • Dan masih banyak lagi.

TabunganKu BRI

TabunganKu BRI juga merupakan salah satu rekening yang bisa digunakan mulai dari kalangan pelajar hingga dengan status menengah ke bawah. Tabungan ini memberikan banyak fasilitas layaknya rekening lain. Tabungan ini adalah jenis tabungan BRI tanpa biaya administrasi aatau bebas biaya bulanan. Sangat cocok untuk pelajar yang niat menabung.

Syarat yang diperlukan pun sangat mudah berupa kartu indentitas dan mengisi formulir di cabang terdekat.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah:

  • Bebas biaya admin bulanan
  • Setoran awal Rp20.000 dan selanjutnya Rp10.000
  • Bunga dihitung harian
  • Gratis biaya pergantian buku atau kerusakan dan kehilangan
  • Serta fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan.

Caranya sama saja, datangi bank BRI terdekat dan konfirmasi pada CS untuk melakukan pembukaan rekening. Namun, ada baiknya agar tidak repot kembali ke rumah, Anda siapkan beberapa persyaratan yang lain seperti pembuatan rekening dengan jenis Junio atau SimPel.

BritAma Muda

BritAma Muda sebenarnya hampir umum. Hanya saja batasan usia mulai dari 17tahun. Bagi pelajar, BritAma Muda merupakan pilihan yang tepat. Namun sepertinya lebih mengarah ke mahasiswa, sebab umumnya 17 tahun sudah lulus jenjang menengah.

BritAma Muda juga dikenal dengan nama lain yaitu BritAma X. Tabungan ini didesain khusus dengan elegan, sehingga memungkinkan kaum milenial lebih menyukai tampilannya yang dinamis. BritAma Muda juga difasilitasi dengan e-banking serta real time online. Hal ini tentunya mempermudah para kaula muda untuk menikmati layanan terbaik dari BRI.

BritAma jenis ini juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan asuransi kecelakaan dini hingga Rp150.000.000 dengan premi gratis.

Persyaratan yang harus dipenuhi seperti minimum usia 17 tahun s/d 35 tahun, KTP dan mengisi formulir ketika melakukan pembukaan rekening.

Baca juga : cara menghitung Bunga Tabungan

Menabung adalah salah satu cara untuk Anda menghadapi masa mendatang. Apalagi dengan status yang masih pelajar, kesempatan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah masih panjang. Sehingga memungkinkan Anda untuk dapat merencanakan masa depan yang lebih matang.

Bagi para pelajar yang segan untuk menabung kecil kepada pihak bank. Hal tersebut dapat disiasati dengan mengumpulkan dahulu hingga dana yang dirasakan cukup untuk segera disimpan.

Jika masih ragu dengan cara membuar rekening untuk pelajar tersebut di atas, Anda dapat bertanya langsung pada orang-orang yang sudah membuat rekening.

Ada baiknya harus tetap berhati-hati ketika akan membuat rekening di bank. Apalagi jika Anda seorang diri. Hindari orang asing yang menawarkan bantuan, karena Anda dapat meminta langsung kepada satpam atau langsung customer service yang bertugas.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat rekening BRI untuk pelajar. Semoga dapat membantu dan jangan lupa menabung.

Gravatar Image
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah, hobi nulis dan traveling.