Cara Bayar Pajak Lewat Mobile Banking BCA

Posted on

Cara Bayar Pajak Lewat Mobile Banking BCA bisa dilakukan setiap individu wajib pajak dimanapun berada. Cara bayar pajak penghasilan, motor, mobil dan kendaraan lainnya sekarang sudah didukung metode pembayaran yang lengkap. Pembayaran sudah terintegrasi dengan berbagai pembayaran seperti online banking, gerai indomaret/alfamart, dan beragam aplikasi penyedia Pembayaran online pajak. Sebagai wajib pajak, kita jadi semakin mudah membayar pajak. Jika kalian punya m banking BCA atau bank lainnya bisa dimanfaatkan.

Tidak seperti dulu yang masih mengandalkan pembayaran tunai di kantor pajak dan kantor pos. Pembayaran pajak bisa dibilang lebih praktis. Selain pembayaran, sistem perpajakannya pun sudah online. Setiap wajib pajak sudah memliki nomor pokok wajib pajak atau NPWP sebagai tanda pengenal pajak, yang diberikan oleh Ditjen Pajak. Dengan NPWP, ditjen atau kamu sendiri bisa memonitor status penyetoran pajak lewat e-Tracking yang terdapat pada fitur e billing.

cara bayar pajak lewat mobile banking bca
cara bayar pajak lewat mobile banking bca

Mengetahu Kode E billing Sebelum Bayar Pajak

E billing Pajak merupakan metode pembayaran pajak secara elektronik menggunakan kode billing/kode pembayaran. Setiap wajib pajak bisa menggunakan e billing dengan cara daftar menggunakan data NPWP. Setelah memiliki akses e billing, Anda baru bisa mengetaui kode e billing. Kode e billing digunakan saat pembayaran baik melalui mobile banking, teller bank atau indomaret. Nah, untuk mengetahuinya, Anda perlu login ke sse pajak. go.id sebagai berikut :

  1. Silakan buka situs https://djponline.pajak.go.id/
  2.  login dengan NPWP dan password yang telah didaftarkan. 
  3. Setelah masuk, pilih menu “Bayar”, kemudian pilih “e-Billing”.
  4. isilah formulir Surat Setoran Elektronik.
  5. klik “Buat Kode Billing”.
  6. Isi kode keamanan. 
  7. Konfirmasi Surat Setoran Elektronik
  8. Klik “Cetak” agar mendapatkan format lembaran kode e-Billing.

Cara Bayar Pajak Lewat Mobile Banking

Setelah mendapatkan kode e-Billing dari situs perpajakan, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Dalam artikel kali ini, contoh pembayaran lewat aplikasi BCA mobile. Usahakan kalian sudah memiliki layanan e banking tersebut ya. Berikut adalah cara bayar pajak lewat mobile banking BCA :

  1. Buka aplikasi mobile banking BCA lewat di hp kalian
  2. Masukkan user Id dan pin dengan benar
  3. Pilih m-BCA, lanjut pilih m-Payment
  4. Pilih Pajak, lalu Pilih Penerimaan Negara
  5. Isikan kode e-Billing yang ada dapatkan sebelumnya
  6. Konfirmasi detail pembayaran pajak, jika benar klik lanjut.
  7. Masukan Pin transaksi BCA,
  8. Transaksi berhasil, screen shoot bukti pembayaran. Kalau terlanjur keluar bisa dilihat di mutas BCA

Jika m BCA sedang error, atau jaringan internet seedang buruk, Anda bisa menggunakan metode pembayaran lain, seperti ATM BCA :

  1. Masukkan kartu ATM BCA dan input PIN dengan benar
  2. Pilih menu “Transaksi Lain” > pilih “Pembayaran”.
  3. Pilih “Pajak” lalu pilih “Penerimaan Pajak”.
  4. Masukkan kode e-Billing
  5. Di layar muncul detail tentang pembayaran pajak yang kamu bayarkan. Konfirmasi “ya”. 
  6. Klik bayar/ok. transaksi selesai
  7. Simpan bukti struk pembayaran ya.

Cara bayar pajak lewat mobile banking BCA atau bank lainnya memang mudah. Wajib pajak tidak perlu keluar rumah, antri dan panas panasan dijalan. Cukup buka aplikasi mobile BCA di hp, bisa bayar kapan saja dan dimana saja. hemat waktu dan tenaga.

Kelebihan Bayar Pajak pakai e-Billing

Penggunaan e billing pada pembayaran pajak memudahkan banyak hal. E billing terintegrasi dengan beragam metode pembayaran dan data wajib sehingga lebih akurat. Keuntungannya bisa dirasakan tidak hanya wajib pajak, melainkan juga jasa pembayaran dan pemerintah sendiri. Wajib, lembaga berwenang dan pemerintah bisa memonitor penyetoran pajak lewat e-Tracking.

Gravatar Image
Kekayaan bukan seberapa banyak kita punya uang, tetapi seberapa besar uang itu bisa memiliki banyak manfaat.